Punya usaha kafe memang susah susah gampang. Meski sama-sama tempat makan, tapi kafe berbeda jauh dengan restoran. Jika pelanggan datang ke restoran, tujuannya pun murni cuma untuk makan. Tapi kalau pelanggan memilih untuk pergi ke kafe, itu artinya dia ingin menghabiskan waktu untuk nongkrong lebih lama sambil menikmati makanan yang disajikan.

Salah satu cara untuk membuat pelanggan nyaman untuk berlama-lama nongkrong di kafemu, tatanan dekorasi menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Karena biasanya kenyamanan diciptakan dari tata dekorasi yang ciamik. Selain itu, dengan dekorasi yang apik, pelanggan kafemu juga akan berlomba-lomba mengambil foto selfie terbaik mereka. Kalau mereka akhirnya posting di instagram, itu artinya kamu dapet promosi gratis!

1. Desain eksterior kafemu jelas punya peranan penting. Ini menentukan akan ada tamu yang mau mampir atau sekadar melirik.

berawal dari sebuah lirikan, bikin dia tertarik untuk mengunjungi kafemu via www.chamonet.com

Desain pintu, jendela, hiasan yang ada di depan kafe kamu adalah yang menjadi penilaian bagi calon pelanggan yang lewat. Bikinlah desain luar kafe kamu menarik, kece, dan nggak bakal cuma dilirik.

atau mau yang unik seperti ini?

Advertisement

nggak bakal deh cuma dilirik, pasti pada penasaran via www.manchestereveningnews.co.uk

2. Suasana kafe juga harus kamu bikin senyaman mungkin. Biar tamumu ngga bete nunggu pesanan datang dan bisa sambil selfie.

interior yang bikin pelanggan nggak mau pulang via majalah.ottencoffee.co.id

Jangan bikin pelanggan kecewa kalau ternyata kafe kamu cuma bagus luarnya aja. Imbangi juga interior design kafe kamu atau bahkan bikin lebih menarik lagi daripada bagian luar kafe kamu. Bikin betah pelanggan kamu dengan hiasan dinding, desain tembok, dan suasana kafe kamu. Dengan begini, pelanggan kamu nggak bosen nunggu pesenan dan bisa sambil selfie dengan background kafe kamu yang menarik.

3. Biar hasil selfie di kafemu ngga mengecewakan, pencahayaan pun harus tertata sempurna.

cahaya harus pas biar hasil foto juga lebih sempurna via www.tarahoganart.com

Biar hasil foto selfie dan foto menu kafe kamu lebih sempurna, pencahayaan juga harus sangat diperhatikan. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap. Fokuskan cahaya di meja bisa jadi alternatif kalau kamu ingin mengandalkan pencahayaan di meja dan sekitarnya. Kalau kamu sangat jeli, arah cahaya juga sangat berpengaruh lho.

4. Desain dan tata letak meja kursi perlu juga kamu pertimbangkan, tentunya disesuaikan juga dengan arah cahaya dan warna lampu.

desain, posisi, dan tata letak meja dan kursi perlu dipertimbangkan via sarahassaf.net

Desain kursi dan meja bakal mempengaruhi tampilan dan kenyamanan pelanggan. Tata letak juga akan mempengaruhi angle foto yang akan dihasilkan oleh para pelanggan kamu. Kamu bisa tentukan sendiri seperti apa sudutnya yang pas dengan kafe kamu.

5. Daftar menu juga nggak kalah berpengaruh. Bikin desain daftar menu kamu seunik dan sevisible mungkin. Siapa tahu pelanggan kamu tertarik fotoin dan disebarkan buat promosi gratis.

menu yang menarik dengan harga yang menarik juga, bakal menarik buat difoto dan disebar di media sosial via www.flickr.com

Dengan desain daftar menu yang menarik, kamu dapat keuntungan tambahan. Makin banyak pelanggan yang mengambil foto daftar menu kafe kamu dan menguploadnya, makin tersebar juga menu khas kafe kamu di media sosial.

6. Desain gelas, piring, dan platting harus kamu atur semenawan dan sebersih mungkin. Biar para tamu ga sungkan untuk langsung upload di instagram.

bikin pelanggan mengabadikan dan mengupload kopi di kafe kamu sebelum menikmatinya via www.google.com

Pelanggan bakal lebih tertarik memfoto dan mengupload hidangan di meja kafe kamu kalau desain, kebersihan, dan platting menarik perhatian. Pilihlah desain yang unik untuk piring, cangkir, gelas di kafe kamu. Pastikan juga eksekusi platting sempurna dan menggoda banget buat dijepret.

7. Yakinkan pelangganmu dengan tulisan “jangan ragu untuk upload” di papan atau nomor meja biar mereka makin semangat posting foto di Instagram.

bikin sign semacam ini biar kafe kamu makin ngehits di instagram via www.instagram.com

Dengan adanya tulisan tersebut, kamu pun pasti berhasil meyakinkan pelanggan untuk jangan ragu-ragu lagi posting foto mereka di kafe kamu di Instagram . Mereka juga ngga bakal segan bantuin kamu buat mengenalkan kafemu ke temen-temen mereka yang lain.

Semoga dengan tips yang Hipwee kasih ini, kafe kamu gaungnya makin jauh terdengar ya. Karena testimoni pelanggan di media sosial adalah cara promosi yang tiada tandingannya.