Merokok bikin mandul? Ah… cuma mitos!

Kebanyakan interaksi dengan kucing atau anjing juga bikin mandul? Hmmm… mitos atau fakta, ya?

Banyak yang sering bertanya, apakah kemandulan juga bisa menimpa kaum adam, meski secara biologis mereka tidak mengandung atau hamil. Keadaan di mana sistem reproduksi pria yang kurang normal ini juga sangat berpengaruh pada kualitas sperma. Yakni, ketidakmampuan sperma untuk membuahi sel telur, meski telah dilakukan berkali-kali.

Advertisement

Dari beberapa sumber terpercaya, kini Hipwee Tips sajikan beberapa mitos soal kemandulan pada pria, hingga bagaimana cara pencegahannya. Semoga membantu, ya!

Ada banyak mitos soal kemandulan pada cowok ini, mulai dari A-Z yang wajib kamu ketahui

mitosnya begini...

mitosnya begini… via gayahidup.republika.co.id

Mandul, dalam istilah medis diebut infertil. Kemandulan adalah ketidakmampuan sepasang suami istri untuk mencapai kehamilan setelah selama satu tahun melaksanakan hubungan seksual secara teratur (2-3 kali dalam sepekan) dan tidak menggunakan alat kontrasepsi. Kemandulan sangat kompleks dan harus sangat serius di tangani, karena penyebab kemandulan bisa saja terjadi dari kedua belah pihak, baik dari pasangan suami atau sang istri.

Bicara soal mitos, ada berbagai macam mitos yang menyelimuti soal kemandulan ini. Mulai dari keseringan merokok, terlalu banyak makan makanan tertentu, faktor lingkungan, terus menerus berinteraksi dengan kucing hingga mitos soal konsumsi pil KB yang bisa menyebabkan kemandulan. Tapi, pengaruh paling besar adalah faktor genetik atau keturunan. Ya kalau ini sih… beda lagi ceritanya.

Advertisement

Di bagian ini, cowok sendiri lah yang harusnya jeli dan menjaga diri. Bukannya memaksa, tapi demi kebaikan bersama. Jangan pernah abaikan kesehatan reproduksi, meski kondisi fisik juga menjadi prioritas sehari-hari. Melakukan pola hidup sehat juga sudah seharusnya dilakukan, agar terhindar dari kesengsaraan di masa depan.

Apapun mitos dan penyebabnya, bayangan soal kamu yang tak bisa punya keturunan itu jelas menyeramkan!

1. Mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol adalah hal paling mendasar, sebelum kamu melakukan langkah-langkah besar

sudah ada peringatannya

sudah ada peringatannya via pontianak.tribunnews.com

Pernah baca peringatan di bungkus rokok? Iya. Selain menyebabkan kanker dan serangan jantung, merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi. Salah satu gangguan alat reproduksi yang mungkin terjadi adalah kurang produktifnya sperma!

Kandungan nikotin dan zat-zat tertentu dari alkohol lah yang menjadi penyebab utama melemahnya kerja organ reproduksi, khususnya pada pria.

Dengan perlahan menguranginya, mungkin momok kemandulan akan sirna begitu saja dari kehidupanmu.

2. Sebaliknya, jagalah pola makan secara teratur. Kebutuhan vitamin dan mineral pun harus tercukupi

Kamu bisa mendapat vitamin dari buah-buahan

Kamu bisa mendapat vitamin dari buah-buahan via silvyaokty.tumblr.com

Kamu butuh banyak asupan vitamin agar kesuburan alat reproduksimu terjaga. Agar sperma memiliki kuatitas terbaik, perlu menambah asupan vitamin dan nutrisi harianmu. Cobalah untuk banyak mengonsumsi vitamin A, B12, C dan E agar kualitas sperma tetap baik.

Selain itu, kamu wajib rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung Zinc. Selain baik untuk sperma, Zinc juga bagus untuk menjaga kesehatan prostat pada pria.

3. Sebisa mungkin minimalisir stres. Ini bukan pemicu utama, tapi tetap berpengaruh juga

Sekali-sekali kamu wajib liburan

Sekali-sekali kamu wajib liburan via partytraveller.tumblr.com

Kesehatan mental itu sangat mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Untuk itu, kamu harus benar-benar menghindarkan diri sari stres berlebihan. Jangan sampai tekanan pekerjaan atau tekanan hidupmu menimbulkan stres pada pikiranmu. Bisa-bisa, spermamu menurun kualitasnya.

Perbanyak lah liburan dan menghabiskan waktu di alam terbuka. Jangan biarkan tubuhmu lunglai karena tak melakukan apa-apa. Tak perlu sering-sering, cukup 1-2 kali saja seminggu.

4. Atau, bugarkan tubuh serta pikiran dengan rutin berolahraga ringan

olahraga juga perlu

olahraga juga perlu via reps-id.com

Semua orang juga paham bahwa olahraga yang rutin itu wajib dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh. Hanya saja, yang jarang diketahui orang adalah dampak dibalik olahraga yang tak teratur dan dalam porsi berlebih.

Olahraga ringan seperti jogging atau berenang itu baik untuk kebugaran. Tapi tidak dengan olahraga berat dan terlalu diforsir, yang justru berdampak pada kualitas sperma serta kelianan organ reproduksi. Tak perlu memberatkan diri, yang penting rutin saja.

5. Jangan terlalu lama berendam dengan air hangat. Meski membuat badanmu rileks, kualitas sperma bisa memburuk karenanya

Boleh. Tapi jangan sering-sering dan lama-lama

Boleh. Tapi jangan sering-sering dan lama-lama via notsodisposables.tumblr.com

Berendam air hangat setelah lelah seharian bekerja memang sangat menggoda. Berendam dengan air hangat juga bisa membuat badanmu terasa lebih rileks. Hanya saja, tak boleh terlalu sering. Merendam alat reproduksimu kedalam air bersuhu hangat dan dalam freksuensi yang lama bisa mengurangi produksi spermamu.

Bukan berarti tak boleh berendam dengan air hangat, tapi cobalah untuk tak berlama-lama.

6. Beralih ke celana dalam longgar juga bisa menstabilkan suhu testis. Pokoknya, jangan hobi deh pakai yang ketat-ketat

Sering-sering pakai sarung tanpa daleman aja, ah

Sering-sering pakai sarung tanpa daleman aja, ah via www.travelfoodfashion.com

Kalau mau membeli celana dalam, usahakan membeli dengan ukuran yang tidak terlalu ketat. Mengenakan celana dalam yang terlalu ketat dan dalam frekuensi yang sering dapat meningkatkan suhu bagian bawah tubuhmu. Meningkatnya suhu tersebut akan mempengaruhi kinerja dari testismu sehingga kualitas sperma yang diproduksi jadi menurun jauh.

7. Kurangi penggunaan laptop dan handphone berlebih. Usahakan jangan menaruhnya di sekitar alat kelamin

Kasian... Panas ntar...

Kasian… Panas ntar… via arstechnica.com

Memang wajar jika sebagai generasi yang hidup di era teknologi digital, hidupmu tak bisa terlalu lama lepas dari gadget. Mulai dari nonton film, mengerjakan tugas sampai kerjaan, semua kamu lakukan dengan gadgetmu. Namun, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakannya, karena gelombang panas yang muncul dari gadgetmu bisa mempengaruhi kinerja skrotum dan mematikan sperma!

8. Pun dengan menaruh HP di saku celana. Ini berpotensi bahaya!

naruh HP jangan di saku celana!

naruh HP jangan di saku celana! via kumpulanmisteri.com

Peneliti dari University of Exeter, Dr Fiona Matthews menemukan bahwa pergerakan sperma jelas dapat terpengaruh radiasi ponsel, terutama bila ponselnya disimpan di saku celana. Radiasi yang terlalu dekat dengan organ intim pria yang dapat menyebabkan kualitas sperma turun sampai 90 %.

Menjaga kesehatan testis bagi seorang pria sangat penting artinya. Salah satunya adalah dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa membuat suhu di sekitar testis meningkat. Yakni, jangan sering-sering menaruh HP atau gadgetmu yang lain di saku celana.

Gimana? Masih mau sembarangan sama potensi kemandulan? Lebih baik jangan, deh! Semoga tips ini bisa mencerahkan ketidaktahuanmu ya, guys. Cheers!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya