7 Manfaat Air Rebusan Sereh dengan Berbagai Campuran Rempah. Sehat!

Manfaat air rebusan sereh

Sereh biasa dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang bisa menambah cita rasa masakan. Sereh nggak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu saja, aromanya yang khas dan sensasi hangat yang ditimbulkan membuat sereh juga dimanfaatkan untuk obat luar saat terkilir hingga pengusir nyamuk.

Advertisement

Manfaat sereh juga bisa kamu dapatkan untuk kesehatan dengan cara direbus. Manfaat air rebusan sereh ini ternyata sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, lo. Apalagi jika dicampur dengan berbagai rempah lain yang mampu menambah khasiatnya. Seperti apa manfaat air rebusan sereh dan kombinasinya dengan rempah-rempah? Yuk, simak informasi berikut ini!

1. Manfaat air rebusan sereh dan daun salam ampuh untuk menurunkan kolesterol dan asam urat

Sereh dan daun salam | Credit by Aleruana on depositphoto

Sereh memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup baik untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Untuk mendapat manfaat sereh yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan daun salam pada rebusan sereh. Menurut Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, manfaat rebusan sereh dan daun salam ini sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol dan asam urat.

Untuk mendapat manfaat air rebusan sereh dan daun salam pun cukup mudah, kamu hanya perlu merebus 400 ml air atau setara dengan 2 gelas, bersama 3 batang sereh yang sudah dimemarkan bersama 3 lembar daun salam. Rebus selama 30 menit atau hingga air tersisa setengahnya. Supaya rasanya lebih enak, kamu juga bisa menambahkan gula merah saat proses perebusan.

Advertisement

2. Rebusan sereh dan jahe berkhasiat untuk meredakan peradangan, sensasi hangat setelah meminum air rebusan ini bisa membuat tumbuh lebih nyaman

Manfaat air rebusan sereh

Jahe | Credit by Grafvision on depositphoto

Baik sereh dan jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi peradangan pada tubuh. Apalagi sereh juga memiliki antioksidan alami yang bisa melawan bakteri dan virus penyebab peradangan. Untuk mendapat manfaat dari air rebusan sereh dan jahe ini, kamu bisa merebus 200 ml air bersama 2 batang sereh yang dimemarkan dan 3-4 ruas jahe yang dipotong tipis.

3. Manfaat air rebusan sereh dan kayu manis baik untuk meredakan flu hingga detoksifikasi tubuh

Manfaat air rebusan sereh

Rebusan sereh | Credit by topntp on depositphoto

Batang sereh dan kayu manis dikenal sebagai bahan yang memiliki kandungan antivirus yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Apalagi untuk mengatasi gejala flu seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Selain itu, kedua bahan ini juga dikenal memiliki efek diuretik yang bisa melancarkan buang air kecil dan membersihkan tubuh dari kelebihan zat-zat yang nggak bermanfaat seperti kelebihan natrium.

Untuk membuat ramuan ini pun cukup mudah, rebus 500 ml air bersama 5 batang sereh dan 3 batang kayu manis atau 1 sendok teh bubuk kayu manis. Rebus hingga air tersisa setengahnya.

Advertisement

4. Air rebusan sereh dan kunyit baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kanker

Manfaat air rebusan sereh

Kunyit | Credit by thamkc on depositphoto

Sereh dan kunyit merupakan kombinasi terbaik untuk menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sehingga, mengonsumsi air rebusan sereh dan kunyit bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, gabungan sereh dan kunyit bisa membentuk antikanker dan mampu membunuh sel kanker secara perlahan.

Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa merebus 400 ml air dengan 2 batang sereh yang dimemarkan dan 3 ruas jari kunyit segar atau 1 sendok teh kunyit bubuk. Kemudian rebus hingga menyisakan air setengahnya.

5. Buat kamu yang memiliki masalah atau gangguan pernapasan, coba deh manfaat air rebusan sereh dan jeruk nipis atau lemon

Manfaat air rebusan sereh

Jeruk nipis | Credit by sregpoznansky on depositphoto

Kandungan antioksidan yang tinggi pada sereh dikombinasi dengan jeruk nipis atau lemon yang memiki kandungan vitamin C tinggi, ternyata sangat baik untuk mengatasi gangguan pernapasan, lo. Kamu bisa mencampurkan 2-3 sendok makan perasan jeruk tersebut pada segelas air rebusan sereh. Selain bisa meringankan gangguan pernapasan, manfaat air rebusan sereh dan jeruk nipis ini juga bisa menghilangkan bau mulut, lo.

6. Manfaat air rebusan sereh dan apel hijau ampuh untuk mengatasi nyeri sendi

Manfaat air rebusan sereh

Apel hijau | Credit by belchonock on depositphoto

Apel hijau diketahui memiliki kandungan gizi dan vitamin yang lebih baik dari pada apel merah, selain itu kandungan gulanya pun cukup rendah. Vitamin A, B, C dan K serta kandungan kalsium yang tinggi pada apel hijau ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatasi nyeri sendi. Khasiat apel hijau ini akan lebih terasa ketika dikombinasi dengan sereh.

Manfaat air rebusan sereh dan apel hijau sangat efektif untuk mengatasi nyeri dan peradangan pada sendi, baik karena faktor usia maupun akibat cedera. Cara membuatnya pun cukup mudah, rebus 1 liter air, tambahkan 2 butir apel hijau yang dipotong tanpa dikupas, bersama 5 batang sereh. Rebus hingga apel jadi empuk.

7. Manfaat air rebusan sereh dan madu baik untuk mengatasi masalah pencernaan

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi

Madu | Credit by Oksixx on depositphoto

Buat kamu yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan BAB yang nggak lancar, coba deh konsumsi air rebusan sereh dan madu. Sereh memiliki kandungan antibakteri yang biasanya menjadi penyebab masalah pencernaan. Sementara madu bisa meredakan nyeri dan memperlancar pencernaan. Caranya pun cukup mudah, tinggal mencampurkan 1 sendok makan madu pada segelas air rebusan sereh.

Wah, ternyata manfaat air rebusan sereh banyak sekali ya, apalagi jika dikombinasi dengan berbagai rempah dan bahan alami lainnya. Selain bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit, air rebusan sereh juga bisa membersihkan kulit wajah dan mengasi ketombe, lo.

Namun, hati-hati dengan efek samping air rebusan sereh ya. Sebab, jika dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan mulut kering, buang air kecil berlebihan, kantuk dan sakit kepala. Supaya nggak berlebihan, kamu bisa mengonsumsinya 2 kali seminggu untuk pencegahan dan 4-5 kali seminggu untuk pengobatan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE