Doa Sebelum Tidur dan Keutamaannya bagi Sobat Muslim Semua. Kamu yang Insomnia Juga Ada Doanya

Doa sebelum tidur

Meski punya waktu 24 jam, kita tak bisa menggunakan seluruh waktu untuk beraktivitas. Setidaknya, butuh enam sampai delapan jam untuk mengistirahatkan tubuh untuk memulihkan tenaga. Dalam setiap kegiatan yang dilakukan, bagi umat Muslim khususnya, syariat Islam menganjurkan kita untuk selalu membaca doa. Termasuk sebelum dan saat bangun dari tidur. Dengan memanjatkan doa, kita akan diberikan perlindungan serta dipermudah urusan oleh Allah SWT.

Advertisement

Seringnya, doa sebelum tidur dianggap sebagai penutup aktivitas pada malam hari. Meski doa sebelum tidur sudah diajarkan orang tua dan guru sekolah saat kita kecil, tak banyak orang dewasa yang benar-benar mengamalkannya. Padahal dengan membaca dan menghayati doa sebelum tidur dan artinya, tak hanya dijaga tidurnya, tapi juga mendapatkan berkah serta rahmat yang berlimpah.

Biar afdol dan makin yakin, cek dulu manfaat doa sebelum tidur dan seperti apa keutamaannya

manfaat doa sebelum tidur via www.cigna.com.hk

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur.” – Al Qashahs: 73

Dari surah di atas, kita bisa tahu bahwa perlindungan Allah SWT akan selalu menyertai ketika kamu mengistirahatkan tubuh. Tak perlu khawatir bermimpi buruk, sebab dengan membaca doa sebelum tidur, kamu akan terhindar dari segala sesuatu yang mengganggu. Melansir dari laman Era Muslim, amalan serta doa sebelum tidur juga bisa membuat seseorang jadi lebih tenang jika memang di waktu tidurnya nanti ia menemui ajalnya.

Selain berdoa, lakukan juga beberapa amalan sebelum tidur menurut Rasulullah yang membuat waktu tidurmu jadi lebih berkah

amalan sebelum tidur via medialampung.co.id

Beberapa amalan berikut tentunya memiliki dasar yang termuat dalam hadis maupun Quran. Berikut amalan serta beberapa doa sebelum tidur yang bisa kamu terapkan:

  1. Sebenarnya, Rasulullah mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk segera beristirahat setelah selesai salat Isya. Namun, jika memang ada hal yang lebih bermanfaat, boleh menunda tidur agak malam.
  2. Agar saat tidur kamu tetap dalam keadaan suci, Rasulullah menganjurkan kita untuk berwudu terlebih dulu.
  3. Kamu juga perlu menjaga kebersihkan tempat tidur. Sebelum merebahkan tubuh, bersihkan dulu kasur dengan menggunakan kain atau tebah sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah.
  4. Kebiasaan membaca surat pendek yang sering dilakukan Rasulullah patut kamu tiru juga. Tiga surah pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas dibaca secara berurutan lalu ditiupkan pada telapak tangan untuk diusapkan bagian tubuh yang bisa dijangkau. Kemudian, Rasulullah akan mengulanginya sebanyak tiga kali pada masing-masing bacaan.
  5. Setelah itu Rasulullah akan membaca doa sebelum tidur supaya saat terlelap nanti ia tetap berada dalam lindungan Allah.

Berikut doa sebelum tidur beserta artinya yang bisa kamu baca setelah menjalankan amalan di atas

doa sebelum tidur via www.shutterstock.com

Advertisement

Agar mudah dibangunkan di pagi hari nanti, kamu bisa baca doa sebelum tidur ini. Berikut lafaznya:

doa sebelum tidur via santri.me

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.”

Setelah membaca doa sebelum tidur di atas, dianjurkan untuk membaca Ayat Kursi, berzikir, dan beristigfar sebanyak tiga kali.

Selain doa pendek tadi, ada juga doa sebelum tidur sesuai sunah yang dibaca setelah selesai membaca tiga surat pendek

doa sebelum tidur sesuai sunnah via hijaiyyah.com

Bismika rabbi wadla’tu janbi wa bika arfa’uhu. In amsakta nafsi farhamhi. Wa in arsaltahi fahfazhhi bima tahfazhu bihi ‘ibadakas shalihin.

“Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh.”

Sama seperti doa sebelumnya, setelah membaca doa sebelum tidur ini, disarankan juga membaca Ayat Kursi dan anjuran lainnya.

Khusus kamu yang punya anak bayi, bacakan doa sebelum tidur untuk bayi berikut supaya mereka nggak rewel dan sering terbangun di malam hari

doa sebelum tidur untuk bayi via www.nct.org.uk

Baiknya, bacakan Ayat Kursi ke bayi yang mau tidur. Kemudian, coba lengkapi dengan surat At-Takwir Ayat 20. Berikut lafaznya:

ذِى قُوَّةٍ عِندَ ذِى ٱلْعَرْشِ مَكِينٍ

Zi quwwatin ‘inda zil-‘arsyi makin

“Yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy,”

Lalu, lanjutkan dengan membaca surat Al-Buruj ayat 20-22. Berikut lafaznya:

فِي لَوْحٍ مَحْفُوظٍ .بَلْ هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ. وَاللَّهُ مِنْ وَرَائِهِمْ مُحِيطٌ

Waallaahu min waraa-ihim muhiithun. Bal huwa qur-aanun majiidun. fii lawhin mahfuuzhin.

“Padahal Allah mengepung mereka dari belakang mereka. Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia, yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh.”

Selain doa di atas, kamu juga bisa memperdengarkan anak murotal Quran agar mereka lebih nyaman dan gampang terlelap. Beberapa bacaan murotal Quran bisa kamu temukan di streaming musik atau video daring, ya!

Selain doa sebelum tidur, ada beberapa doa lain yang berkaitan dengan tidur malam

Ada doa lain yang terkait dengan tidur malam yang bisa kamu perlajari dan amalkan juga. Misalnya, doa sebelum tidur dan bangun beserta artinya serta doa ketika terbangun tengah malam atau bahkan saat gelisah dan susah tidur. Berikut beberapa lafaz doa-doa tersebut:

Doa ketika susah tidur 

doa susah tidur via www.dream.co.id

Allaahumma ghaaratin nujuumu wa hada atil ‘uyuunu wa anta hayyung qayyum. Laa ta’khudzuka sinatuw wa laa naum. Yaa hayyu yaa qayyuumu ahdi lailii wa anim ‘ain.

“Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam dan mata pun telah terpejam, sementara Engkau hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Mu). Engkau tidak mengantuk dan tidak juga tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku”

Doa saat terbangun di malam hari dan menghendaki ingin tidur lagi

doa terbangun di malam hari via acrylic-nails-infos.blogspot.com

La ilaha illa Anta subhanaka Allahumma astaghfiruka lidzanbika wa as`aluka rahmataka. Allahumma zidna ilman wa la taza’ qalbi ba’da idz hadaitani wa hab li min ladunka rahmatan innaka anta al-wahhab

“Tiada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau ya Allah, aku meminta ampun atas dosa-dosaku, dan aku meminta rahmat-Mu. Ya Allah, tambahkan ilmu bagiku, jangan selewengkan hatiku sesudah Engkau memberinya hidayah, dan anugerahi aku rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Memberi Anugerah.”

doa bangun tidur via santri.me

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

“Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali”

Gimana, lengkap bukan doa sebelum tidur dan sesudah tidur di atas? Jangan lupa untuk terus amalkan biar tidur malammu semakin nyaman dan berkah. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat kalian.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE