Meski Terkesan Mustahil, 6 Cara ini Bisa Mengakali Tekstur Nasi yang Lembek Jadi Agak Pulen

memperbaiki nasi lembek

Kehadiran rice cooker membuat aktivitas memasak nasi jadi lebih mudah dan praktis. Namun, supaya tekstur nasi yang diinginkan pas, kamu perlu memperhatikan benar-benar teknik memasaknya. Air yang terlalu banyak biasanya akan membuat nasi jadi lembek seperti bubur. Nah, kalau sudah begini, jadi malas mengonsumsinya, kan?

Advertisement

Tenang, jangan buru-buru buang nasinya. Dengan beberapa cara berikut, nasimu yang lembek seperti bubur bisa kok diperbaiki teksturnya. Biar lebih keras gitu~

1. Nasi lembek bisa kamu angin-anginkan selama beberapa jam untuk membuatnya lebih kering

angin-anginkan via hellosehat.com

Letakkan semangkuk nasi di tempat yang berangin, kamu juga boleh meletakkannya di depan kipas angin yang menyala sambil dibolak-balik. Biarkan selama satu jam, maka nasi akan jadi lebih keras dan kering. Semakin lama kamu mengangin-anginkan nasimu, maka semakin mengeras pula teksturnya.

2. Menyimpan nasi ke dalam kulkas bisa jadi salah satu alternatif untuk membuatnya jadi lebih kering dan keras

simpan dalam kulkas via blog.carimakan.co.id

Udara dingin dalam lemari es bisa membuat tekstur nasi jadi lebih kering. Letakkan nasi lembekmu di atas baki pemanggang yang sudah dilapisi dengan kertas minyak, lalu ratakan menggunakan sendok. Usahakan untuk meratakannya jadi lapisan tipis supaya kandungan air berlebih di dalamnya dapat terserap lebih cepat. Masukkan ke dalam kulkas selama 20 hingga 30 menit, lalu panaskan kembali di microwave tanpa menggunakan kertas minyak.

Advertisement

3. Selain lemari es, oven juga bisa digunakan untuk membuat nasi lembekmu jadi lebih kering dan enak disantap

simpan dalam oven via www.rachelcooks.com

Cara mengeringkan nasi dengan oven ini hampir sama dengan lemari es. Kamu perlu meletakkan nasi lembekmu di atas baki yang sudah dilapisi kertas minyak, ya! Setelah itu, panaskan oven dengan suhu rendah selama beberapa saat. Cek secara berkala untuk memastikan apakah airnya sudah terserap atau belum. Setelah selesai dipanggang, diamkan nasi di dalam oven yang telah dimatikan selama dua menit.

4. Jika kamu memasak nasi secara manual, kamu bisa membuang kelebihan airnya agar nggak jadi lembek hasilnya

ambil airnya via www.fimela.com

Saat memasak nasi dengan panci, buanglah air rebusan dalam panci secara bertahap. Setelah dibuang, panaskan kembali panci di atas kompor dengan api sedang selama beberapa saat. Jangan lupa untuk selalu diaduk secara berkala supaya nasi nggak gosong. Setelah dirasa cukup kering, matikan kompor lalu diamkan dulu selama satu menit sebelum dikonsumsi.

5. Roti tawar juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat nasimu yang lembek seperti bubur jadi lebih kering

roti tawar via twitter.com

Meski terkesan mustahil, namun cara ini terbukti ampuh untuk membuat tekstur nasi yang lembek jadi lebih kering lo! Letakkan satu lembar roti tawar utuh di nasi lembek dalam rice cooker. Diamkan beberapa saat sampai air dalam nasi diserap oleh roti. Setelah dirasa cukup, kamu bisa mengeluarkan roti tawar dari rice cooker. Lihat tekstur nasi sekarang, lebih kering, kan?

Advertisement

6. Garam juga bisa membantu mengatasi nasi yang lembek saat dimasak lo!

garam dapur via surabayastory.com

Garam dipercaya dapat mengurangi tingkat kelembapan pada nasi yang lembek. Letakkan semangkuk garam pada loyang penanak nasi paling atas dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kandungan air berlebih pada nasi akan berkurang dengan adanya garam yang diletakkan dalam loyang.

Dengan cara-cara di atas, hanya butuh sedikit usaha supaya nasi lembekmu jadi lebih pulen dan enak dikonsumsi. Selamat mencoba, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE