Di usia kita yang sekarang ini, bayangan tentang pernikahan impian pasti pernah muncul sesekali. Nggak apa-apa, nggak dosa ‘kan untuk berangan-angan tentang salah satu momen yang paling bahagia, bersanding menyambut tamu dengan orangtua dan pasanganmu kelak?

Tapi di balik momen bahagia itu, ada persiapan menikah yang cukup ribet. Banyak banget yang harus diurus, mulai dari A sampai Z, lalu ada evaluasi lagi dari Z sampai A. Salah satu hal yang penting dalam menyusun acara pernikahan adalah undangan. Desain undangan memang banyak sekali ragamnya, bisa-bisa kamu pusing memilih.

Nah, biar kamu nggak terlalu pusing, Hipwee sudah menyiapkan beberapa desain undangan yang bisa kamu pertimbangkan. Lihat-lihat yuk, siapa tahu bisa jadi referensi!

1. Undangan pernikahan nggak harus penuh warna terang. Bisa juga kalem dengan nuansa mint dan salem

Warnanya lembut, selembut sutra via www.pinterest.com

Corak dan warna yang ada pada undangan, secara tidak langsung akan menyalurkan aura yang berbeda kepada si penerima. Aura kebahagian pastinya, karena mereka akan menghadiri sebuah acara sakral dan menyaksikan kebahagian sepasang sejoli baru. Nah, warna salem dan mint ini bisa menjadi pilihan kalian untuk desain undangan kalian nantinya. Jangan lupa lampirkan info-info penting seperti nama mempelai, lokasi, waktu, atau mungkin dresscode untuk acaramu.

2. Motif bunga-bunga tipis sebagai background, membuat undanganmu ingin segera dibuka dan dibaca

Advertisement

Ini simple dan elegan, banget via www.pinterest.com

Walaupun motif floral termasuk kategori umum dan banyak dipakai, dengan pemilihan kadar transparan yang pas, undanganmu akan terlihat manis di mata. Tidak terlalu polos, namun nggak meriah banget juga. Tambahan supaya undanganmu terlihat semakin menarik perhatian, bubuhkan namamu dan calonmu di bagian depan amplop dengan font yang unik. Yang terpenting, font-nya mudah dibaca ya. Perfecto!

3. Motif  tinta abstrak juga membuat undanganmu jadi semakin kece

Motif abstrak juga keren nih via www.pinterest.com

Bila kamu dan pasangan punya kepribadian yang bebas dan tidak ingin dikekang, mungkin kalian ngaak terlalu suka dengan motif yang rapi sesuai dengan garis. Kalian bisa pakai referensi ini sebagai motif undangan kalian nantinya. Terlihat seperti sapuan tinta yang tak teratur membuat undanganmu sederhana dan berbeda dari yang lain. Kalian juga bisa padukan beberapa warna yang nantinya akan kalian masukkan jadi satu di dalam amplop. Keren parah nih!

4. Motif floral dan tumbuhan mistletoe yang dominan membuat undanganmu classy

Karena menikah akan membuat siapa saja berbunga-bunga via www.pinterest.com

Tidak ada salahnya kamu membuat tamu undanganmu ikut merasa berbunga-bunga seperti kalian yang akan berbahagia pada saat itu. Jika di atas menggunakan motif floral yang tidak seberapa dominan dan cenderung hampir transparan, kamu juga bisa menonjolkan bunga tersebut di bagian amplop, dan aksen mistletoe di dalam undangan. Hal ini untuk menggarisbawahi informasi penting yang ada di dalamnya. Cool!

5. Jika ingin bermain motif, ini bisa membuat undanganmu terlihat simple dan gak norak

Coba-coba motif boleh, barangkali cocok via www.pinterest.com

Kamu yang suka banget sama motif, jangan beranggapan kalau yang bercorak itu norak. Nggak sama sekali. Semua itu tergantung pada desain dan pemilihan motif itu sendiri. Nah, tinggal kamu sesuaikan sama warna-warna lainnya. Buktinya, motif di atas juga menghasilkan desain undangan yang keren dan bisa buat kamu jadiin inspirasi.

6. Tambah sentuhan karikatur yang menggemaskan untuk melengkapi keunikan undanganmu

Kamu juga bisa ilustrasikan lokasi resepsimu di undangan via www.pinterest.com

Tidak boleh menyertakan gambar atau doodle lucu di undanganmu? Tidak ada yang melarang, guys. Semua tergantung dari kreatifitas kamu. Dengan menambahkan ide unik untuk informasi tambahan, misalnya lokasi pernikahanmu, malah membuat para tamu akan senang dan tidak kesulitan dalam mencari. Tambahan karikatur kamu dan pasanganmu menambah keunikan tersendiri. Cuteness overload!

7. Menambahkan motif vintage di amplop, menaikkan level keanggunan undangan kalian

Putih dengan motif lawas di amplopnya via www.pinterest.com

Kamu salah satu anak yang nggak bisa lepas sama motif vintage? Kalian nggak boleh melewatkan kesempatan dalam mendesain undangan ini dengan “identitas” yang melekat pada diri kalian. Nggak harus semuanya kok kamu jadikan vintage, menonjolkan di bagian amplop juga sudah cukup. Dengan memadukan bersama warna putih, yang netral dan bisa disandingkan dengan warna apa saja, membuat undanganmu menjadi sangat elegan dan tidak ada duanya.

8. Banana-lovers bisa pakai motif daun pisang buat menjadi bagian dari undanganmu, lho

Pakai motif juga patut diaplikasikan, guys. Motif macan boleh via www.pinterest.com

Mungkin ada dari kamu yang suka banget sama pisang. Termasuk segala motif yang mengandung satu atau dua buah pisang, kalian beli. Trus, pingin buah pisang tetap ada di undangan nikahan nantinya. Tapi, kalian nggak mau kan undangan itu kelihatan nggak pantes dan kurang elegan? Masalah kamu sudah teratasi. Kamu bisa mencoba pohon pisangnya untuk dijadikan background. Karena pohon, warna hijau yang terdapat di gambarnya, membuat orang yang lihat merasa adem dan kelihatan unik juga. Ya, ‘kan?

9. Suasana pantai juga bisa kamu bawa di dalam desain undangan pernikahan kamu, lho

White never goes wrong via www.pinterest.com

Kamu ingin undangan pernikahanmu nanti tidak mainstream? Selalu ada cara, guys. Kamu bisa kok pakai motif yang ke-pantai-pantai-an. Caranya? Banyak banget. Misalnya kamu ingin membubuhkan bintang laut kecil dibalut dengan pita di atas amplopnya. Menambahkan motif seperti kerang-kerang, atau rumput laut sebagai border undanganjuga bisa dicoba, lho. Perangko kecil dengan beberapa gambar kerang juga merupakan salah satu ide keren yang patut untuk dicontoh.

11. Biru memang punya cara tersendiri untuk menarik perhatian orang. Terutama para tamu undangan yang menerima

Aksen biru seperti gradasi air laut yang menenangkan via www.pinterest.com

Untuk membuat undangan yang simple, nggak harus melulu pakai warna putih. Semua warna adalah simple, kamu bisa mencoba bereksperimen dengan warna apa saja. Pingin warna biru? Boleh, kamu dipersilakan. Ada sebuah desain yang unik dan keren, gradasi warna biru. Yak, kamu bisa mencoba desain ini dengan manyatuan warna biru dari yang muda, lumayan muda, agak tua, lumayan tua, hingga tua banget.

12. Mau kamu bikin seperti buku cerita anak-anak? Terlihat makin unik dan masih dibalut kesan simple

Tambah karikatur bisa tetap OK kan? via www.pinterest.com

Kreasikan undanganmu sesuai dengan kreatifitasmu, guys. Kalo kamu pingin membuat desain yang “lebih” dengan menambahkan gambar seperti fairytale? Kenapa tidak kamu coba? Seperti salah satu inspirasi undangan di atas, kelihatan ceria dan sederhana dalam waktu yang bersamaan. Siapapun yang membuka dan membaca undanganmu pasti ingin buru-buru datang ke venue pernikahanmu sekarang juga.

13. Bermain dengan merah ombre dan keabstrakannya jadikan undanganmu tak kalah keren dengan yang lain

Merah tidak akan pernah out-to-date via www.pinterest.com

Masih ingin bereksperimen dengan ombre atau abstrak? Silakan, masih banyak hasil-hasil desain undangan keren yang didapat dari cara ini. Kali ini kamu bisa mencoba dengan warna merah. Karena merah adalah warna yang tak akan pernah padam dan pudar. Buat para undanganmu melongo dengan ke-unik-an undanganmu.

Dari 13 inspirasi untuk desain undangan keren di atas, mana nih yang membuat hatimu tergerak untuk dipakai?