Mendengar tentang bumbu dapur, pasti fokusmu langsung teralihkan pada ribetnya bergelut dengan alat-alat masak di dapur. Iya nggak sih? Tapi ternyata, beberapa bumbu dapur yang biasa kita pakai untuk memasak itu punya segudang manfaat untuk kecantikan, lho. Kandungan-kandungan khusus dalam bumbu dapur tersebut dapat mempercantik tampilan kita sehari-hari tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Nah, menjelang weekend ini, Hipwee akan mengajakmu ke dapur untuk mulai mencari. Bumbu-bumbu dapur apa saja sih yang bisa mempercantik tampilan tanpa iritasi dan tentunya tanpa keluar banyak uang. Yuk simak!

1. Kencangkan kulit dan cegah penuaan dini dengan lengkuas. Kandungan antioksidan alami di dalamnya bisa menjadikan wajahmu awet muda.

lengkuas, ternyata banyak manfaatnya via infoherbalis.com

Ubah pemikiranmu mulai sekarang bahwa lengkuas itu hanya digunakan sebagai campuran opor atau tumis saja. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya dalam lengkuas ternyata bisa mengencangkan kulit wajah serta mencegahnya dari penuaan dini jika kamu gunakan dengan teratur.

Cukup haluskan lengkuas yang sudah dicuci dan bubuhkan di wajah seperti biasa, lakukan sekali seminggu. Eits, kalau kamu nggak tahan baunya, kamu bisa menambahkan madu, kok. Selamat awet muda!

2. Bawang merah nggak selamanya bikin pedih mata. Jika kamu rutin dan teratur, bumbu dapur ini bisa mencerahkan wajahmu jadi semakin memesona.

Advertisement

tanpa mahal, cantik bisa pakai bawang merah kok via merdeka.com

Ini nih langkah-langkah mencerahkan wajah dengan bawang merah:

  • siapkan 1 siung bawang merah, 1 jumput pala dan satu sendok teh susu
  • siapkan mangkok atau wadah bersih
  • peras bawang merah hingga keluar airnya
  • campur perasan air bawang merah, sejumput pala dan satu sendok teh susu ke wadah bersih tadi
  • aduk hingga membentuk pasta kental
  • oleskan ke wajah, diamkan selama 15-20 menit
  • bersihkan dengan kapas yang sudah dicelup susu cair

Lakukan rutin dua minggu sekali atau saat akhir pekan supaya wajahmu berseri alami, ya!

3. Jerawat dan bekas jerawat itu sangat mengganggu. Tapi tenang, ada bawang putih yang mampu mengatasi masalah bekas jerawatmu.

bekas jerawat dan jerawatnya kabuurrr via cantikalamiku.com

Bumbu dapur serbaguna dan sejuta umat ini memang nggak ada duanya kalau soal membasmi jerawat. Kandungan flavonoid di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat beserta bekasnya yang membandel. Nggak perlu ribet dalam pemakaiannya, kamu cukup kupas 1-2 siung bawang putih, cuci bersih dan iris tengahnya, lalu gosokkan ke seluruh wajah atau bagian yang berjerawat saja. Lakukan langkah ini rutin 1-2 kali seminggu agar jerawat dan bekasnya nggak balik-balik lagi.

4. Sering terpapar sinar matahari dan polusi akan membuat kulit wajah kusam. Gunakan masker kunyit biar wajahmu kembali sedap dipandang.

bersiap memiliki kulit cerah dengan kunyit? via bintang.com

Nggak hanya sebagai pewarna alami makanan, ternyata kunyit juga bisa mencegah kekusaman kulit secara berkala, lho! Kandungan antioksidannya yang kaya mampu mencerahkan kembali kulit yang kusam akibat sering terpapar sinar matahari, debu dan polusi.

Kamu nggak butuh banyak waktu kok buat mencerahkan kulit dengan kunyit ini. Siapkan saja 1 sampai 2 iris kunyi. Cuci bersih dan lumatkan dengan sedikit air lalu oleskan perlahan ke bagian kulit wajahmu dengan kuas khusus kulit. Voila! Kulit cerahmu tak hanya sekedar impian lagi dengan masker alami dari kunyit ini.

5. Tak hanya manis, gula pasir ternyata juga mampu mencerahkan serta melembabkan bibirmu, lho! Nggak perlu takut lagi kalau pakai lipstik warna-warni.

bibir cantik dengan gula via sayangi.com

Kalau kamu kesel karena bibirmu menghitam serta kering yang tak berkesudahan, kamu jangan sedih dulu, ya. Ada gula pasir yang siap membantumu sebagai scrub alami supaya bibirmu lembab dan merah alami. Cukup ambil sedikit gula pasir dengan jari, campurkan juga madu jika diperlukan, oleskan lembut dengan gerakan searah dari bibir atas ke bibir bawah. Lakukan 1-2 menit agar sel kulit mati penyebab masalah bibirmu terangkat. Sebaiknya, ikuti langkah ini 2-3 kali seminggu, ya guys.

6. Gak ada lagi komentar: “itu muka apa kilang minyak?”, atasi kandungan minyak berlebih di wajahmu dengan jeruk nipis!

nggak kecut kok, ‘kan buat kecantikan via citcitcuwitcuwit.blogspot.com

Selain menyegarkan ketika dibuat minuman, jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini mampu mengurangi minyak pada wajahmu yang berlebihan dan sangat mengganggu. Siapkan 2-3 buah jeruk nipis segar dan cuci bersih sebelum memakainya sebagai masker untuk wajah berminyakmu.

PS : Jika kamu sedang berjerawat parah, sebaiknya hati-hati karena bisa perih dan iritasi.

7. Tanpa repot-repot ke tempat spa, manjakan kakimu yang lelah dengan air garam saja supaya hemat dan nggak menyita banyak biaya.

ternyata, garam banya khasiatnya lho! via amazine.com

Demi kaki yang fresh dan siap beraktivitas lagi, ikuti langkah-langkah ini untuk foot spa sendiri di rumah:

  • siapkan ember atau wadah bersih untuk kaki
  • siapkan air secukupnya, tuang dalam wadah atau ember tadi
  • masukkan garam, jangan banyak-banyak namun sesuai selera
  • masukkan kedua kakimu ke dalam air garam tadi dan diamkan beberapa saat
  • pijat lembut dari telapak hingga mata kaki menggunakan tangan
  • setelah 10 atau 15 menit, bilas dengan sabun dan air bersih
  • lap kakimu sampai kering.

Jika diperlukan, kamu bisa melakukannya 2 hari sekali supaya kaki lelahmu nggak mengganggu aktivitas, ya!

Nah, nggak sulit ‘kan merawat tubuh dengan bahan-bahan dari dapur tadi? Udah murah, praktis, gampang pula! Siapa nih yang mau segera mencoba?