Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Kebiasaan ini Saat Mandi, Segera Revisi atau Bahaya Menghampiri

Kebiasaan saat mandi yang bahaya

Nggak cuma menghilangkan bau badan, mandi juga bisa membuat tubuh jadi lebih bersih dan segar. Sensasi air yang membasahi kulit bisa membantu melemaskan otot dan membuat tubuh jadi lebih tenang. Sayangnya, terkadang orang nggak sadar bahwa kebiasaan saat mandi pun perlu diperhatikan. Kalau asal bisa-bisa kulit jadi kering, gatal, bahkan sampai eksim.

Berikut beberapa kebiasaan keliru saat mandi yang ternyata dapat berimbas pada tubuh kita.

1. Terlalu lama mandi air hangat. Bikin rileks memang, tapi jangan kebablasan

mandi air hangat terlalu lama via plumbertotherescue.com.au

Advertisement

Mandi air panas terlalu sering bisa mengganggu produksi minyak tubuh yang bikin kulit jadi rentan kering. Nggak cuma itu, pemakaian air panas juga bisa membawa sirkulasi darah ke kulit yang membuatnya jadi merah dan rentan ruam. Daripada membahayakan, baiknya mandi air hangat nggak lebih dari 5 hingga 10 menit aja.

2. Pakai sabun mandi yang tanpa kandungan pelembap yang bikin kulit jadi kering, apalagi di cuaca yang panas kayak sekarang ini

sabun tanpa pelembap via www.dailymail.co.uk

Pemakaian sabun mandi tanpa pelembap juga bisa bikin kulit jadi lebih kering dan bersisik. Lebih baik gunakan sabun mandi yang mengandung Asam stearat atau mencantumkan kata ‘melembapkan’ pada kemasannya.

3. Kecenderungan melewatkan spot belakang tubuh yang bisa bikin punggung rentan berjerawat

melewatkan spot di punggung via www.shape.com

Area tengah punggung merupakan kawasan yang sering terlewat disabuni. Padahal, area ini jadi tempat berkumpulnya keringat penyebab jerawat dan plak. Kalau kebisaaan ini diterus-terusin, jangan tanya kalau area punggungmu jadi berjerawat atau biang keringat. Mending pakai shower puff yang ada pegangannya deh!

4. Ternyata keseringan keramas juga jadi salah satu kebiasaan nggak baik saat mandi lo!

keseringan keramas via www.cosmo.ph

Advertisement

Keseringan keramas bisa membuat produksi minyak pada rambut jadi berkurang yang mana bikin rambut makin kusam. Makanya, kamu yang punya rambut tipis hanya disarankan untuk keramas dua kali seminggu. Bahkan, jika rambutmu keriting, cukup keramas satu minggu sekali aja.

5. Meski bisa menghasilkan banyak busa, menggosok rambut dengan kuku jari justru banyak ruginya

gosok pakai jari via www.byrdie.com

Selain bikin kulit kepala perih, menggosok dengan kuku jari juga bisa membuatnya mengelupas. Penting juga untuk nggak mengosok rambut dengan agresif supaya ujungnya nggak bercabang.

6. Malas mengganti puff atau loofah terlalu lama bisa memicu bakteri yang ada di kamar mandi

malas ganti puff via mambee.com

Gantilah puff-mu ketika sudah dipakai lebih dari sebulan. Setelah mandi, kamu juga perlu mengeluarkan dan mengeringkan puff supaya nggak lembap. Udara di kamar mandi bisa membuat puff jadi lembap dan rentan terhadap bakteri.

7. Nggak langsung pakai losion atau pelembap lain setelah mandi, nunggu badan kering dulu. Padahal rugi!

menunda mengoles pelembap via www.thehealthy.com

Melansir dari laman Huffpost, kita dianjurkan untuk pakai losion atau pelembap setidaknya tiga menit setelah mandi agar menyerap sempurna ke kulit. Sesaat setelah mandi, tepuk sisa air yang ada di badanmu dengan lembut tapi usahakan untuk meninggalkan beberapa tetes, ya! Kemudian oleskan pelembap yang mengandung ceramide lalu pijat di seluruh tubuhmu.

Kebiasaan nomor berapa yang masih sering kamu lakukan saat mandi? Kurang-kurangin biar nggak mubazir, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE