Mata Lelah Karena Gadget

Mata lelah sudah jadi keluhan umum bagi kamu yang sehari-harinya bekerja di hadapan komputer atau gadget. Menurut Andrea Thau, dokter mata dari American Optometric Association, mata manusia didesain untuk bisa melihat objek 3 dimensi. Di layar gawai, mata akan dipaksa melihat objek 2 dimensi. Ini yang kemudian membuat otak bekerja lebih keras untuk “membaca” gambar yang ditangkap mata. Otak yang lelah ini juga bisa berpengaruh ke terhambatnya pemrosesan sinyal cahaya dari mata. Akibatnya mata jadi suka lelah dan pandangan kabur.

Belum lagi mata kita akan bisa melihat dengan nyaman dari jarak sekitar 6 meter. Sedangkan di depan layar gawai, kita dipaksa fokus ke objek dengan jarak kurang dari 60 cm. Pemaksaan-pemaksaan seperti ini akan memicu keluhan yang disebut sebagai computer vision syndrome (CVS), yang mana gejalanya seperti mata kering dan kabur, sampai sakit kepala. Untuk itu perlu suatu teknik supaya kita tetap bisa produktif, namun kesehatan mata terjaga. Salah satunya dengan trik 20-20-20. Wah, gimana ya penjelasannya? Simak ulasan Hipwee Tips berikut ini ya.

1. Angka 20 pertama berlaku untuk 20 kaki. Istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan dari layar ke objek berjarak 20 kaki

Alihkan pandangan via alimustikasari.com

Advertisement

Tenang, kamu tak perlu repot-repot mengukur benda apa yang berjarak 20 kaki kok. Yang penting cobalah memalingkan mata ke objek yang jauh. Misalnya pohon di luar jendela, melihat mobil yang jauh, dan lain-lain. Kalau kamu berada di ruangan kecil, coba keluar dan “manjakan” mata kamu dengan fokus ke benda-benda jauh. Ini bisa membantu mata supaya nggak cepat lelah.

2. Angka 20 kedua adalah 20 detik. Artinya kamu perlu melakukan cara di atas selama 20 detik

Lakukan selama 20 detik via www.cosasdedeportes.es

Nggak usah khawatir takut meninggalkan kerjaan yang menumpuk karena harus memalingkan pandangan ke objek jauh. Cara pertama di atas cuma perlu kamu lakukan selama 20 detik kok. Tapi ada baiknya dilakukan sambil bangun dari tempat duduk, untuk meregangkan otot juga. Misalnya sambil membeli atau mengambil minum. Karena biar bagaimanapun minum juga penting untuk memastikan mata tetap lembab.

3. Nah, angka 20 yang terakhir artinya kamu harus melakukan metode ini setiap 20 menit sekali. Ingat ya, jangan malas…

Jangan malas ya~ via www.netdoctor.co.uk

Berada di depan layar dengan mata fokus ke sana selama 20 menit lamanya bisa membuat mata menegang. Ujung-ujungnya mata akan lelah, kering, dan mungkin juga sakit kepala. Kamu bisa membuat pengingat di depan layar untuk istirahat setelah 20 menit berlalu. Bisa juga dengan memasang alarm 20 menit sekali. Atau kamu juga bisa mengunggah aplikasi 20-20-20 yang banyak tersedia di toko aplikasi.

Advertisement

Kini, teknologi seperti komputer atau ponsel sudah jadi penunjang segala aktivitas. Tanpa mereka, kita akan kesulitan melakukan pekerjaan sehari-hari. Sebenarnya bukan komputernya yang harus dihindari, tapi cara penggunaannya saja yang harus diubah. Lagipula, mata manusia biasanya mengedip 15 kali dalam 1 menit. Tapi saat berhadapan dengan gadget, kedipannya bisa berkurang 3 kali lipatnya lho!

Makanya, mulai sekarang, terapkan metode mudah di atas ya, demi kesehatan mata yang lebih sehat. ‘Kan malah berabe kalau mata bermasalah dan justru tak bisa dipakai bekerja dengan lancar…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya