Dibandrol dengan harga selangit, mungkin banyak di antara kamu yang masih bertanya-tanya kenapa 1 kilogram sarang burung walet bisa dipatok sebegitu mahalnya. Mencapai harga belasan bahkan puluhan juta per kilo tergantung kualitasnya, tentu ada sesuatu yang luar biasa dalam kandungan sarang burung walet yang menjadikan produk ini menjadi komoditas berharga. Masyarakat dunia,  khususnya warga Tiongkok sejak dulu begitu meyakini khasiat yang terkandung dalam sarang yang terbentuk dari air liur burung walet ini. Bahkan sup dari sarang burung walet dulunya menjadi menu istimewa yang disajikan kepada para kaisar Tiongkok lho! Begitu langka dan mahalnya sarang burung walet ini di zaman dulu sehingga hanya bisa keluarga kerajaan saja yang dapat bebas mengonsumsinya.

Tak hanya dimakan, sarang burung walet bahkan juga bisa diolah menjadi krim perawatan wajah yang bermanfaat bagi kulit lho. Jadi makin penasaran ‘kan dengan apa saja manfaat sarang burung walet ini? Simak ulasan Hipwee tips kali ini baik-baik yuk, siapa tahu kamu jadi terinspirasi menjadikan budidaya sarang burung walet ini lahan bisnis yang menguntungkan!

1. Olahan sarang burung walet jika dikonsumsi rutin dipercaya dapat menjadikan kulit jadi lebih bersih dan lebih cerah. Wah!

Wajah bersih dan cerah via www.hipwee.com

Advertisement

Dilansir dari  hellonests.com, sarang burung walet mengandung threonine yang mendukung produksi kolagen dan membentuk elastin yang penting untuk merekonstruksi struktur sel-sel kulit jadi lebih baik dan saat dikombinasikan dengan kandungan glycine, ampuh mencegah kerutan, jerawat dan mengurangi terbentuknya flek-flek hitam. Kulit jadi lebih mulus dan halus. Siapa yang bakal nolak kalau manfaatnya begini?

2. Menjadikan kulit lebih awet muda dan bebas dari penuaan dini. Buat yang mau bebas keriput dan terlihat jauh lebih muda dari usia, bisa coba konsumsi makanan mahal ini!

Siapa yang nggak mau selalu awet muda, seperti IU dan Park Bo Young ini? via www.allkpop.com

Dilansir dari hellonests.com, sarang burung walet mengandung zat langka Cr atau Chromioum yang meningkatkan penyerapan nutrisi dalam membran usus dan Se atau Selenium yang merupakan salah satu zat yang memberikan efek anti penuaan dini pada kulit. Jadi nggak usah heran kalau banyak selebritas, model atau sosialita yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi dapat mengonsumsi sarang burung walet yang juga dijuluki ‘kaviar dari timur’ ini.

3. Sarang burung walet mengandung zat-zat yang ampuh menetralisir toksin dalam tubuh lho

Manfaatnya yang bombastis membuat harganya jadi selangit via hellonests.com

Sarang burung walet diketahui mengandung beragam nutrisi lengkap yang ampuh menetralisir kandungan toksik dalam tubuh dan menstimulasi pertumbuhan sel darah merah. Sarang burung walet juga dapat membantu kinerja ginjal agar dapat berfungsi maksimal. Bagi kesehatan kardiovaskular, kandungan dalam sarang burung walet dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar menghindari penyumbatan dalam pembuluh darah.

4. Sarang burung walet membantu menyeimbangkan energi dan meningkatkan daya tahan tubuhmu, biar nggak gampang terserang penyakit

Sup sarang burung walet yang kaya manfaat via hellonests.com

Advertisement

Sarang burung walet kaya akan kandungan mineral lengkap seperti potasium, natrium, kalsium dan lainnya. Setiap kandungan mineral berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan berperang melawan beragam penyakit. Kandungan mineral tersebut juga meningkatkan kemampuan memulihkan diri lebih cepat setelah sembuh dari sakit. Selain itu, sarang burung walet juga kaya kandungan antioksidan yang mampu memerangi sel-sel kanker lho.

5. Nggak cuma menjalani hidup bebas rokok, sarang burung walet juga membantu memulihkan dan menyehatkan paru-paru lho

Salah satu manfaat sarang burung walet adalah menyehatkan paru-paru lho via www.aryanto.id

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sarang burung walet dapat membantu memulihkan beragam penyakit yang berhubungan dengan paru-paru seperti TBC, asma, batuk dan kesulitan menelan. keluhah seputar kesehatan pernafasan ini bisa diatasi kalau kamu rutin meminum air rebusan atau kukusan sarang burung walet, minimal sehari 2 kali. Hmm, meski butuh modal banyak, layak dicoba nih karena minim efek samping seperti obat-obatan pabrik.

6. Sarang burung walet juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah konstipasi

Kesehatan pencernaan bisa terjaga dengan konsumsi sarang burung walet via steptohealth.com

Beragam nutrisi komplet dalam sarang burung walet dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah konstipasi. Buat yang pencernaannya sering bermasalah, kamu bisa coba konsumsi sarang burung walet dalam bentuk sup.

7. Mendukung proses kehamilan bagi ibu dan anak. Nggak cuma ibu, anak juga akan mendapat manfaatnya~

Makanan bernutrisi calon ibu dan buah hati via zeenews.india.com

Sejak beberapa dekade, sarang burung walet dipercaya para warga Tiongkok dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan kulit ibu hamil dan janin. Para perempuan hamil Tiongkok sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sarang burung walet karena khasiatnya yang begitu luar biasa. Tak hanya tubuh ibu jadi lebih bugar dan perkembangan bayi jadi lebih optimal, kulit ibu dan sang buah hati juga akan jadi lebih sehat dan elastis lho!

Nah, dari sekian banyak manfaat sarang burung walet, manfaat mana yang paling bikin kamu tergoda untuk mencoba salah satu bahan makanan termahal di dunia ini? Ya, dengan segudang manfaat yang dimilikinya, nggak heran sih kalau harganya bahkan bisa mencapai 50 juta rupiah per kilogramnya. Buat yang tertarik merasakan manfaatnya, mungkin bisa nabung dulu. Atau jangan-jangan mau sekalian jadi penguasaha sarang burung walet nih? Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya