10 Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda. Repot Kalau Sampai Sakit Gula

Jangan sampai kena gula, bakal susah sembuhnya~

Diabetes atau kencing manis adalah salah satu pembunuh pendiam yang paling umum di Indonesia. Disebut “pendiam”, karena diabetes sulit terdeteksi gejala awalnya. Penyakit ini bila didiamkan dalam waktu lama akan sulit untuk disembuhkan, dan bisa menyebabkan kematian.

Advertisement

Gawatnya, sekarang diabetes tak hanya menyerang orang tua saja. Mereka yang berusia 20-40 tahun pun bisa terserang sakit gula.

Gaya hidup yang tidak sehat (makanan kurang serat, minuman banyak gula, kurangnya aktivitas fisik dan olahraga) ikut menyumbang semakin banyaknya anak muda yang terserang penyakit ini. Tapi jangan takut, ada beberapa cara mencegah diabetes di usia muda ini yang bisa kamu lakukan!

1. Hati-hati sama perut buncitmu, karena itu bisa menjadi awal dari penyakit diabetes

mencegah diabetes di usia muda

Perut buncit via deherba

Banyak penyakit yang bersumber dari lemak perut, termasuk diabetes. Coba perhatikan dan hitung lingkar perutmu.

Advertisement

Lingkar perut yang ideal untuk perempuan adalah tidak boleh lebih dari 80 cm, sedangkan untuk laki-laki tidak boleh lebih dari 90 cm.

Namun, kalau kamu bingung mengukurnya, kamu bisa menggunakan jengkalan tanganmu. Usahakan tidak boleh lebih dari empat jengkal tangan, ya, karena bila lebih dari itu, bisa menjadi bahaya penyakit diabetes.

2. Buat kamu yang kelebihan berat badan, coba pelan-pelan kurangi berat badan yang berlebihan

mencegah diabetes di usia muda

Kegemukan bisa menyebabkan berbagai penyakit via ineedfatacceptance

Advertisement

Salah satu faktor terbesar dari penyakit diabetes adalah karena kelebihan berat badan, persentasenya bahkan mencapai 80%.

Orang dewasa yang mengalami kegemukan, harus mengurangi berat badan mereka sebesar 16% supaya terhindar dari risiko diabetes. Jadi, usahakan berat badanmu dalam kisaran normal, ya.

Baca konten menarik seputar kesehatan: Proyek Mengejutkan 3 Miliarder di Bidang Kesehatan. Ada Kehidupan Abadi!

3. Daripada meminum teh manis, mending ganti dengan air putih sekarang

mencegah diabetes di usia muda

Minum teh via pahq

Teh manis, tambah es batu, diminum pas cuaca lagi panas-panasnya. Ah, segarnya!

Tapi, tahukah kamu, dalam segelas teh manis ini ada bahaya berupa 300 kalori? Padahal, dalam sehari rata-rata kita hanya membutuhkan 2000 kalori saja.

Kebayang nggak, jumlah kalori yang bakal masuk ke tubuh bila kamu meminum teh manis 2 kali sehari? Nah, daripada minum teh manis, mending mulai sekarang rajin minum air putih, ya!

4. Doyan makan boleh, tapi terapkan porsi makan yang cukup

mencegah diabetes di usia muda

Makanlah dalam porsi yang cukup via dangstars

Saat makan, cobalah menyeleksi makanan mana yang terbaik untuk kamu makan.

Terapkan juga aturan makanmu sendiri, seperti tiga kali sehari dan jangan makan yang berlebihan. Kalau kamu gampang lapar, atur makananmu dalam porsi kecil-kecil.

5. Selalu tambahkan porsi makanan berserat dalam piringmu

mencegah diabetes di usia muda

Makanlah yang banyak serat via kellyeatsdaily

Demi kesehatanmu sehari-hari, serat sangat penting bagi tubuh. Seratlah yang berfungsi merangsang aktivitas saluran usus dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam tubuh. Serat bisa kamu dapatkan baik dalam buah dan sayuran.

Usahakan untuk menambahkan porsi sayuran dan buah-buahan dalam makananmu. Seandainya kamu tidak suka dengan sayur-sayuran, kamu bisa membuatnya dalam bentuk jus dan dicampurkan dengan makanan favoritmu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Temukan aku di sudut-sudut dalam toko buku.

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE