Contoh Body Email Lamaran Kerja Lengkap dengan Trik Penulisannya

Contoh body email lamaran kerja

Di era digital, proses rekrutmen biasanya dilakukan secara daring melalui berbagai platform penyedia lowongan kerja. Sementara syarat lamaran biasanya dikirim melalui email kepada bagian personalia perusahaan. Sayangnya, banyak pelamar yang membiarkan body email lamaran kerjanya kosong. Sehingga hanya mengandalkan Curiculum Vitae (CV) saja.

Advertisement

Padahal selain harus menyiapkan  CV yang menarik, pelamar juga harus melengkapi body email saat mengirim CV. Secara sederhana, body email lamaran kerja sama saja dengan surat lamaran kerja atau istilah profesionalnya adalah cover letter. Hal ini sangat penting karena isinya penjelasan tentang pelamar yang nggak bisa termuat dalam CV. Sebelum membuat cover letter, coba perhatikan contoh body email lamaran kerja berikut supaya tahu apa saja yang harus kamu tulis di sana. Yuk simak!

Hal-hal yang harus dimuat dalam body email lamaran kerja. Perhatikan etikanya!

Contoh body email lamaran kerja | Credit by Hipwee

Melansir dari Glints, isi body email pada lamaran kerja merupakan sapaan atau pengenalan diri pelamar kepada perusahaan sebelum mereka membaca CV. Sehingga kamu harus berusaha mempromosikan diri kamu sebaik mungkin supaya CV kamu bisa dipertimbangkan. Maka dari itu, selain lengkap dan rinci, isinya pun harus menarik. Apa saja isi body email lamaran kerja? Berikut formatnya:

  1. Isi subject email dengan nama dan posisi yang kamu lamar. Jangan dibiarkan kosong!
  2. Pembuka, yakni informasi tentang kepada siapa lamaranmu ditujukan. Misalnya kepada HRD perusahaan.
  3. Pengenalan diri, posisi yang dilamar, kemudian di mana kamu menemukan info lowongan kerja tersebut.
  4. Paragraf isi, di sini kamu bisa menjelaskan alasan mengapa kamu cocok dengan posisi yang kamu lamar. Kaitkan juga dengan ketertarikanmu pada posisi tersebut, jelaskan pengalaman yang berkaitan dan hal apa saja yang bisa kamu berikan pada perusahaan jika kamu menjadi bagian dari mereka.
  5. Paragraf akhir untuk mengucapkan terima kasih pada pembaca email dan sampaikan harapanmu supaya aplikasimu bisa dipertimbangkan. Sampaikan juga bahwa kamu turut melampirkan CV dan persyaratan lain yang diminta pada email tersebut.
  6. Penutup, di isi dengan “best regards” atau “hormat saya” yang diikuti nama lengkapmu di bawahnya.
  7. Tambah dengan signature berisi kontak untuk menghubungimu, misalnya email dan nomor telepon.
Advertisement

Berikut contoh body email lamaran kerja yang bisa kamu terapkan!

1. Contoh body email lamaran kerja bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya

Contoh body email lamaran kerja

Menulis email | Credit by Andrea Piacquadio on pexels

Bagi kamu yang memiliki pengalaman kerja, jangan lupa untuk menceritakan pengalamanmu yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Berikut contoh body email lamaran kerja barista yang sudah berpengalaman:

Yth. HRD Kopi enak

Perkenalkan saya Budi Fasola. Saya mendapat informasi lowongan kerja dari akun LinkedIn Kopi Enak pada tanggal 2 Juli 2012. Dengan ini saya tertarik untuk melamar posisi barista di Kopi Enak karena sesuai dengan pengalaman dan pendidikan saya.

Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai barista di Kopi Mantap selama 2 tahun. Selain itu, saya juga pernah mengikuti berbagai pelatihan barista yang mampu menambah ilmu dan pengalaman saya. Oleh karena itu, saya yakin bisa memenuhi kriteria barista di Kopi Enak dan bisa ikut berkembang bersama Kopi Enak melalui posisi barista yang ingin saya lamar. Sebab, selama saya bekerja sebelumnya, saya mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungan kerja dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri.

Bersama email ini, saya juga melampirkan CV dan persyaratan lain yang dibutuhkan. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari Kopi Enak. Atas perhatian Anda, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

Budi Fasola

Advertisement

2. Contoh body email lamaran kerja yang simpel dan menarik untuk kamu yang memiliki pengalaman kerja tapi nggak sesuai dengan posisi yang akan dilamar

Contoh body email lamaran kerja yang baik

Munis email | Credit by Burst on pexels

Jika posisi yang kamu lamar nggak sesuai dengan pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan, kamu  bisa jelaskan bahwa kamu memiliki skill dan ketertarikan yang tinggi pada posisi yang kamu lamar. Ingat, kemampuan bisa mengalahkan latar belakang! Berikut contoh body email lamaran kerja yang baik dan bisa kamu terapkan:

Yth. HRD Konten Bagus Jaya

Perkenalkan saya Ani Tralala. Beberapa waktu yang lalu saya menemukan informasi lowongan pekerjaan di infolowker.com dari Konten Bagus Jaya yang sedang membutuhkan content writer. Dengan ini saya menyampaikan ketertarikan saya untuk mengisi posisi tersebut.

Semasa kuliah di Universitas Anak Bangsa saya pernah menjadi anggota BEM bagian publikasi dan beberapa kali menerbitkan karya tulisan di media cetak. Selain itu saya memiliki ketertarikan dengan dunia menulis dan proses kreatif di dalamnya. Maka dari itu, saya sangat tertarik dengan posisi content writer di Konten Bagus Jaya.

Sebelumnya saya juga pernah bekerja di PT Maju Terus sebagai admin. Meski kurang berkaitan dengan dunia content writer, tapi saya belajar banyak tentang kedisiplinan dan tanggung jawab selama bekerja di sana. Saya yakin saya bisa berkembang bersama Konten Bagus Jaya melalui tulisan-tulisan saya jika bisa menjadi content writer.

Bersama ini saya lampirkan CV dan portofolio karya saya yang bisa dijadikan pertimbangan untuk tahap seleksi selanjutnya. Saya sangat terbuka apabila ada hal yang ingin Anda tanyakan terkait lamaran ini.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

Ani Tralala

3. Contoh body email lamaran kerja Bahasa Inggris. Bisa diterapkan jika perusahaan tempatmu melamar memiliki budaya berbahasa Inggris

Contoh body email lamaran kerja bahasa inggris

| Credit by Vlada Karpovich on pexels

Dear Human Resource Manager of PT Cerdas Banget

Thank you for setting aside your time to read this email. My name is Rudi Dungjes, Bachelor’s Degree in Communication Management from Anak Bangsa University. I saw the vacancy at Linkedin and I am interested to apply for a Marketing Communication position at your company.

I have several experiences as Marketing Communication in various industries such as textiles, food, and automotive. My previous experience was at PT Teknologi Canggih Indonesia. I was responsible for collaborating with various sectors as well as running promotional events at various automotive exhibitions in Indonesia. With this experience, I am sure that I can give my best contribution to PT Cerdas Banget.

There is more depth of me on my CV that I have attached to this email. Thank you. Have a great day.

Best regards,

Indah Kartika Dewi

Cara menyiasati pengalaman kerja yang dimuat di body email baik bagi fresh graduate sarjana maupun SMK

Contoh body email lamaran kerja fresh graduate

Contoh body emaiallamaran kerja fresh graduate | Credit by Vlada Karpovich on pexels

Pengalaman kerja sebenarnya sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan bagi perekrut. Jika kamu fresh graduate dan belum pernah bekerja, kamu bisa menggunakan pengalaman magang atau organisasi yang pernah kamu ikuti semasa sekolah. Kamu juga bisa menjelaskan skill kamu dari prestasi yang pernah kamu raih, atau proses belajar yang kamu lakukan sendiri. Pastikan semua yang kamu sampaikan berkaitan atau relevan dengan posisi yang kamu lamar, ya! Contoh body email lamaran kerja fresh graduate hampir sama dengan contoh body email lamaran kerja ke-2.

Nah, itulah beberapa contoh body email lamaran kerja yang bisa kamu terapkan dan sesuaikan sendiri dengan latar belakang juga kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE