7 Manfaat Jus Seledri yang Dicampur dengan Sayur dan Buah Lain, Nggak Pahit dan Menyehatkan

Manfaat jus seledri

Awal tahun 2019 lalu, tengah viral tantangan mengonsumsi jus seledri. Konon katanya daun aromatik ini bisa mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh. Pasalnya dalam seledri terkandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan K, mineral folat, potasium, serta zat antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Lebih baik patuhi aturan minum jus seledri supaya khasiatnya benar-benar didapat — minum di pagi hari sebanyak 400 ml. Menurut Rachele Pojednic, Ph.D, profesor nutrisi dari Simmons College dalam laman Eating Well, jus seledri yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan reaksi kimia dan memengaruhi metabolisme tubuh.

Advertisement

Karena memiliki efek samping, minumlah jus seledri dengan lebih bijak. Ada baiknya jus seledri dicampur dengan sayur atau buah lain supaya rasanya lebih enak dan makin banyak seratnya. Berikut manfaat minum campuran jus seledri jika dikonsumsi dengan benar.

1. Salah satu manfaat jus seledri dan timun yang paling terbukti yakni menstabilkan tekanan darah tinggi

jus seledri dan timun | credit: Commons Wikimedia via commons.wikimedia.org

Dalam jus seledri dan timun terdapat kandungan phytochemical yang dapat melemaskan jaringan dinding arteri, mengutip laman Healthline. Secara nggak langsung, kandungan ini bisa meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darahmu lo! Bahkan menurut laporan yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Review, 14 dari 16 pasien hipertensi mulai membaik setelah mengonsumsi jus ini.

2. Masalah penglihatan di hari tua dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi jus seledri yang dicampur wortel

jus seledri dan worrtel | credit: PxHere via pxhere.com

Karena sama-sama mengandungan vitamin A, manfaat jus seledri dan wortel tak perlu diragukan lagi. Kedua sayuran ini dapat melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus. Berkat kandungan vitamin A yang cukup tinggi, campuran jus ini mampu mencegah katarak dan masalah penglihatan lain yang erat kaitan dengan usia.

Advertisement

3. Beberapa orang yang menjajal cavalry challenge sebenarnya penasaran akan manfaat jus seledri untuk diet. Nyatanya memang terbukti lo!

jus seledri dan nanas | credit: Face to Feet via today.line.me

Jus seledri yang dicampur dengan nanas terbukti dapat mengeluarkan racun dan sisa makanan yang sulit dicerna tubuh. Nah, salah satu manfaat jus seledri dan nanas yang mungkin akan didapat dengan cepat yakni pencernaan jadi lebih lancar. Pasalnya, campuran buah dan daun aromatik ini memiliki kadar serat tinggi yang dapat dijadikan pencahar alami. Secara nggak langsung jus seledri dan nanas akan mempercepat proses penurunan berat badanmu.

4. Beda dengan manfaat seledri lain yang fokus ke kesehatan. Manfaat jus seledri lemon justru lebih ke kecantikan

jus seledri lemon | credit: 1zoom via www.1zoom.net

Banyak sekali manfaat jus seledri lemon untuk kecantikan, seperti mengobati jerawat hingga mengencangkan kulit. Berkat kandungan vitaminnya yang tinggi, konsumsi jus seledri rutin dapat membuat kulitmu tampak lebih muda dan segar. Bahkan kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari pun bisa perlahan membaik. Karena memiliki sifat anti inflamasi, jus seledri lemon juga dapat meredakan jerawat meradang lo!

5. Banyak sekali manfaat jus seledri dan apel, salah satunya untuk meningkatkan fungsi ginjal

jus seledri apel | credit: Metro UK via metro.co.uk

Berkat kandungan vitamin dan zat besinya yang tinggi, jus seledri dapat melindungi organ ginjal dan lever secara alami. Saking bagusnya manfaat jus seledri untuk ginjal, minuman ini direkomendasikan untuk para pengidap penyakit ginjal kronis. Mengutip laman Hello Sehat, penderita ginjal kronis boleh mengonsumsi jus seledri dan apel dalam kondisi perut kosong di pagi hari dengan dosis yang dianjurkan selama 24 sampai 52 minggu untuk meredakan sakitnya.

Advertisement

6. Masih ada lagi khasiat jus seledri, yakni mengatasi asam urat. Konon manfaat jus seledri untuk asam urat akan makin bagus jika kamu mencampurnya dengan kacang panjang atau sayuran hijau lainnya

jus seledri kacang panjang | credit: Roman Rvachov via fr.123rf.com

Manfaat jus seledri dan kacang panjang terbukti efektif karena keduanya memiliki kandungan beta-selinene dan luteolin yang mampu menstabilkan asam urat dalam tubuh. Supaya khasiatnya benar-benar terasa, kamu dapat mengonsumsi jus seledri dan kacang panjang tiap dua atau tiga hari sekali. Selain dijadikan jus, seledri dan kacang panjang juga dapat dimakan mentah atau dicampur ke menu masakan lainnya. Khasiatnya akan sama dengan manfaat jus seledri lokal kok.

7. Terakhir yang nggak kalah menarik yakni manfaat jus seledri dan tomat untuk mencegah menopause dini dan meningkatkan kesuburan

jus seledri tomat | credit: Nadya Panda via cookpad.com

Antioksidan yang tinggi dalam seledri mampu menurunkan risiko dan mencegah menopause dini terjadi. Menguti laman Sehatq, jus seledri mampu meningkatkan kesuburan dan mencegah kerusakan sel mani laki-laki. Tapi jangan dikonsumsi berlebihan karena bisa menyebabkan infertilitas dan malah mengganggu kesuburan.

Amannya, minumlah jus seledri yang sudah dicampur tomat 4 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan. Untuk mendapatkan manfaat jus seledri dan tomat yang lebih optimal, konsumsilah selama 27 hari. Sedang manfaat jus seledri untuk ibu hamil adalah untuk menurunkan tekanan darah hingga mencegah pendarahan pasca persalinan.

Sempat ada yang menyebut kalau jus seledri berbahaya. Padahal selama aturan minumnya benar-benar ditaati, manfaat jus seledri akan didapatkan oleh tubuh secara maksimal. Hindari mengonsumsi jus seledri tiap hari agar tak mengalami masalah kesehatan lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE