Tampil cantik dan modis adalah mimpi banyak dari kita. Sayangnya, tampil modis bisa menyedot banyak biaya. Kita pun kadang harus mengurungkan niat untuk membeli baju yang kita suka, hanya karena biayanya mahal. Padahal, keinginan kita untuk berpenampilan menarik tetap ada.

Nah, sekarang kamu tidak usah pusing lagi. Ada kok caranya supaya penampilanmu tetap berkelas tanpa harus boros. Kuncinya, kamu mesti tahu apa saja baju yang memang wajib ada di lemarimu — dan apa saja baju yang sebenarnya tidak perlu kamu punya. Kalau sudah memiliki 17 fashion item di bawah ini, kamu langsung bisa memadumadankannya sesuka hati!

1. Kemeja Putih yang Berkualitas

kemeja putih saja via search-by-image.info

Kemeja putih merupakan salah satu fashion item yang harus kamu miliki. Pakaian satu ini akan membuatmu terlihat elegan dan klasik tanpa perlu banyak usaha. Selain itu, kemeja putih juga dapat kamu pakai ke berbagai acara, baik itu formal maupun kasual.

Milikilah kemeja putih dengan bahan chiffon yang ringan, sejuk, dan lembut di kulit. Nggak mau ‘kan punya baju yang bikin keringatan?

2. Tank Top Warna Dasar

Advertisement
Tank top dasar warna hitam

Tank top dasar warna hitam via www.allaboutami.com

Kalau kamu memiliki banyak baju berbahan dasar chiffon, tank top merupakan penyelamatmu. Baju berbahan dasar chiffon biasanya tembus pandang. Tentu saja kamu nggak mau pakaian dalammu terlihat oleh orang lain!

Nah, pakailah tank top sebagai pakaian pelapis supaya pakaian dalammu tidak terlihat dari luar. Pilih yang berwarna dasar — seperti hitam, putih, dan abu-abu — supaya netral dengan warna baju apapun.

3. Manset Warna Netral

Manset bisa dipadukan dengan dress-mu

Manset bisa dipadukan dengan dress-mu via my-hijabkawaii.blogspot.com

Untuk kamu yang berjilbab, memiliki manset dengan warna-warna dasar, seperti hitam dan krem, adalah keharusan. Manset ini akan menjadi penyelamatmu saat pakaian yang kamu pakai memiliki lengan yang pendek dan tidak menutup auratmu secara sempurna. Cari yang berbahan dasar katun supaya walaupun memakai pakaian bertumpuk, kamu tetap merasa sejuk. Bahan katun ini pun dapat menyerap keringatmu dengan baik.

4. Blazer Warna Gelap

Blazer memang menjadi pakaian wajib bagi kalian yang sudah bekerja tapi untuk yang masih kuliah, memiliki blazer adalah sebuah keuntungan besar. Biasanya kamu suka malas menggunakan blus karena bahannya panas dan ingin memakai kaus tapi terbentur aturan kampus. Nah, hanya dengan 1 item ini saja, penampilanmu dapat langsung berubah dari kasual menjadi formal.

Kamu bisa tetap memakai kaus di dalam dan memakai blazer sebagai sentuhan akhir untuk tetap terlihat rapi. Untuk kamu yang berjilbab, blazer juga bisa menjadi luaran yang apik. Pilihlah blazer berwarna gelap supaya cocok untuk dipakai dengan kaus atau blus warna apapun dan tetap terlihat profesional juga modis.

5. Celana Jeans Warna Gelap

Pakai celana jeans di red carpet

Pakai celana jeans di red carpet via posh24.com

Walaupun awalnya digunakan oleh para pekerja tambang di Amerika, saat ini celana jeans telah menjadi pakaian bernilai fashion yang tinggi. “Kelenturan” celana jeans menjadi nilai plus yang membuat pakaian ini begitu penting. Kamu bisa mengenakan celana jeans di acara dan keadaan apapun — kuliah, jalan bareng teman, acara keluarga, bahkan sampai kondangan! Milikilah celana jeans dengan warna dasar dan warna gelap untuk berbagai acara. Pokoknya, kamu nggak akan pernah salah deh dengan pakaian yang satu ini!

6. Breton Stripes

Breton stripes

Breton stripes via www.fashionfoiegras.com

Buat kamu yang belum tahu, breton stripes itu adalah kaus dengan motif garis-garis horizontal. Breton stripes ini sangat cocok untuk dipakai di berbagai kesempatan dan mudah untuk dipadukan dengan bawahan apapun. Motif horizontalnya yang timeless tidak akan membuatmu terlihat norak walaupun garisnya cukup banyak. Kamu akan tetap terlihat santai dan elegan di waktu yang bersamaan.

Untuk kamu yang bertubuh besar, jangan takut akan terlihat semakin ‘lebar’ jika menggunakan breton stripes ini. Pilihlah motif dengan jarak antar garis yang cukup lebar. Dengan ini, kamu akan terlihat lebih ramping.

7. Kaus Polos

Kaus polos bisa dipadukan dengan rok kesayanganmu

Kaus polos bisa dipadukan dengan rok kesayanganmu via thekaloka.com

Kaus memang fashion item yang wajib untuk kamu miliki, sama seperti celana jeans. Kaus, terutama yang polos, sangat fleksibel untuk kamu padu-padankan dengan apapun. Kamu tidak akan pernah terlihat aneh dengan ini. Padankan saja kausmu dengan celana jeans, rok, cardigan, blazer — bahkan dengan kemeja pun benda ini tetap terlihat bagus dan pas. Tapi, pilihlah warna-warna yang netral agar cocok dengan warna apapun, seperti putih, hitam, biru, dan merah.

8. Little Black Dress

mau ke acara formal? pasangkan little black dress dengan sneakers terbaikmu via www.gorgeautiful.com

Seluruh wanita di dunia sepertinya wajib memiliki fashion item satu ini di dalam lemarinya. Little black dress yang hanya sepanjang lutut ini sangat mudah untuk kamu padankan dengan berbagai aksesoris, tata rambut, dandanan, hingga tas dan sepatu. Kamu pun akan mendapat gaya mewah tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

9. Dress Selutut

Santai tapi modis

Santai tapi modis via fabsugar.com

Selain little black dress, kamu juga perlu untuk memiliki dress selutut lain, baik yang bermotif atau polos dengan warna dasar netral. Dress ini bisa kamu kenakan ketika sedang ingin bergaya santai tapi tetap terlihat feminin dan modis. Kamu bisa tambahkan cardigan dan kalung sebagai pemanis. Jangan lupa flat shoes-nya, ya!

10. Sweater

Bisa dipadukan dengan kemeja

Bisa dipadukan dengan kemeja via thefashiontag.wordpress.com

Walaupun Indonesia tidak memiliki musim dingin, sweater tetap menjadi pakaian wajib yang harus ada di dalam lemarimu. Kamu bisa pilih sweater polos atau bermotif lucu untuk bergaya kasual tapi tetap modis.

Biasanya, sweater menjadi pilihan di saat kamu harus bergaya modis tapi malas memakai blus dengan bahan yang kurang nyaman. Padukan saja sweater kesayanganmu itu dengan celana jeans model pensil dan permanis dengan flat shoes atau sepatu high heels favoritmu.

11. Cardigan

cardigan via www.babble.com

Mau yang polos atau bermotif, cardigan tetap wajib ada di lemarimu. Cardigan akan membuat pakaian polosmu menjadi lebih modis dan chic. Bahannya pun lebih nyaman dibandingkan dengan blazer, sehingga kamu bisa pakai sebagai busana sehari-hari.

12. Rok Pensil Selutut

Rok pensil

Rok pensil via asos.com

Rok pensil memiliki nilai fashion yang hampir tidak dimiliki oleh fashion item lain, yaitu dapat membuatmu terlihat seksi dan berkelas di waktu yang bersamaan. Pilih rok pensil dengan panjang yang hampir menutupi lututmu dan tidak terlalu ketat, tapi melapisimu dengan baik. Padukan dengan blus atau kemeja kesayanganmu dan pakailah sepatu high heels terbaikmu untuk membawa kesan berkelas ke tingkat yang lebih tinggi.

13. Bra Tanpa Tali Bahu

Tidak mengganggu penampilanmu

Tidak mengganggu penampilanmu via foto.okezone.com

Kalau kamu suka memakai gaun pesta yang bermodel kemben, bra tanpa tali bahu wajib ada di dalam lemarimu. Coba bayangkan kalau kamu tetap memakai bra dengan tali bahu seperti biasa. Duh…orang-orang bisa tahu apa warna bra-mu! Nah maka dari itu, bra tanpa tali bahu perlu untuk kamu miliki sebagai penyelamat gaun pestamu. Kamu pun bisa tampil anggun dengan maksimal.

14. Ikat Pinggang Kecil

Permanis dengan ikat pinggang via huesnviews.blogspot.com

Ikat pinggang tidak cuma membantu mengencangkan celanamu yang kebesaran tapi juga sebagai aksesoris. Ikat pinggang dapat membuat tampilanmu menjadi satu tingkat lebih modis. Pilih ikat pinggang kecil berwarna coklat atau hitam dan kenakan sebagai aksesoris saat kamu memakai dress selutut. Ini akan memberikan efek ramping pada tubuhmu.

15. Clutch Bag

clutch bag via www.hipwee.com

Repot ‘kan kalau ke pesta harus membawa tas yang besar? Maka dari itu, kamu perlu untuk setidaknya punya 1 clutch bag di dalam lemarimu. Ketahuilah apa saja yang biasanya kamu bawa saat pesta dan jadikan itu acuan dalam membeli clutch bag. Pilih yang berwarna netral agar bisa kamu padukan dengan gaun warna apapun.

16. Flat Shoes

Flat shoes mempermanis gayamu

Flat shoes mempermanis gayamu via www.inofashion.com

Punya sepasang flat shoes memang sebuah keharusan untuk para wanita. Sepatu jenis ini dapat kamu gunakan di berbagai suasana dan keadaan. Kamu pun tidak akan kerepotan, apalagi dibuat tidak nyaman karena sepatu jenis ini memiliki alas yang cukup empuk. Dipakai untuk berjalan jauh pun tidak masalah. Pilihlah flat shoes yang berwarna netral, seperti hitam, coklat, dan abu-abu yang bisa cocok dengan warna apapun.

17. Baju Batik

Baju wajib orang Indonesia

Baju wajib orang Indonesia via marsdreams.blogspot.com

Kamu ‘kan orang Indonesia, masa sih tidak punya batik? Milikilah setidaknya 1 baju batik dalam lemarimu; bisa dalam model blus, kemeja, atau bahkan dress selutut. Percaya deh ini akan berguna karena banyak sekali acara yang menjadikan batik sebagai dress code-nya. Kamu tidak kebingungan lagi deh mencari yang pas karena sudah punya yang favorit di dalam lemari.

Bagaimana? Apa kamu sudah punya barang-barang tersebut? Kalau belum, ayo menabung untuk mengisi lemarimu dengan barang-barang tersebut. Dijamin tidak akan merugikan deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya