Alasan Kenapa Makanan yang Dikukus Jadi Menu Paling Sehat

Untuk makanan sehari-hari, kalian lebih mementingkan kekenyangan atau kesehatan, nih? Cara kita mengolah makanan berpengaruh terhadap kesehatan kita, lo! Kalau kalian mau mendapatkan gizi terbaik, makanan yang dikukus bisa banget masuk ke wishlist kamu. Selain itu, kegiatan cuci-mencuci juga lebih gampang karena nggak akan ada minyak yang nempel atau wajan yang gosong. Jadi, apa aja, sih, manfaat mengukus untuk kesehatan yang juga jadi alasan kenapa makanan yang dikukus itu adalah makanan paling sehat?

1. Menjaga nutrisi dalam makanan

makanan dikukus paling sehat

Sayur-sayuran dan buah alpukat | Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Advertisement

Ketika makanan dimasak dengan panas dan minyak, sebagian besar vitamin dan nutrisinya bakalan hilang, terutama vitamin yang mudah larut dalam air seperti B dan C. Di sisi lain, mengukus menjaga sekitar 90% nutrisi dalam makananmu tetap utuh. Selain itu, rasa dan warna alami juga bisa dipertahankan, lo. Yakin, deh. Makanan kamu bakal jadi natural banget!

2. Teksturnya tetap segar

makanan dikukus paling sehat

Sayuran sehat dalam sebuah kantong | Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

Metode mengukus juga membantu makanan mempertahankan bentuk dan teksturnya karena nggak ada kontak langsung dengan panas yang ekstrem. Mengukus membuat makanan tetap lembap tanpa membuatnya tergenang air. Gampangnya, sayuran kukus nggak bakal lembek dan loyo, tapi tetap segar dan renyah.

Sementara itu, mengukus ikan, ayam, dan daging nggak akan bikin mereka mengering, mengeras, atau mengerut seperti cara masak yang lain. Mengukus makanan yang mengandung protein membuat mereka tetap juicy, lembut, dan menggugah selera.

Advertisement

3. Menurunkan kolesterol

makanan dikukus paling sehat

Sayur hijau, bawang, dan labu | Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Mengukus bisa menghilangkan lemak dari protein seperti ayam dan ikan. Cara masak ini juga nggak butuh minyak, sehingga nggak ada lemak tambahan apa pun. Beda ceritanya kalau kamu masak dengan satu sendok makan minyak sayur, makananmu akan bertambah 120 kalori dan 14 gram lemak. Karena itu, makan makanan yang dikukus artinya kamu makan makanan bebas kolesterol dan kamu nggak perlu khawatir tentang angka itu lagi.

4. Mudah dicerna

makanan dikukus paling sehat

Sayur-mayur yang mudah dicerna | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Mengukus melembutkan serat dalam makananmu dan membuatnya lebih mudah dicerna, sehingga tubuhmu bisa menyerap dengan sempurna semua kebaikan dari nutrisi yang ada. Hal ini tentunya membuat kamu jadi lebih sehat, dong!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE