7 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Manfaat air rebusan kacang hijau

Si hijau mungil dari jenis polong-polongan ini biasanya diolah menjadi beragam makanan manis dan gurih. Ada yang senang mengolah kacang hijau menjadi bubur, puding, isian roti basah, roti kering, hingga keripik atau rempeyek. Rasa legit dan gurih dengan tekstur yang lembut dan kriuk jika diolah jadi keripik membuat kacang hijau digemari banyak orang. Apalagi kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Advertisement

Namun, bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan kacang hijau jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati manfaat air rebusan kacang hijau, lo. Kandungan nutrisinya tetap sama dengan mengonsumsi kacang hijau langsung. Bahkan, jika kamu suka keduanya, maka kamu bisa mendapat lebih banyak manfaat. Jadi, jangan buru-buru membuang air rebusan kacang hijau saat mengolahnya, ya. Nah, seperti apa ragam manfaat air rebusan kacang hijau? Yuk, simak ulasan Hipwee berikut!

1. Nutrisi pada air rebusan kacang hijau bisa menjadi sumber nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan oleh tubuh

Manfaat air rebusan kacang hijau

Kacang hijau | Credit by luis_molinero on Freepik

Pada kacang hijau yang utuh mengandung banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat, protein nabati, asam folat, serat pangan, kalsium, zat besi, magnesium, natrium, zink, vitamin C, Vitamin B6. Nah, kandungan nutrisi kacang hijau ini ternyata bisa larut dalam air rebusan, lo. Jadi kamu juga bisa mendapat manfaat rebusan air kacang hijau ini untuk kesehatan. Supaya air rebusan kacang hijau bisa nikmat dikonsumsi, kacang harus dicuci bersih sebelum masuk perebusan, ya. Kamu juga bisa menambah gula merah atau madu untuk menambah rasa dan gizi.

2. Kandungan nutrisi pada air rebusan kacang hijau bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita, bagus untuk promil

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk pria bisa didapat karena kacang hijau dijadikan sumber protein nabati yang bisa meningkatkan kesuburan. Tak hanya bagi pria saja, kandungan asam folat dan omega tiga mampu menekan ovulasi sehingga bisa meningkatkan kesuburan pada wanita. Sehingga, manfaat air rebusan kacang hijau juga bagus untuk promil. Jika kamu ingin mendapat manfaat yang lebih banyak, jangan lupa untuk mengonsumsi kacang hijaunya juga, ya!

Advertisement

3. Kandungan asam folat pada air rebusan kacang hijau bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan membantu pembentukan otak janin

Air rebusan kacang hijau | Credit by Rizma Wibowo on Cookpad

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil bisa didapat dari kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat merupakan bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9 yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat bisa membantu pembentukan otak dan sel saraf pada janin. Sehingga, janin bisa tumbuh dengan baik dan mencegah terjadinya komplikasi saat kelahiran.

4. Air rebusan kacang hijau bisa membantu meredakan gejala asam lambung dan baik untuk pencernaan

Manfaat air rebusan kacang hijau bisa membantu meredakan gejala asam lambung karena kandungan pektinnya mampu menetralkan tingkat asam yang tinggi. Selain itu, sebagai serat pangan yang larut dalam air, pektin pada air rebusan kacang hijau juga bisa mencegah perut kembung dan begah karena membantu pergerakan makanan saat melewati usus. Sehingga, mengonsumsi air rebusan kacang hijau juga baik untuk pencernaan.

5. Kandungan glikemik yang rendah pada air rebusan kacang hijau sangat baik dikonsumsi penderita diabetes

Air rebusan kacang hijau murni | Credit by Amik Suparni on Cookpad

Advertisement

Olahan kacang hijau biasanya bersifat manis sehingga kurang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, nutrisi kacang hijau tetap bisa didapat dengan cara mengonsumsi air rebusannya tanpa tambahan gula. Kacang hijau memiliki kadungan glikemik yang rendah, sehingga bermanfaat untuk menormalkan kadar gula darah sesuai kebutuhan tubuh.

6. Air rebusan kacang hijau memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, bagus untuk mencegah anemia

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk anemia didapat karena kandungan zat besi pada kacang hijau cukup tinggi. Kondisi anemia terjadi karena hemoglobin rendah sehingga tidak bisa mengikat oksigen. Mengonsumsi air rebusan kacang hijau yang tinggi zat besi bisa membantu mengembalikan kadar hemoglobin sehingga sel darah merah bisa mengikat oksigen dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan kacang hijau 3 kali seminggu untuk mecegah anemia.

7. Manfaat air rebusan kacang hijau untuk merawat kecantikan kulit dan mengatasi rambut rontok

manfaat air rebusan kacang hijau

kacang hijau | Credit by topntp26 on Freepik

Air rebusan kacang hijau mengandung antioksidan dan antiinflamansi yang sangat baik untuk meredakan infeksi pada kulit berjerawat dan kulit yang iritasi karena sinar matahari. Kamu bisa memanfaatkan air rebusan kacang hijau untuk mengompres kulit yang mengalami iritasi.

Kamu juga bisa memanfaatkan ampas rebusan kacang hijau untuk masker dan lulur supaya kulitmu terasa lembut dan lebih cerah. Selain itu, manfaat air rebusan kacang hijau juga baik untuk rambut, lo. Kandungan zink di dalamnya bisa mengatasi masalah rambut rontok dan mencegah kebotakan.

Nah, itulah ragam manfaat air rebusan kacang hijau yang bisa kamu dapat jika mengonsumsinya secara rutin. Jika kurang suka dengan aromanya, kamu bisa menambahkan sedikit madu, gula merah, dan daun pandan. Selain mudah didapat dan pengolahannya yang praktis karena hanya direbus saja, air rebusan kacang hijau ini bisa jadi andalan nih untuk memenuhi nutrisi tubuh dan meencegah bahkan mengatasi masalah kesehatan hingga kecantikan. Yuk, dicoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE