8 Jenis Rempah Khas Indonesia yang Ampuh Tangkal Penyakit. Beruntung Kamu yang Doyan Konsumsi

Jenis rempah

Indonesia sebagai bangsa yang besar punya ikatan kuat dengan rempah-rempah. Bahkan penjajah pun pada awalnya datang ke Nusantara sebab tertarik dengan kekayaan rempah yang kita punya. Pada masa itu rempah punya nilai jual sangat tinggi dengan beragam khasiatnya bagi tubuh.

Advertisement

Rempah populer sebagai pelengkap bumbu masakan dengan cita rasa yang khas. Selain itu juga terkenal ampuh menangkal penyakit dengan berbagai kandungan yang ia miliki. Kalau kamu lagi nyari multivitamin alami dengan harga ekonomis buat mendukung imunitas, rempah bisa jadi pilihan. Tinggal olah jadi minuman atau campurkan ke dalam masakan, keajaiban rempah akan bekerja dalam tubuh. Nah, berikut Hipwee Tips rangkum 8 jenis rempah yang terbukti ampuh tangkal berbagai penyakit.

1. Lada, rempah mungil kaya antioksidan

Lada punya kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Jadi, mengonsumsi lada bisa membantu memperbaiki segala kerusakan yang ada pada tubuh. Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan lada juga membuat tubuh lebih tahan terhadap radikal bebas.

2. Temulawak, rempah yang sering ada dalam jamu

Temulawak via hellosehat.com

Semasa kanak-kanak kamu pasti cukup akrab dengan rempah satu ini. Temulawak sering diolah menjadi jamu karena memiliki kandungan curcumin yang tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem serotonin dan dopamin yang bisa membuat tubuh lebih mudah merasa bahagia dan jauh dari stres. Ketika tubuh bahagia dan jauh dari stres, maka kekebalan tubuh meningkat sehingga penyakit nggak bisa mampir.

Advertisement

3. Jahe, rempah yang biasa dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh

Rempah satu ini sering diolah ke dalam minuman dan penganan yang menghangatkan. Sebut saja wedang, sekoteng atau STMJ. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe punya kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Di samping itu, jahe juga mengandung senyawa gingerol yang bisa meringankan gejala flu dan batuk. Cocok dikonsumsi menjelang musim penghujan nih.

4. Kencur, sering jadi bahan utama pembuatan jamu dan seblak

Rempah yang sekilas mirip jahe ini merupakan bahan utama pembuatan jamu beras kencur. Selain itu, kencur juga terkenal sebagai bumbu khas seblak yang menggugah selera. Nah, kencur ini punya kandungan minyak atsiri seperti etil alkohol dan sineol, yang mampu meredakan lendir penyumbat hidung pada gejala radang tenggorokan. Selain itu anti-bakteri yang terdapat dalam kencur juga bisa memperbaiki fungsi pernapasan dan pencernaan. Tenang, alkohol di sini nggak memabukkan kok.

5. Kayu Manis, rempah yang membuat tubuh terasa lebih bugar

Kayu manis via cairofood.id

Kayu manis yang punya aroma khas ini memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-jamur, yang bisa menghindarkan tubuh dari ancaman berbagai penyakit mematikan. Nggak hanya itu, kayu manis juga bisa meredakan berbagai gejala penyakit yang kamu miliki karena ia punya kandungan anti-inflamasi juga. Mengonsumsi kayu manis seperti mencampurkan satu batang kayu manis ke dalam secangkir madu, bisa membuat kamu lebih bugar.

Advertisement

6. Serai, rempah untuk detoks yang baik bagi ginjal dan hati

Serai punya kemampuan untuk membuang racun berbahaya di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi serai, kamu bisa detoks racun sekaligus menjaga imunitas tubuh karena rempah ini kaya antioksidan dan flavanoid yang terbukti sangat baik untuk kesehatan ginjal dan hati.

7. Kunyit, bumbu masakan dan pewarna makanan yang bisa tingkatkan kinerja otak

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rempah satu ini juga kerap dijadikan pewarna makanan. Kunyit dengan kandungan curcumin tinggi bisa menjaga daya tahan tubuh jadi lebih baik. Selain itu, kandungan kunyit juga terbukti mampu meningkatkan kinerja otak.

8. Cengkeh, bisa membantu tubuh dalam mengurangi infeksi

Cengkeh via ekorantt.com

Pada umumnya, cengkeh mengandung eugenol yang berfungsi untuk mengurangi infeksi pada tubuh. Kalau kamu mau mengonsumsi cengkeh, gunakanlah cengkeh yang masih memiliki kuncup bunga. Sebab di sana terkandung senyawa yang ampuh untuk melindungi diri dari berbagai penyakit.

Nah, itu dia 8 rempah asli Indonesia yang selain ampuh menangkal berbagai penyakit, juga sangat mudah didapat di pasaran. Kamu bisa mengolah jenis rempah di atas ke dalam berbagai makanan atau minuman kesukaan. Selamat mencoba dan sehat selalu!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE