Mood terkadang menjadi satu hal yang sulit sekali dicari saat kamu sedang menyusun skripsi. Otak rasanya sudah pengen mengerjakan, tapi mood bilang nanti saja! Hasilnya? Kamu pun memutuskan untuk main saja dengan teman-teman. Jadi, kapan selesainya skripsimu kalau pada akhirnya setelah main bersama teman badanmu menjadi kelelahan?

Memang sedikit rumit ya kalau sudah berhubungan sama mood. Kegiatan yang seharusnya kamu lakukan pun jadi terbengkalai karena terkendala mood. Padahal banyak lho makanan-makanan yang bisa meningkatkan mood. Nah di artikel kali ini Hipwee mau kasih kamu rekomendasi makanan-makanan yang bisa menopang mood kamu!

1. Tak perlu menyiapkan makanan yang ribet. Oatmeal atau sandwich telur bisa jadi pilihan ciamik untuk mengawali harimu.

Oatmeal sehat di pagi hari

Oatmeal sehat di pagi hari via plus.google.com

Advertisement

Jangan sampai deh mood kamu rusak seharian gara-gara kamu salah memulai harimu saat pagi. Sarapan di pagi hari itu sangat penting untuk membantu mood kamu seharian. Nggak perlu yang berat dan ribet, kamu bisa seduh oatmeal untuk sarapan, apalagi oatmeal sangat bisa kamu variasikan rasanya.

Mau pakai susu, madu, atau cuma gula dan garam juga enak kok. Selain itu, bisa juga kamu bikin sandwich telur yang lezat, lebih disarankan jika roti yang kamu pakai adalah roti gandum. Tau gak? Ini juga pas banget buat kamu yang lagi PMS, lho.

2. Mulai harimu dengan menyeduh secangkir kopi atau teh untuk menghangatkan tubuh dan pikiranmu.

Morning coffee

Morning coffee via www.nydailynews.com

Setelah sarapan, gak lengkap rasanya kalau gak minum yang hangat-hangat. Kopi dan teh yang memiliki kandungan kafein bisa banget untuk berperan jadi penolong mood kamu seharian Tak hanya mood enak dan nyaman yang kamu dapat, tapi badan yang segar dan hangat juga akan kamu rasakan setelahnya.

3. Yang ini memang bukan makanan, tapi manfaatnya gak bisa kamu remehkan. Apa lagi kalau bukan sinar matahari pagi yang menghangatkan?

Keluar di pagi hari, yuk

Keluar di pagi hari, yuk via tweets.seraph.me

Advertisement

Sudah tahu kalau matahari bisa memberi tubuhmu asupan vitamin D? Setelah ini, jangan malas lagi keluar ruangan untuk mendapatkan matahari pagi, ya! Karena matahari bisa memberikanmu vitamin D yang juga berguna untuk meningkatkan mood kamu selama seharian.

Kamu bisa memanfaatkan waktumu di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang sehat antara jam 7-9 pagi. Setelahnya, kamu bisa segera melanjutkan agendamu hari itu untuk melanjutkan mengerjakan skripsi.

4. Setelah menulis beberapa halaman, di siang hari kamu bakal mulai kelaparan. Konsumsi ikan yang mengandung omega 3, agar mood kerjamu tetap terjaga.

Apalagi makannya sama pacar, pasti lebih semangat

Apalagi makannya sama pacar, pasti lebih semangat via www.mytidings.com

Kamu yang mulai membutuhkan asupan di siang hari, makanlah ikan-ikanan sebagai lauk makan saingmu. Beberapa ikan yang bisa membuat mood kamu enak adalah ikan kembung, sarden, makarel, tongkol, teri, salmon, dan tuna. Makanan dari bahan ikan-ikan ini juga sangat mudah didapat disekitar kamu, bisa di warung Padang atau di warteg sekitar kosanmu. Setelah makan, gak ada alasan ‘kan untuk gak melanjutkan pekerjaanmu?

5. Buat kamu yang nggak suka ikan, bisa kok mengkonsumsi tahu yang dipadukan dengan sayur-sayuran.

Makan sayur, yuk

Makan sayur, yuk via cmudesignleague.tumblr.com

Sayur mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Sebenarnya sayuran apapun juga bagus bagi tubuh dan mood kamu. Tapi satu sayuran ini lebih handal dalam menghalau moodmu yang buruk dan membuatmu sekuat Popeye. Ya, bayam mengandung asam folat, antioksidan, dan vitamin B yang dapat membantu otak dan badanmu menjadi segar dan mencegahnya kekurangan energi yang menyebabkan perubahan suasana hati. Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi tahu untuk mendapatkan manfaat yang sama. Kandungan dalam tahu bisa membuat ototmu lebih rileks, dan membuatmu lebih santai.

6. Mengerjakan skripsi memang paling pas sambil “ngemil”. Dan teman yang paling tepat adalah cokelat!

Dark chocolate

Dark chocolate via www.marinmamacooks.com

“Chocolate is ground from the beans of happiness.”

Adakah kamu yang setuju kalau cokelat ditanam dari biji kebahagiaan? Begitu lah kata orang tentang cokelat. Karena makanan manis yang satu ini sudah terbukti sangat bisa membuat mood menjadi lebih bahagia. Jika kamu mau manfaat ini, pastikan kamu memilih coklat hitam ya, guys. Cokelat yang lebih murni atau disebut cokelat hitam mengandung zat-zat berguna seperti flavonol, phenethylamine, dan anandamide yang bisa menghasilkan hormon endorfin serta merilekskan tubuh.

7. Selain cokelat, buah-buahan juga cocok jadi temanmu saat berjuang menyusun kalimat demi kalimat di skripsimu.

Apa buah favoritmu?

Apa buah favoritmu? via www.entremodelos.com

Tak cuma cokelat, buah-buahan seperti stroberi, apel, alpukat, mangga, dan nanas, juga bisa kamu andalkan untuk menghalau rasa malas dan mood yang buruk. Kamu juga bisa kok mengkonsumsi buah-buah ini dalam bentuk jus. Pasti lebih asik kalau sambil mengerjakan skripsi, kamu menyeruput jus buah favoritmu.

8. Kreasikan camilan dengan madu, agar kamu mendapatkan manfaatnya yang baik bagi tubuhmu.

Madu dengan roti, selai, dan pisang

Madu dengan roti, selai, dan pisang via funny-pictures.picphotos.net

Roti dengan madu, teh dengan madu, jus dengan madu, atau madunya langsung saja yang kamu konsumsi? Semuanya boleh! Dengan rasa manis yang khas, madu pun bisa membuatmu lebih semangat. Jika otakmu rasanya sudah terbakar karena dipaksa terus membaca berlembar-lembar halaman, sekarang paling tidak kamu sudah punya sweet treat untuk menyegarkan diri kembali.

9. Untuk makan malam, sebaiknya pilih menu seperti pasta atau ayam yang ditambahi daging-dagingan.

Keliatannya enak

Keliatannya enak via www.tastespotting.com

Buat kamu yang gak mau makan berat kalau malam, bisa memilih pasta sebagai alternatif pengganti nasi, karena karbohidrat juga diperlukan untuk membantumu meningkatkan mood. Sedangkan kamu yang mau makan banyak saat malam, kamu bisa memilih menu ayam atau daging untuk membantu mood kamu tetap terjaga. Kandungan B12 pada ayam dan zat besi pada daging dapat membuatmu tetap semangat dalam aktivitas skripsimu pada malam hari.

Nah, itu dia makanan-makanan yang bisa kamu lahap demi menjaga mood seharian. Setelah ini, gak ada lagi deh alasan gak mood dan menunda-nunda pengerjaan tugas akhirmu! Semoga membantu, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya