Jangan Keburu Panik, ini 7 Cara Mengatasi Keputihan yang Kadang Baunya Bikin Nggak Nyaman

Mengatasi keputihan

Setiap cewek pasti mengalami perubahaan hormon yang membuat tubuhnya bereaksi berbeda. Nah, salah satu perubahaan tubuh yang mungkin terjadi ialah munculnya keputihan di vagina. Memang, nggak semua keputihan mengganggu, tapi baunya yang tak sedap membuat beberapa cewek jadi nggak PD.

Advertisement

Kalau kamu mendapati diri sedang keputihan, mending buru-buru lakukan hal berikut biar nyaman dan risih lagi.

1. Sebelum melakukan tindakan apapun, periksa dulu keputihanmu

cek keputihan via vaaju.com

Kalau keputihanmu berwarna bening atau putih susu dan nggak berbau, berarti itu masih normal. Tandanya, vaginamu memang tengah melakukan perlindungan diri terhadap bakteri agar tetap bersih. Tapi, jika keputihan berwarna aneh, bau, dan gatal, mending segera periksakan ke dokter.

2. Daripada menyemprot vagina dengan bidet spray, mending basuh pakai tangan saja

bersihkan pakai tangan via www.india.com

Peyemprotan justru bisa membuat bakteri penyebab keputihan makin parah. Untuk meminimalisir, cukup basuh kemaluan dari depan ke belakang. Usapkan tangan perlahan supaya air lebih mudah dikeringkan.

Advertisement

3. Disarankan untuk mengelap vagina dengan tisu basah bebas alkohol

bersihkan pakai tisu via www.romper.com

Namun, cara ini hanya dianjurkan kalau keputihanmu masih normal. Usahakan untuk mengelap bagian luar vagina saja, supaya nggak infeksi dan keputihan keluar makin banyak.

4. Segera lakukan kompres dingin jika ditemukan bengkak pada area sekitar vagina

kompres vagina via www.oneworld.nl

Selain membasahi waslap dengan air dingin, kamu juga bisa menaruh beberapa es batu ke dalam kain kemudian tempelkan pada area luar vagina. Nggak cuma mengempiskan bengkak, kompres dingin juga meminimalisir pertumbuhan jamur lo!

5. Sangat dianjurkan untuk mengganti celana dalam apalagi kalau sudah lembap

ganti celana dalam via www.mysuncoast.com

Gantilah celana dalam berbahan katun yang lebih longgar supaya vagina bisa mendapat cukup udara. Agar kondisi vagina jauh lebih higienis, ganti celana dalam tiap tiga kali sehari. Tapi, lepas celana dalam ketika tidur, ya!

6. Cobalah minum perasan kunyit tiap hari supaya keputihan bisa teratasi

perasan kunyit via www.idntimes.com

Kunyit mengandung zat antibakteri yang bisa menghilangkan keputihan pada area vagina. Lebih dianjurkan untuk minum perasan kunyit parut daripada yang sudah diolah menjadi minuman aneh-aneh. Supaya nggak begitu getir, tambahkan madu pada perasan kunyitnya.

7. Kalau keputihan terlalu banyak, kamu boleh pakai pantyliner

pakai pantyliner via tromgewornenc.gq

Tapi, pilihlah pantyliner yang nggak ada pewanginya. Jangan dipakai terlalu sering, cukup gunakan ketika keputihan sudah benar-benar ekstrem dan mulai mengganggu aktivitasmu.

Lakukan pemeriksaan rutin supaya kamu tahu keputihanmu ini tergolong normal atau nggak. Mintalah juga saran dokter untuk mengatasi keputihan yang mulai mengganggu. Nggak perlu malu, mending banyak bertanya daripada makin bermasalah organ intimmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE