9 Desain Atap Rumah Minimalis Hingga Modern. Air Hujan Bisa Ngalir, kok!

Desain atap rumah

Tampilan rumah yang cantik tentunya harus didukung dengan pemilihan atap yang tepat. Selain menentukan estetika, pemilihan atap rumah yang pas juga akan memberikan keteduhan saat berada di rumah. Artinya, pemilihan model atap rumah akan memengaruhi keseluruhan konsep rumah yang akan dibangun.

Advertisement

Sayangnya, kini kita sering menjumpai desain atap rumah yang hanya itu-itu saja. Meskipun bentuk atap tidak lepas dari bentuk umumnya, namun bentuk itu sebenarnya masih bisa dikembangkan menjadi lebih beragam. Berikut 9 desain atap rumah yang bisa kamu pilih agar tampilan rumahmu menjadi lebih cantik.

1. Desain atap rumah limasan masih banyak disukai karena pemasangannya yang mudah dan cocok di iklim tropis

Atap rumah limasan | Credit: idea-home.thailetgo.com via Pinterest

Desain atap rumah limasan sangat popular di Indonesia. Bentuk ini merupakan model konvensional yang banyak diminati karena pemasangannya yang mudah dan fungsinya yang ideal di iklim tropis, seperti Indonesia. Meskipun bentuknya simpel, namun ukuran atap ini juga perlu diperhatikan agar tetap presisi. Di musim hujan, atap bentuk limasan ini akan mampu mengalirkan air melalui sisi sisi rumah sehingga air tidak menyebar ke mana-mana.

2. Desain atap rumah miring bisa memberikan kesan hunian yang elegan, juga multifungsi

Atap rumah miring | Credit: homeshabby.com
via Pinterest

Desain atap rumah miring bisa kamu pilih jika ingin mempunyai atap yang tidak hanya cantik, tetapi juga multifungsi. Rumah dengan atap miring, meskipun sederhana akan mampu mengalirkan air ke satu titik saja, sehingga air tidak menyebar ke segala arah. Desain atap miring ternyata juga menyimpan kelebihan dalam kendali suhu, keawetan, dan juga proteksi terhadap bahaya lingkungan.

Advertisement

3. Desain atap rumah datar memberikan kesan  menarik dan trendi. Bisa digunakan untuk satu ataupun dua lantai

Atap rumah datar | Credit: @designmilk via Pinterest

Desain atap rumah datar akan memberikan kesan menarik, simpel, dan trendi. Model ini akan cocok didesain untuk atap rumah 2 lantai ataupun satu lantai. Supaya tidak membosankan, kamu juga bisa membuat atap datar ini multifungsi dengan menjadikannya balkon atau tempat tampungan air.  Apabila kamu memilih model atap rumah ini, jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di atap secara rutin.

4. Desain atap rumah modern bisa memadukan berbagai bentuk, salah satunya atap miring dan datar

Atap rumah modern | Credit: @besthouseplans via Pinterest

Kalau kamu ingin membuat tampilan rumahmu lebih kekinian, maka atap miring bisa menjadi pilihanmu. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan atap datar supaya lebih variatif. Untuk permukaan atapnya, kamu bisa membuatnya menjadi beberapa lapis permukaan miring yang saling bertemu di bagian tengahnya.

5. Desain atap rumah minimalis sangat cocok dengan bentuk atap datar, simpel, dan elegan

Atap minimalis | Credit: @lingkarwarna via Pinterest

Desain atap rumah minimalis terbaru yang bisa kamu pilih adalah bentuk datar. Dengan desain ini, rumahmu akan terlihat simpel dan elegan. Namun, kamu juga bisa membuat atap minimalis dengan bentuk lainnya, seperti atap miring atau atap limas.

Advertisement

6. Model atap rumah sederhana bisa ditunjukkan dengan penyusunan panel seperti ini

Atap sederhana | Credit: babe.news via Pinterest

Jika kamu ingin membuat desain atap rumah yang hemat biaya, atap model panel ini cocok untuk dipilih. Penyusunan atap ini dibuat dengan panel yang ditumpuk dua untuk mencegah kebocoran atap. Di Indonesia, model panel ini sangat banyak digemari.

7. Desain atap rumah model pelana bisa kamu pilih karena praktis dan cocok di iklim tropis

Atap model pelana | Credit: @lingkarwarna via Pinterest

Model pelana bisa kamu andalkan jika ingin mencari bentuk atap yang melindungi dengan baik di iklim tropis. Model ini ternyata sangat fungsional karena bisa menangkal hujan dan suara berisik di dalam rumah. Bentuknya pun tak kalah cantik dengan bentuk atap rumah lainnya.

8. Desain atap rumah bisa dikombinasikan dengan material bambu untuk menambah kesan unik

Atap rumah bambu | Credit: @dezeen via Pinterest

Jika kamu ingin hunianmu terlihat unik dan berbeda, atap bambu ini bisa jadi material pilihan. Kamu juga bisa menggunakan material bambu itu untuk menambah aksen dalam ruangan seperti di atas. Dengan begitu, rumah akan tampak unik dan menarik.

9. Desain atap rumah lengkung tidak hanya untuk bangunan publik, bentuk ini juga bisa diterapkan di rumah

Atap rumah lengkung | Credit: @diukstal via Pinterest

Struktur atap unik ini mungkin bisa dikatakan model atap rumah terbaru karena sulit ditemukan di Indonesia. Biasanya, model ini hanya ditemukan di bangunan publik, seperti auditorium. Namun, bentuk atap ini juga bisa diterapkan di rumah dengan pemilihan material yang pas.

Itu dia aneka bentuk atap rumah yang bisa kamu pilih untuk menyempurnakan rumahmu. Ternyata, ada banyak bentuk atap rumah selain yang biasa kita jumpai ya, SoHip. Kalau di antara kesembilan model di atas, bentuk mana yang paling menginspirasimu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE