Kasus Oki Setiana Dewi yang tidak memberikan vaksin anaknya kembali membuka perdebatan Pro Vaksin dan Anti Vaksin. Pasalnya, Oki Setiana Dewi diduga tidak memberikan vaksin pada anaknya karena vaksin tersebut mengandung gelatin babi. Kondisi anak Oki yang terkena campak membuat warganet mengkritik keputusan Iki.

Tulisan ini tidak dibuat untuk menyalahkan Oki atau  menyudutkan pendukung anti vaksin. Hipwee hanya ingin menyampaikan jenis vaksin dasar yang layak diberikan ke anakmu nanti demi kesehatan dan proteksi mereka di masa depan. Jadi orangtua itu soal belajar terus-terusan ‘kan? Bukan jadi manusia keras kepala yang nggak mau mendengar saran?

1. Vaksin BCG: Rp 40.000,00

Advertisement

Vaksin ini diberikan khusus untuk mencegah infeksi BCG. Vaksin ini seharga 40 ribu rupiah saja. BCG kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guérin yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC). Vaksin ini paling lambat diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan.

2. Vaksin Polio: Rp 12.500,00

Image result for vaksin polio

Vaksin polio

Dilansir di situs alodokter, polio atau poliomyelitis adalah penyakit virus yang sangat mudah menular dan menyerang sistem saraf, khususnya pada balita yang belum melakukan vaksinasi polio. Pada kasus yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas, kelumpuhan, dan atau kematian. Vaksin ini bisa didapatkan seharga 12.500.

3. Vaksin DPT: Rp 20.000,00

Image result for vaksin DPT

Vaksin DPT

Seperti dilansir dalam situs ykai.net, imunisasi DPT untuk mencegah 3 penyakit : Difteri, Pertusis dan Tetanus. Penyakit Difteri dapat menyebabkan pembengkakan dan sumbatan jalan nafas, serta mengeluarkan racun yang dapat melumpuhkan otot jantung. Penyakit Pertusis berat dapat menyebabkan infeksi saluran nafas berat (pneumonia). Kuman Tetanus mengeluarkan racun yang menyerang syaraf otot tubuh, sehingga otot menjadi kaku, sulit bergerak dan bernafas. Vaksin ini bisa didapatkan seharga 20 ribu rupiah.

4. Vaksin Campak: Rp 45.000,00

Image result for vaksin campak

Vaksin Campak

Advertisement

Seperti namanya, vaksin campak khusus untuk mencegah penyakit campak (measles atau morbili). Penyakit campak ditandai dengan munculnya ruam-ruam kemerahan. Vaksin ini berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit campak. Vaksin ini biasa diberikan pada bayi usia 9 bulan dan pada saat anak berusia 6 tahun. Vaksin ini diberikan seharga 45 ribu rupiah.

5. Vaksin Hepatitis B: Rp 48.000,00

Sekarang kita tak perlu khawatir dengan penyakit hepatitis B yang dapat menyerang siapa saja. Hal ini karena telah ada Euvax B yang merupakan jenis vaksin untuk mencegah penyakit hepatitis B. Harga yang dipatok untuk vaksin ini yakni sekitar 48ribu rupiah saja.

Bagaimana? Sudah tahu gambaran berapa yang harus kamu keluarkan untuk kesehatan anak nantinya? Semoga info ini bisa membantumu untuk makin giat mempersiapkan diri ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya