Karena Bantuan Profesional Bagi Penderita Mental Illness Itu Perlu, Yuk Pahami 6 Hal Ini Dulu

bantuan profesional untuk penderita mental illness

Kesehatan mental memang masih dianggap tabu di Indonesia. Salah satu penyebab terbesarnya adalah masih adanya stigma negatif yang disematkan kepada penderitanya. Hal itu juga lah yang membuat penderita mental illness sering merasa ragu dan takut untuk mencari bantuan profesional. Padahal dengan mengakui kalau kita memang butuh bantuan saja bisa mempermudah kita untuk menemukan jalan menuju proses kesembuhan. Nah, makanya kali ini Hipwee Tips akan mengupas hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk mencari bantuan profesional biar kamu nggak perlu takut dan ragu lagi! Simak yuk!

1. Jangan sampai tertukar dan salah membedakan antara psikolog dan psikiater, agar kamu bisa memilih konsultasi sesuai kebutuhan

psikiater dan psikolog itu berbeda via www.alodokter.com

Advertisement

Psikolog adalah tenaga ahli yang mendalami bidang ilmu psikologi. Sedangkan psikiater adalah dokter spesialis kejiwaan bergelar Sp.KJ yang mempunyai keterampilan klinis untuk melakukan diagnosa, pengobatan, perawatan dan pencegahan pada masalah kesehatan mental, sehingga berwenang untung memberikan resep obat-obatan dan prosedur medis. Jika kamu memiliki masalah kesehatan mental yang membutuhkan intervensi medis, lebih baik kamu berkonsultasi dengan psikiater. Tapi jika kamu lebih membutuhkan insight dan solusi dari sudut pandang non medis, lebih baik berkonsultasilah pada psikolog.

2. Pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan jika kamu berobat tanpa menggunakan asuransi kesehatan

Pertimbangkan biaya jika kamu tidak memakai BPJS Kesehatan via www.suara.com

Pengobatan psikologis membutuhkan biaya yang tak murah, untuk itu kamu perlu mempertimbangkan pilihan untuk berobat menggunakan fasilitas asuransi seperti BPJS Kesehatan. Jika tidak, kamu masih bisa memilih terapis yang tarifnya sesuai dengan kemampuanmu.

3. Bingung harus ke mana untuk mulai mencari bantuan? Jangan ragu untuk minta rekomendasi kepada keluarga dan teman-teman

Jangan ragu bertanya pada teman atau keluarga via welldoing.org

Jangan ragu untuk bertanya kepada teman, keluarga, kerabat atau kolega yang sudah pernah mendapatkan bantuan profesional sebelumnya. Selain mendapat rekomendasi terapis, kamu juga akan mendapat gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana proses terapi dilakukan dari sudut pandang sesama penyintas.

Advertisement

4. Jangan lupa lakukan riset online untuk mencari tahu informasi tentang calon terapis

jangan lupa searching dulu via technology.uzone.id

Kamu perlu mencari tahu latar belakang calon terapis untuk menyesuaikannya dengan preferensi pribadimu. Dari situ kamu bisa mengetahui informasi seperti pembawaan dan karakter terapis serta pendekatan yang dilakukukan dari testimoni pasien terdahulu.

5. Jika sudah menemukan, lakukan “test drive” terlebih dahulu dengan mencoba satu kali sesi pertemuan

Coba sekali pertemuan aja dulu via www.istockphoto.com

Psikoterapi merupakan proses yang berkesinambungan dan biasanya memerlukan jangka panjang, untuk itu kecocokan dan kenyamanan dengan terapis sangat penting agar pasien dapat mencapai hasil terapi yang maksimal. Cobalah dulu sekali pertemuan untuk memastikan apakah karakter terapis yang mau pilih sesuai dan cara penanganannya cocok dengan kepribadianmu.

6. Rasakan kecocokan antara terapis dengan preferensimu pribadi sebelum memutuskan untuk melanjutkan sesi psikoterapi

Advertisement

gimana cocok nggak? via www.addiction.com

Cobalah untuk membuka diri seterbuka mungkin di pertemuan pertama untuk mengetahui bagaimana terapis menangani dan merespon permasalahan kamu. Tanyakan kepada dirimu sendiri apakah kamu puas dengan solusi dan jawaban-jawaban yang diberikan untuk menentukan apakah kamu akan nyaman untuk melanjutkan sesi-sesi berikutnya dengan terapis yang sama.

Buat kamu yang memiliki masalah kesehatan mental, tak ada yang perlu kamu takutkan untuk mencari bantuan profesional. Melakukan keenam hal di atas akan mempermudah kamu menemukan bantuan profesional yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Ingat, jangan asal-asalan mencari bantuan profesional karena itu sangat mempengaruhi keberhasilan proses pemulihan kesehatan mentalmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mind wanderer~

CLOSE