Lakukan Plank 10 Detik Setiap Hari, Tak Hanya Perut Rata Upahnya, Tapi 6 Hal Baik ini Juga

Manfaat plank

Ada yang belum tahu plank?

Advertisement

Itu lo, latihan fisik mirip push up yang nggak digerakkan naik turun, melainkan tetap pada posisi kepala, leher, punggung, bokong, dan kaki di atas dengan telapak tangan dan jari-jari kaki sebagai penahannya. Latihan simpel ini sangat efektif untuk menguatkan otot inti tubuh. Sayang, banyak orang yang nggak kuat berlama-lama menahan posisi plank.

Padahal menurut Stuart McGill, profesor emeritus biometrik tulang belakang di University of Waterloo di Kanada, cukup lakukan plank selama 10 detik dan ulangi tiga kali setiap harinya sudah ideal untuk mendapatkan beberapa manfaatnya ini.

1. Rutin melakukan plank akan memperbaiki postur tubuh, kamu pun akan terbiasa duduk dan berdiri dengan posisi punggung yang tegap

postur lebih tegap via healthwnews.com

Menahan posisi plank membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang, mengoreksi tulang belakang yang bengkok, sekaligus memperkuat daerah punggung atas, bahu, leher, dada, dan otot perut. Latihan ini baik untuk mengatasi kebiasaan bungkuk baik saat berdiri atau pun duduk.

Advertisement

2. Mengencangkan otot perut sekaligus membakar lemaknya adalah manfaat plank yang paling diincar

perut lebih rata via www.self.com

Salah satu otot inti yang ditempa saat latihan plank adalah otot perut. Posisi plank nggak akan sempurna jika otot perut nggak aktif dan ditahan ke dalam. Nah, perut yang rata dan kencang adalah manfaat plank yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukannya.

3. Tubuh lebih lentur dan nggak kaku lagi. Bergerak jadi lebih luwes dan nggak gampang capek apalagi kram

tubuh lebih luwes via www.sbs.com.au

Rutin melakukan plank akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel. Otot yang fleksibel akan menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus membuat jangkauan gerak yang lebih leluasa dan efisien. Otot tubuhmu lentur juga bekerja sebagai penahan benturan alami untuk sendi, kamu pun terhindar dari risiko kram atau cedera.

4. Nggak hanya bikin otot jadi lebih lentur, plank juga membuat keseimbangan tubuhmu membaik

mendukung keseimbangan tubuh via yegfitness.ca

Pernahkah kamu mencoba berdiri menggunakan satu kaki, tapi keseimbangan tubuh langsung goyah setelah beberapa detik? Itu karena otot perutmu kurang kuat! Rutin berlatih plank yang memperkuat otot inti membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun lebih mantap.

Advertisement

5. Otot inti yang kuat akan membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan gizi, hingga pengaturan keseimbangan hormon yang lebih efisien

metabolisme meningkat via www.healthline.com

Plank lebih efektif dari crunch atau sit-up untuk menguatkan inti otot lantaran seluruh tubuh akan bekerja untuk menahan berat badanmu sendiri. Otot yang sudah kuat ini akan memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak energi meski kamu sedang nggak bergerak.

6. Rutin plank akan mengurangi sakit punggung dan risiko cedera tulang belakang

meredakan sakit punggung via classpass.com

Ketika otot-otot perut menjadi lebih kuat, tubuh nggak akan terlalu bergantung pada penggunaan otot-otot punggung. Tubuh inti akan lebih kuat untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang mengurangi rasa sakit di punggung bawah. Nggak hanya mengurangi sakit punggung, tetapi juga menguatkan otot supaya tulang belakang semakin kuat dan terlindung.

Jadi, berlatih plank itu nggak cuma mengencangkan otot perut saja, kamu pun akan mendapatkan beberapa manfaat baik seperti yang Hipwee Tips paparkan di atas. Nggak perlu muluk-muluk menahan planking sampai satu atau dua menit deh, 10 detik per hari dengan repetisi 3 kali saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Pada akhirnya, otot inti tubuh yang kuat akan membuatmu merasa sehat dan bugar.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE