6 Manfaat Tersembunyi Kertas Minyak Wajah Selain Menyerap Sebum. Lebih Oke Ketimbang Tisu

Kertas minyak

Bicara tentang kertas minyak, ada dua jenis kertas yang terlintas di kepala kita, kertas minyak makanan atau kertas minyak nasi dan kertas minyak khusus wajah. Nah, yang bakal kita bahas adalah kertas minyak wajah yang memiliki daya serap tinggi terhadap sebum atau minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Karena kemampuannya yang ampuh menyerap minyak wajah, kertas minyak warna putih mayoritas ini sering dimanfaatkan untuk menghilangkan kilap di wajah dalam sekejap.

Advertisement

Nah, ternyata selain menyerap minyak pada wajah, kertas minyak yang praktis dibawa ke mana-mana ini juga punya kegunaan lain yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Pun nggak semuanya berhubungan dengan perawatan wajah semata. Kira-kira untuk apa saja, ya?

1. Membantu pengaplikasian makeup dasar berbasis krim atau cair yang meninggalkan minyak di wajah

alas bedak lebih menempel via dailyvanity.sg

Selain untuk menyerap minyak wajah agar nggak terlihat mengilap, terutama saat terpapar terik matahari, kertas minyak wajah juga bisa kamu manfaatkan untuk membantu pengaplikasian makeup agar lebih merata dan bebas kilap. Kamu bisa gunakan setelah pengaplikasian makeup dasar seperti tabir surya, pelembap, atau alas bedak yang berbasis krim atau cair karena produk ini sering kali meninggalkan minyak di wajah.

Nah, setelah menggunakan kertas ini, barulah kamu dapat mengaplikasikan makeup tanpa khawatir terganggu oleh minyak yang ditimbulkan oleh makeup dasar.

Advertisement

2. Memberikan efek matte pada lipstik sehingga tampak lebih longwear atau nggak gampang luntur

lipstik lebih tahan lama via id.priceprice.com

Kadang efek yang ditimbulkan lipstik matte nggak bisa maksimal atau bahkan mudah luntur jika digunakan untuk makan dan minum.  Nah, selain menggunakan bedak tabur, kamu juga bisa memanfaatkan kertas minyak yang biasa digunakan untuk menyerap sebum. Caranya mudah, pulas tipis lipstik, tunggu beberapa saat dan tekan lembut bibir menggunakan kertas minyak, lalu aplikasikan kembali lipstikmu.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan kertas minyak untuk bibir setelah makan makanan yang berminyak. Tinggal katupkan bibir beberapa kali pada kertas minyak yang diletakkan di bagian tengah bibir, minyak yang menempel pun akan lenyap.

3. Sebagai pengganti setting spray agar makeup yang kamu aplikasikan lebih tahan lama

Advertisement

pengganti setting spray via ceknricek.com

Kalau kamu terbiasa menggunakan makeup setiap hari, sudah pasti setting spray jadi produk andalan yang mesti selalu dibawa ke sana ke mari. Tujuannya supaya makeup di wajahmu bisa awet sepanjang hari. Lalu gimana kalau nggak ada setting spray? Tenang, kamu bisa menyiasatinya dengan kertas minyak bisa biar riasanmu tetap tahan lama.

Caranya, tepuk-tepuk wajah dengan kertas minyak setelah selesai mengaplikasikan makeup. Trik ini akan menyerap kelebihan minyak dari produk makeup yang kamu aplikasikan, sekaligus bikin alas bedak lebih menempel di kulit wajah. Setelah itu, sapukan setting powder untuk membuat riasan terlihat lebih sempurna. Yakin deh habis ini makeup-mu bakal tahan lebih lama.

4. Kalau kamu lupa bawa dry shampoo padahal rambut lagi lepek-lepeknya, tepuk-tepuk kulit kepalamu pakai kertas minyak aja~

atasi rambut lepek via www.bustle.com

Saat nggak sempat keramas, rambut yang lepek sudah pasti menghantui, apalagi kalau kamu beraktivitas di luar ruangan dan terpapar panas matahari. Kalau lagi bad hair day kayak gini, biasanya tinggal gosok-gosok dry shampoo saja. Tapi kalau nggak ada dry shampoo, kertas minyak pun bisa jadi solusi.

Caranya, ambil beberapa helai kertas minyak lalu gosokkan pada kulit kepala untuk menyerap minyak berlebih pada rambut. Namun kamu bakal membutuhkan banyak lembaran kertas minyak, sehingga perlu kesabaran saat melakukan trik ini.

5. Kertas minyak juga bisa menyempurnakan fungsi tisu untuk membersihkan tangan atau mulut yang kotor atau berminyak di perjalanan

untuk membersihkan noda jalanan via www.istockphoto.com

Saat lagi menyantap makanan atau minuman di perjalanan, terkadang tangan atau mulut kita jadi belepotan, dan nggak segera bersih padahal sudah dilap pakai tisu. Nah, selagi nggak ada air, kertas tisu bisa difungsikan di sini. Usapkan saja kertas minyak pada bagian tangan atau mulut yang terkena noda minyak dari makanan atau air dari minuman. Setelah itu baru dilap ulang dengan tisu biasa atau tisu basah.

6. Jangan salah, kertas minyak pun bisa difungsikan untuk membersihkan layar ponsel lo!

membersihkan layar HP via www.which.co.uk

Layar ponsel yang kotor jadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah, apalagi kalau kamu sering menyentuhnya setelah bermain ponsel. Terlebih saat kamu melakukan panggilan lewat ponsel, maka minyak pada wajah bisa menempel pada layar ponsel, bikin debu dan kotoran juga menempel, dan akhirnya jadi sarang kuman. Karena inilah, ponsel harus rutin dibersihkan. Tahukah kamu? Ternyata kertas minyak dapat membersihkan layar ponsel lebih baik dibandingkan tisu atau kain lap lainnya lantaran kertas minyak lebih ampuh menyerap minyak pada layar ponsel.

Terbukti bukan kalau kertas minyak tak hanya berfungsi untuk menyerap sebum yang berlebihan di wajah? Jadi, manfaatkan kertas minyak wajah milikmu lebih maksimal lagi, yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE