5 Cara Makan buat Penderita Mag yang Pengen Diet. Berat Badan Aman, Lambung Nggak Kumat

Diet penderita mag

Seseorang yang punya kelebihan berat badan biasanya akan menjalankan diet agar angka timbangannya kembali normal. Sayangnya, nggak semua orang bisa serta-merta menjalankan diet. Ya, bagi penderita mag diet justru dianggap sebagai momok. Maksud hati ingin diet biar berat badan kembali normal, tapi mag malah kambuh karena asam lambung naik.

Advertisement

Untuk menjawab kekhawatiran penderita mag yang ingin berdiet, Hipwee Tips ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar berat badan bisa turun. Tenang, cara ini aman kok buat asam lambungmu.

1. Aturlah pola makanmu dengan prinsip ‘sedikit tapi sering’

sedikit tapi sering via tribune.com.pk

Kalau biasanya kamu cuma makan tiga kali sehari, sekarang coba lebih sering, misal tiap tiga jam makan. Tapi hindari makan dengan porsi besar agar perut nggak kaget dan berat badan bisa perlahan turun. Nggak cuma bagus buat diet, cara ini juga bisa mengurangi gejala asam lambung yang sering kambuh.

2. Perhatikan juga setiap makanan yang kamu konsumsi

perhatikan makanan via superfoodsrx.com

Penderita mag yang mau diet memang harus pintar-pintar memilih makanan. Soalnya, selain kafein kamu juga nggak boleh untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi, melansir laman Web Md.

Advertisement

Biar diet berhasil dan mag nggak kumat, pilihlah makanan tinggi protein seperti oatmeal, putih telur, dan ikan. Kalau mau lebih berat, konsumsi karbohidrat kompleks yang yang memiliki kandungan serat tinggi misalnya nasi merah dan roti gandum.

3. Baiknya turunkan berat badan secara bertahap

diet bertahap via www.nhs.uk

Menurunkan berat badan secara dratis bisa menggangu kinerja refluks lambung. Makanya, capailah berat badan ideal dalam beberapa tahap. Misalnya, tahap pertama turunkan  berat badan sekitar lima hingga 10 persen. Nah, setelah itu kamu bisa menaikkan target pelan-pelan agar tubuh nggak kaget.

4. Olahraga juga punya peran penting untuk membantu program dietmu

olahraga via www.healthline.com

Ada beberapa olahraga yang aman untuk penderita mag, misalnya berjalan, joging, yoga, dan renang, melansir laman Health Line. Sediakan waktu setidaknya 30 menit selama tiga kali seminggu agar makin efektif.

Advertisement

5. Mencukupi jam tidur juga penting agar diet berhasil dan mag nggak kumat

cukup tidur via www.sleepfoundation.org

Ketika diet, kamu dianjurkan untuk nggak makan tiga jam sebelum tidur. Nah, kalau kamu malah begadang ya jangan kaget kalau tiba-tiba di malam hari asam lambungmu naik. Agar pagi waktu bangun asam lambung nggak naik, usahakan untuk segera minum air putih hangat. Baiknya jangan bangun kesiangan juga karena akan berpengaruh pada jam makan yang mana memicu asam lambung naik.

Sebenarnya bukan nggak mungkin kok kalau kamu mau menurunkan berat badan meski punya mag. Dengan beberapa cara di atas, kamu bakal mendapatkan berat badan ideal tanpa harus mengalami keluhan asam lambung naik. Ada baiknya mengonsultasikan ke dokter, karena setiap orang punya kondisi tubuh yang berbeda.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE