Setelah beberapa hari ini bergelut dengan dunia perdagingan, kini saatnya kamu mulai menetralkan kembali kolesterol yang menumpuk tubuhmu. Meski fungsi utama kolesterol yang rupanya mirip lilin mengalir di peredaran darah ini adalah untuk membantu pembentukan sel baik, namun jika dikonsumsi berlebihan justru dapat menimbulkan beberapa penyakit lo.

Tapi tenang, meski kemarin sudah banyak makan olahan daging kurban, kamu bisa kok mengembalikan kadar kolesterolmu ke batas normal lagi.  Caranya, dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini!

1. Kandungan antioksidan dari sayuran hijau seperti mentimun dan sawi hijau terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

sayuran hijau via www.klikdokter.com

Advertisement

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga bisa mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah. Untuk itu, setelah makan daging, usahkan juga untuk mengonsumsi sayuran seperti bayam, mentimun, atau kol, ya!

2. Selain baik dikonsumsi untuk diet, kacang-kacangan juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol lo!

kacang-kacangan via buatlagi.com

Menurut penelitian, makan 2-3 porsi kacang per hari dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Rata-rata kolesterol yang diturunkan sekitar 10,2 mg/dl. Sementara itu, makan satu porsi kacang setiap hari pun membantu menurunkan risiko penyakit jantung fatal dan non-fatal sekitar 28%.

3. Kandungan omega-3 yang terkandung dalam beberapa ikan laut dipercaya dapat menurunkan kolesterol, risiko peradangan, dan stroke

ikan salmon via breakingnews.co.id

Ikan berlemak, seperti salmon dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk tubuh. Supaya kandungan gizi ikan nggak berkurang, kamu bisa memasak ikan dengan cara mengukus atau merebus. Ikan yang digoreng justru akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke lo!

4. Saat kolesterolmu naik, kamu bisa mengonsumsi oatmeal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuhmu

Advertisement

Oatmeal mengandung serat larut yang dipercaya dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Serat pada oatmeal juga dipercaya dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah lo! Untuk itu, setelah makan daging, baiknya kamu mengonsumsi oatmeal di pagi hari setelahnya, ya!

5.  Isoflavon yang terkandung dalam olahan kacang kedelai dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh

olahan kedelai via putranasa.com

Zat isoflavon ini bisa kamu temui di makanan yang berasal dari kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, dan kembang tahu. Meski begitu, ada hal yang harus kamu hindari ketika mengolah bahan makanan ini. Usahakan untuk nggak menggorengnya atau menggunakan minyak goreng jika ingin zat gizinya nggak berkurang.

6. Karena kaya akan asam lemak tak jenuh dan vitamin E, minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuhmu lo!

minyak zaitun via www.pinterest.co.uk

Kedua nutrisi ini dipercaya dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat dan menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik. Kamu bisa mencampurkan dua sendok minyak zaitun pada salad atau coba menggoreng dan menumis dagingmu dengan menggunakan minyak zaitun. Nggak harus saat Iduladha, kamu juga bisa mengganti minyak kelapamu menjadi minyak zaitun supaya lebih sehat.

7.  Zat inulin yang terkandung dalam pisang berguna untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi

Pisang akan membantu menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari sistem pencernaanmu. Nah, dengan begini kolesterol nggak akan masuk ke aliran darah dan menyumbat arterimu kan?

8. Bagian kulit apel yang mengandung pektin juga bisa menurunkan kolesterol jahat di tubuhmu

Pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan serta mengeluarkan urine dan feses. Antioksidannya yang kuat juga bisa menurunkan peradangan lo! Dengan rutin mengonsumsi apel, jantung akan jadi lebih sehat dan terhindari dari kolesterol jahat.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Sekarang nggak perlu takut lagi deh kalau kebanyakan makan daging, asal langsung imbangi dengan penawarnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya