7 Cara Mencuci Piring yang Efektif, 100% Bersih dan Hilangkan Kuman

cara mencuci piring

Kamu tipikal yang suka memasak dan makan di rumah nggak? Kalau iya, nyupir alias nyuci piring adalah kegiatan yang nggak bisa lepas dari urusan rumahmu. Meski begitu, rasa malas untuk langsung cuci piring sering muncul setelah makan dan kenyang. Padahal menumpuk piring kotor itu bisa mendatangkan penyakit lo!

Advertisement

Sebenarnya, yang bikin malas nyuci piring itu adalah prosesnya yang terkesan ribet. Untuk itu, kali ini Hipwee Tips bakal kasih kamu 7 cara sederhana agar kegiatan mencuci piring di rumah lebih efektif dan efisien. Semoga setelah ini kamu nggak malas lagi melakukan tugas penting di dapur ini, ya!

1. Buang sisa makanan atau kuah yang mengandung minyak ke tempat terpisah

cara mencuci piring

Buang sisa makanan terlebih dahulu | Credit by www.inspiradata.com

Sebelum mulai nyuci piring, selalu buang semua sisa makanan yang ada. Langkah sederhana ini akan mencegah menumpuknya sisa makanan di lubang pembuangan yang akan menyita waktumu.

Atau kalau ada sisa kuah mengandung minyak seperti gulai, buang ke tempat terpisah agar minyaknya nggak menyumbat saluran pembuangan.

Advertisement

2. Bilas piring sebelum mulai mencucinya

bilas piring sebelum mencucinya | Credit by www.rekele.com

Sebelum mencuci piring, sebaiknya bilas dulu piring dengan cara membasuhnya menggunakan air mengalir. Piring yang basah dan tanpa sisa makanan akan lebih mudah dan bersih saat dicuci.

3. Jangan menumpuk piring kotor di bak cucian

trik cuci piring

Jangan menumpuk piring kotor di bak cucian | Credit by lifestyle.kompas.com

Tumpuk piring kotor di dalam baskom, setelah itu, barulah bilas satu persatu. Hal ini akan sangat membantu, karena banyak ruang kosong untukmu bekerja di bak cucian. Selain itu, air bilasan nggak akan mengenai piring lainnya. Menumpuk piring kotor di bak cucian hanya bikin kamu sumpek~

4. Rendamlah peralatan masak dengan noda membandel sebelum dicuci

rendam peralatan dengan noda membandel | Credit by mimshappy.edublogs.org

Rendamlah peralatan masakmu setelah digunakan untuk menghemat waktu dan mencegah kotoran yang nempel menjadi kerak saat kamu akan mencucinya. Kamu cukup merendam peralatan masak yang kotor dengan air dan sedikit sabun. Cara ini dinilai cukup efektif saat mencuci piring supaya menghemat waktu untuk menghilangkan noda membandel.

Advertisement

5. Mulailah dengan piring yang dirasa bersih lebih dahulu, atau malah gelasnya dulu

cara mencuci piring

mulai mencuci dengan piring yang paling bersih dahulu | Credit by www.edengracemaids.com

Agar efisien, cucilah piring yang menurutmu bersih terlebih dahulu. Karena kalau sebaliknya, spons yang kamu gunakan jadi kotor dan akan nempel ke piring selanjutnya. Dengan mendahulukan piring bersih, kamu nggak perlu bolak-balik membilas spons atau sikat cuci yang digunakan berulang kali.

6. Gunakan air panas, dan kenakan sarung tangan

cara mencuci piring

gunakan air panas dan kenakan sarung tangan | Credit by www.thedailymeal.com

Untuk menghemat waktu, cara yang bisa kamu lakukan saat mencuci piring adalah  menggunakan air panas atau hangat. Noda dan kotoran akan lebih mudah terangkat ketika dicuci dengan air panas. Biar tanganmu nggak cedera saat mencuci dengan air panas, gunakan sarung tangan yang cocok.

7. Tambahkan garam untuk membersihkan peralatan dengan noda membandel

cara mencuci piring

gunakan garam untuk hilangkan noda membandel bekas api | Credit by homehacks.co

Untuk membersihkan peralatan masak-makan dari noda bandel, kamu bisa gunakan abu gosok. Atau kalau nggak ada, kamu bisa gunakan garam. Untuk bekas gosong karena api di dalam peralatan masak, cukup tambahkan air, taburkan garam dan diamkan semalaman. Setelah itu rebus air garam di dalam agar noda tersebut bersih maksimal.

Itu dia 7 cara yang bisa kamu praktikkan dalam mencuci piring di rumah supaya dapat menghemat waktu. Bagaimana? Nggak perlu bete lagi melihat tumpukan piring kotor di bak cucian kalau kamu tahu trik yang bisa menghemat waktu dan tenaga. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE