Demi mencapai berat badan ideal dan tubuh yang proporsional kita rela melakukan berbagai usaha. Mulai dari olahraga, atur pola makan, sampai mengatur pola hidup demi mendukung penurunan berat badan.

Tapi sayang, nggak banyak orang yang tahu kalau kalori memegang peranan penting dalam perjuanganmu.

Tanpa jeli menghitung kalori usahamu mencapai berat badan ideal akan lebih berat dan berliku. Kali ini, demi meringankan usahamu, Hipwee bareng FITBAR sudah mengumpulkan cara gampang buat menghitung kalori. Biar usaha dietmu berarti…..

1. Langkah pertama, kamu mesti tahu berapa berat badan idealmu (BBI)

Mengetahui berapa angka berat badan idealmu sangat penting agar kamu bisa tahu dengan pasti kebutuhan kalori basal yang badanmu perlukan.

Cara menghitungnya gampang. Begini rumusnya:

90% dari Tinggi Badan – 100

Semisal tinggi badanmu 165, cara menghitungnya adalah 90% x 165-100 = 58,5

2. Hitung Kebutuhan Kalori Basal (KKB) yang kamu butuhkan saat tidak beraktivitas. Biar lebih efektif menjaga berat badan

KKB adalah kebutuhan kalori tubuh yang kamu butuhkan saat tidak beraktivitas. KKB ini sangat dipengaruhi oleh berat badan idealmu. Makanya, pastikan kamu sudah menghitung berat badan idealmu dulu, ya!

Ada perbedaan antara KKB cewek dan cowok. Begini nih cara hitungnya…..

KKB Cewek

25 kkal x BBI

Jadi, semisal berat badan idealmu 58,5 maka KKB mu 1462,5 kkal

KKB Cowok

30 kkal x BBI

KKB cowok dengan berat 58,5 adalah 1755 kkal

3. Akhirnya hitung Kebutuhan Kalori Total (KKT) yang kamu butuhkan. Dengan begini kamu bakal tahu apa yang boleh dan nggak boleh dimakan

Berbeda dengan KKB yang merupakan kebutuhan kalori saat tidak melakukan apa-apa, KKT adalah kebutuhan kalori yang tubuhmu perlukan saat sedang melakukan aktivitas. Dengan tahu KKT tubuhmu kamu jadi tahu makanan dan olahraga apa saja yang haru skamu lakukan untuk mencapai berat badan idealmu.

Sebelum mulau menghitung KKT, tetapkan aktivitas fisik yang paling sering kamu lakukan.

  • Ringan: 10%-20%
  • Sedang: 20%-30%
  • Berat: 40%

Cara menghitung KKT-mu: KKB + Aktivitas Fisik

Semisal, KKB-mu 1462,5 dengan aktivitas fisik sedang. Maka perhitungannya akan menjadi

1462,5 + (20% x 1462,5)

1462,5 + 292,5 = 1755

Dengan Kebutuhan Kalori Total 1755 lihat saja dengan seksama makanan dan olahraga yang kamu lakukan. Usahakan apapun yang kamu lakukan jumlah kalorimu tidak melebihi jumlah KKT tubuhmu.

Setelah hitung kalori, yuk donorkan kalorimu yang berlebih untuk sesuatu yang lebih berarti!

Udah bukan jamannya lagi kamu cuma fokus ke diri sendiri demi mendapatkan badan yang oke dan sehat saja. Di jaman yang kolaboratif macam sekarang apapun yang kamu lakukan juga harus membawa kebaikan.

Kalau udah bakar kalori, kepikiran nggak buat mendonorkannya demi beramal?

FITBAR dengan program donor kalorinya memungkinkan ini terjadi. Di program ini kamu bisa ‘menyumbangkan’ kalori yang sudah kamu bakar demi membantu anak-anak Indonesia yang membutuhkan.

Caranya gampang! Kamu tinggal login ke http://www.fitbardonorkalori.com/id, lakukan berbagai aktivitas untuk membakar kalori, lalu upload foto atau screenshot kalorimu yang terbakar, dan jadilah salah satu pendonor kalori yang menebar kebaikan! Saat jumlah kalori yang terkumpul mencapai 10 juta, FITBAR akan mendonasikan 500 juta rupiah untuk Yayasan Sahabat Anak.

Menghitung kalori dan mendonorkannya nggak pernah segampang ini kan? Yuk, donorin kalorimu sekarang!