6 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Masuk Angin. Sering Telat Makan Jelas Masuk Lis

Penyebab masuk angin

Istilah masuk angin cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebenarnya, masuk angin bukanlah penyakit jika ditinjau dari segi medis, masuk angin hanya merupakan sebutan untuk menggambarkan kondisi seseorang yang sedang mengalami keluhan seperti demam, mengigil, nyeri otot, pegal, dan perut kembung.

Advertisement

Beberapa orang menganggap masuk angin ini disebabkan oleh banyaknya angin yang masuk ke tubuh. Nggak keliru memang, tapi tentu masuk angin juga ada pemicunya. Berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebab seseorang mengalami masuk angin.

1. Sering keluar malam jadi salah satu pemicu masuk angin

sering keluar malam via lifestyle.okezone.com

Suhu udara yang cenderung rendah di malam hari membuat rambut hidung mengalami penurunan fungsi. Nah, makanya kita jadi sering bersin dan mendadak flu pada malam hari. Nggak cuma itu, udara malam pun bisa membuat perut jadi kembung dan terisi gas.

2. Kamu yang malas berolahraga juga rentan kena masuk angin lo!

malas olahraga via hellosehat.com

Orang yang cenderung menghindari olahraga memiliki daya tahan dan stamina yang kurang baik. Akibatnya, ukuran pembuluh darah yang dimiliki menjadi kecil dan rentan terkena masuk angin.

Advertisement

3. Pemicu lain masuk angin ialah kebiasaan begadang yang membuat seseorang jadi kurang tidur

begadang via www.idntimes.com

Melansir laman Kompas, penelitian yang dimuat di jurnal Archives of Internal Medicine, kekurangan tidur bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan kemampuannya melawan virus penyebab penyakit. Makanya, kalau nggak mau masuk angin, cukupi kebutuhan tidurmu, ya!

4. Kelamaan di ruang ber-AC juga bisa membuatmu terserang masuk angin

lama di ruang ac via natur-e.co.id

Penelitian yang dilakukan Dr Dan Teculescu di Inggris, Italia, dan Skandinavia menemukan, terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Selain infeksi pernapasan, beberapa orang juga sering mengeluh bersin-bersin karena sirkulasi udara yang kurang baik.

5. Penyebab yang lain ialah keseringan menunda makan atau telat makan

menunda makan via natur-e.co.id

Kebiasaan melewatkan makan bisa membuat perut jadi kembung dan menyimpan banyak gas. Kalau gas menumpuk, perut pun jadi mual dan terasa ingin muntah. Makanya, kamu selalu dianjurkan untuk makan teratur supaya nggak mudah masuk angin.

Advertisement

6. Kehujanan juga jadi penyebab masuk angin yang lainnya

kehujanan via health.detik.com

Hujan bisa membuat suhu tubuh menurun secara drastis. Akibatnya, energi pun jadi ikut turun dan membuat sistem kekebalan tubuh terganggu. Kalau terlalu lama, ini bisa membuatmu masuk angin lo!

Saat sedang masuk angin, usahakan agar tubuhmu tetap terhidrasi. Minumlah air hangat supaya tubuhmu nggak menggigil dan makin parah. Kalau tiga hari nggak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE