Info Gaji Kurir Pengantar Paket, Lengkap dengan Tunjangan dan Bonusnya

Belanja daring kini semakin diminati banyak orang karena dinilai praktis dan mudah. Dengan mengandalkan smartphone saja, kita bisa mendapatkan barang yang kita mau. Tak heran jika kini banyak muncul ekspedisi baru yang melayani jasa antar paket.

Advertisement

Seiring banyaknya bisnis ekspedisi, profesi kurir paket pun mulai banyak diminati. Pasalnya, pihak pengiriman jasa logistik juga harus memiliki banyak sumber daya supaya proses pengiriman berjalan lancar. Kira-kira, berapa gaji kurir yang didapatkan setiap bulannya, ya? Berikut besaran gaji kurir untuk masing-masing ekspedisi.

1. Gaji kurir JNE

gaji kurir

| Photo by Kindel Media from Pexels

JNE menjadi salah satu perusahaan logistik paling populer di Indonesia. Hampir setiap harinya, kita selalu melihat kurir JNE berlalu-lalang mengantar paket. Membicarakan mengenai gaji kurir JNE, mereka menentukan gaji berdasarkan beberapa komponen. Umumnya, gaji kurir ekspedisi ini menyesuaikan UMR daerah setempat.

Besaran gaji pokok kurir JNE per bulan rata-rata Rp2,7 juta. Selain itu, kurir JNE juga mendapat tunjangan-tunjangan lainnya, di antaranya biaya parkir Rp100.000,00, biaya servis kendaraan pribadi Rp300.000,00, kehadiran Rp440.000,00, insentif paket Rp200.000,00, dan uang bensin Rp150.000,00 per minggu.  Jika ditotal, pendapatan bulanan kurir paket JNE kurang lebih Rp3,89 juta.

Advertisement

2. Gaji kurir J&T

gaji kurir

| Photo by Artem Podrez from Pexels

Terdapat dua jenis pekerjaan kurir di J&T, yakni kurir lapangan (sprinter) dan kurir ekspedisi. Kurir yang mengantar paket ke alamat tujuan disebut kurir lapangan. Gaji kurir J&T besarnya juga disesuaikan dengan UMR daerah masing-masing. Namun, gaji mereka ditaksir mencapai Rp2,5 juta per bulannya. Jumlah tersebut bisa bertambah dengan adanya yang bensin yang diberikan satu minggu sekali. Mereka juga akan mendapatkan Rp1000,00 ketika berhasil mengantar paket secara utuh ke alamat tujuan. Tak hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan bonus jika berhasil mencapai target yang ditentukan.

3. Gaji kurir SiCepat

gaji kurir

| Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Sama seperti ekspedisi lainnya, gaji kurir SiCepat juga menyesuaikan UMR daerah masing-masing. Namun pada umumnya, gaji pokok kurir SiCepat mencapai Rp2,5 juta. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan tunjangan uang makan, uang bensin, perawatan kendaraan, dan bonus kehadiran. Uang makan umumnya sekitar Rp50.000,00 yang akan diakumulasi selama satu bulan. Uang bensin diberikan untuk biaya operasional kurir setiap hari. Sementara bonus kehadiran diberikan kepada kurir yang rajin masuk kerja.

4. Gaji kurir Lazada

gaji kurir

| Photo by Yan Krukov from Pexels

Sebagai salah satu perusahaan e-commerce asal Singapura, Lazada kini menjadi pasar yang banyak diminati masyarakat. Gaji kurir Lazada berbeda-beda antarkurir motor dan mobil. Bagi kurir motor, mereka bisa mendapatkan Rp175.000,00 dengan jumlah paket yang harus dikirim sebanyak 25 paket. Jumlah itu sudah termasuk pulsa, bensin, dan kehadiran. Jika dikalikan dalam sebulan, mereka bisa mendapatkan gaji Rp4.375.000,00.

Advertisement

5. Gaji kurir Anteraja

gaji kurir

| Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Meskipun Anteraja tergolong perusahaan ekspedisi yang baru, tetapi mereka banyak digemari karena terkenal cepat memproses pengiriman barang. Gaji kurir Anteraja per bulan sekitar Rp2,5 juta sampai Rp3,5 juta bergantung UMR setiap daerahnya. Gaji tersebut sudah termasuk gaji pokok, bonus, dan tunjangan yang diberikan. Bonus dan tunjangan diberikan untuk uang makan harian, perawatan harian, dan apabila para kurir memenuhi target.

6. Gaji kurir Shopee Express

gaji kurir

| Photo by Kampus Production from Pexels

Gaji kurir Shopee Express tidak selalu sama karena tergantung dengan wilayah bekerja. Sistem gaji di ekspedisi ini dihitung Rp2.213,00 per paket yang dikirimkan. Semakin banyak paket yang diantar, semakin tinggi pula penghasilan yang didapatkan. Namun, Shopee juga menentukan kebijakan jumlah paket yang harus diantar setiap hari yakni sejumlah 80 paket. Jika kurir konsisten mengirimkan 80 paket dalam sehari, maka mereka bisa mendapatkan sekitar Rp2,8 juta per bulannya.

7. Gaji kurir TIKI

gaji kurir

| Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi tertua di Indonesia, gaji pokok kurir di TIKI rata-rata sebesar Rp2,7 juta setiap bulannya. Selain gaji pokok, mereka juga akan mendapat penghasilan tambahan mencakup uang parkir Rp100.000,00, servis kendaraan Rp300.000,00, kehadiran Rp440.000,00, dan  komisi paket Rp200.000,00 per bulannya. Mereka juga mendapatkan uang bensin sekitar Rp150.000,00 setiap bulannya.

8. Gaji kurir Wahana

gaji kurir

| Photo by Maarten van den Heuvel on Unsplash

Hampir sama dengan gaji kurir lainnya, rata-rata gaji pokok kurir Wahana sejumlah Rp2,5 juta per bulan. Mereka juga akan mendapatkan tunjangan berupa uang perawatan kendaraan, uang makan, dan uang bensin. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan bonus jika menyelesaikan target pengiriman.

Itulah daftar gaji kurir 2022 mulai dari ekspedisi JNE sampai Wahana yang nominalnya ternyata cukup tinggi. Bukan hanya gaji pokok, sebagian besar ekspedisi juga memberikan tunjangan berupa uang makan, servis kendaraan, dan bonus yang jumlahnya berbeda-beda. Namun, hal itu sebanding dengan pekerjaan mereka yang cukup berat karena harus mengantar paket dalam jumlah banyak ke masing-masing tujuan. Bagaimana SoHip, tertarik untuk melamar menjadi kurir paket?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE