8 Pentingnya Pakai Kipas Laptop yang Kerap Disepelekan. Padahal Bisa Cegah Lemot dan Kerusakan

Kipas laptop

Mungkin nggak banyak dari kamu yang paham bahwa fungsi kipas laptop sangatlah penting, terutama kipas laptop internal. Ketika kipas laptop berputar kencang dan mulai berbunyi, ini tandanya kipas mesti dibersihkan. Tapi kalau belum juga baikan, mungkin kamu perlu menggunakan kipas eksternal atau cooling fan laptop yang dapat membuat kinerja laptop jadi lebih maksimal meski nggak memengaruhi suhu mesinnya.

Advertisement

Ada banyak faktor yang membuat laptop perlu menggunakan kipas eksternal, seperti suhu ruangan yang terlalu tinggi hingga material meja yang tak menyerap panas. Daripada laptopmu bermasalah, lebih baik pertimbangkan penggunaan kipas laptop external ini. Berikut manfaat yang bakal kamu dapat ketika menggunakan kipas laptop eksternal.

1. Ketika kipas laptop internal rusak, kipas ekternal dapat menggantikan perannya atau setidaknya mendukung kinerjanya

pengganti internal | credit: Laptop AXS via laptopaxs.com

Semakin sering dan semakin lama digunakan, kinerja laptop akan mengalami penurunan. Salah satu bagian yang mungkin rentan rusak ialah kipas internalnya. Biasanya, kerusakan ini ditandai dengan kipas laptop berbunyi kencang dan putarannya tak beraturan. Kalau sudah begini, otomatis laptop butuh pendingin baru agar tak mengalami overheat.

Solusi paling mudah yakni menggunakan kipas eksternal. Walau bentuknya kurang ringkas, setidaknya penggunaan kipas ini dapat membuat suhu laptop lebih stabil meski internalnya mengalami penurunan kinerja.

Advertisement

2. Penggunaan kipas laptop Asus atau merek lain dapat mencegah kemungkinan laptop mengalami overheat

terhindari dari panas | credit: Best Advisor via www.bestadvisor.com

Pemakaian laptop yang terlalu lama dapat membuatnya cepat panas hingga mengalami overheat. Apalagi kalau laptop ditaruh di alas yang kurang tepat, di atas kasur misalnya. Karena sirkulasi udaranya terganggu, laptop akan mengalami peningkatan suhu, akibatnya kinerjanya akan menurun dan jadi nggak optimal. Untuk itu, kamu butuh kipas pendingin laptop agar sirkulasi udaranya bisa kembali normal dan laptop dapat bekerja lebih maksimal.

3. Dengan memakai kipas laptop terbaik, kamu hampir nggak akan pernah mengalami masalah laptop yang lamban alias lemot

laptop lemot | credit: Tim Samuel via www.pexels.com

Saat laptop mengalami kenaikan suhu, biasanya kinerjanya juga akan melambat. Akibatnya, laptop tak bisa digunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus. Makanya, gunakan kipas laptop Acer, kipas laptop Lenovo, atau merek oke lainnya yang sekiranya memang bisa mempercepat kinerja laptopmu. Pastikan kamu memilih kipas laptop berkualitas agar clock speed pada prosesor nggak mengalami penurunan dan memicu overheat.

4. Fungsi kipas laptop eksternal lainnya yakni mencegah kemungkin laptop mati tiba-tiba

laptop mati mendadak | credit: Forbes via www.forbes.com

Biasanya kalau kipas laptop internal mati, laptop juga sering mati mendadak. Nah daripada marah-marah karena kerjaan jadi nggak selesai, mending gunakan kipas eksternal untuk meminimalisir kemungkinan tersebut. Kalau kena prosesor seram, lo! Ongkos servisnya bisa setengah dari harga laptopnya sendiri, apa nggak sayang?

Advertisement

5. Kipas eksternal dapat mengurangi bunyi dari dalam mesin akibat kerusakan internalnya

laptop bunyi | credit: Klik n Klik via kliknklik.com

Ketika kipas laptop bunyi keras, minimalisir bunyinya dengan menggunakan kipas eksternal sebagai pengganti kipas internalnya yang rusak. Meski tak jarang ada kipas eksternal yang berbunyi juga, setidaknya ini lebih bisa diterima daripada kipas laptop Asus berisik. Lagipula, sekarang juga ada merek kipas eksternal yang nggak mengeluarkan bunyi sama sekali, tapi harganya menyesuaikan.

6. Kipas eksternal laptop juga dapat digunakan untuk jadi tatakan yang lebih aman dan nyaman

tatakan laptop | credit: Targus via www.targus.com

Coba deh cek di mana letak lubang ventilasi laptopmu? Kalau ternyata ada di bagian bawah, artinya kamu butuh kipas laptop. Apalagi kalau kamu sering memangku laptop. Dengan menggunakan kipas laptop, kamu tak akan lagi mengeluhkan hawa panas di sekitar paha kaki yang menjadi pangkuan. Walau bentuknya nggak ramping, setidaknya benda ini bisa membuatmu lebih nyaman dan terbebas dari keluhan.

7. Berkat desain dan modelnya yang beragam, kipas laptop eksternal dapat dijadikan aksesori tambahan untuk mempercantik tampilan laptop

percantik tampilan | credit: Make Tech Easier via www.maketecheasier.com

Jika dulu kipas laptop eksternal bentuknya selalu tebal, memanjang, dan makan tempat, sekarang ada beberapa merek kipas laptop yang menyajikan desain ringkas sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Nah, kipas eksternal model baru sedang banyak diburu para penggunanya karena dapat mempercantik tampilan laptop selain fungsi krusial lainnya.

8. Dengan menggunakan kipas eksternal, usia laptop akan lebih panjang

perpanjang umur | credit: Coolest Gadget via www.coolest-gadgets.com

Sebelum kipas laptop bunyi krek dari internalnya, mending segera gunakan kipas eksternal. Pasalnya, saat kipas internal mulai berbunyi, itu tandanya laptop sudah mengalami overheat dan mesti buru-buru distabilkan lagi suhunya. Karena kalau tidak, suhu yang terlalu tinggi ini bisa merusak prosesor laptop. Dari sini, secara nggak langsung terbukti bahwa kipas eksternal dapat memperpanjang usia laptop.

Mengingat fungsinya yang cukup banyak, jangan tunda lagi untuk menggunakan kipas laptop eksternal untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi. Jangan khawatir, harga kipas laptop Shopee murah-murah kok. Tinggal pilih yang sesuai bujet saja. Mending beli murah, daripada nggak pakai sama sekali.

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE