7 Trik Menghias Dinding Tanpa Harus Ngecat Ulang atau Pasang Wallpaper. Praktis, Hasilnya Oke!

Menghias dinding

Supaya ruangan tampak cantik, cerah, dan menarik, menghias dinding jadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Biasanya dengan mengecat ulang. Sayangnya, warna cat yang senada sering membuat dinding justru tampak monoton. Bisa juga dengan memasang wallpaper sebetulnya, tapi ini justru bisa merusak warna dasar cat dindingnya.

Advertisement

Nah, jika kamu berniat ingin melakukan renovasi pada dinding rumah, coba lakukan beberapa hal berikut agar terlihat lebih menarik. Tenang, tetap bisa kamu akali kok!

1. Kalau masih dalam tahap bangun, kamu bisa menampilkan dinding unfinished look

semen ekspos via www.italianbark.com

Opsinya bisa dengan dinding semen ekspos atau batu bata yang sudah dipernis. Material yang terekspos membuat ruangan tampak lebih modern dan terkesan lebih industrialis. Agar kelembapan dinding tetap terjaga, kamu bisa memberi pelapis khusus.

2. Kamu juga bisa menggantung tapestri di salah satu sisi dinding rumah

pasang tapestri via www.skydiveopelika.net

Selain membuat ruangan jadi lebih menonjol, pola tapestri juga bikin ruangan makin hangat. Apalagi jika warna dasar dindingmu cuma dicat putih saja. Kalau nggak ada tapestri, kamu bisa memakai kain batik kok. Tinggal pilih saja mana motif yang sesuai dengan kepribadianmu.

3. Kuatkan profil dan perluas ruangan dengan meletakkan cermin berukuran besar

cermin via nimvo.com

Keberadaan cermin justru bisa membuat ruangan tampak lebih luas dan terang. Cermin bisa kamu gantung dengan paku atau diletakkan saja di atas rak. Pastikan letakkan cermin di posisi yang pas agar bisa merefleksikan seluruh ruangan.

4. Kalau mau lebih personal, hiasi dinding dengan wall art buatan sendiri

wall art via www.czmcam.org

Nggak kudu jago melukis, bahkan wall art sederhana pun bisa membuat dinding rumah tampak cantik kok. Kamu bisa melukisnya di kanvas atau kain putih. Buatlah pola geometri atau gambar abstrak sederhana yang kombinasi warnanya cukup cantik, ya!

5. Koleksi foto keluarga atau liburan juga bisa dimanfaatkan untuk menghias dinding

foto keluarga via www.photojaanic.com

Nantinya, foto ini bisa kamu taruh dalam frame atau tempelkan begitu saja di tembok. Tapi, usahakan memilih foto dengan tone warna sama supaya terkesan rapi dan aestetik. Kalau bisa, pilih foto dengan warm tone, ya!

Advertisement

6. Selain berguna, storage atau rak gantung juga bisa membuat dinding jadi lebih cantik

rak buku via www.mykidstime.com

Kamu bisa memakai rak dari material kayu atau stainless steel. Agar lebih menarik, tempatkan buku atau miniatur patung kecil di atasnya. Usahakan kamu menggantung rak ini di dinding berwarna netral agar nggak terkesan berlebihan.

7. Terakhir, buatlah hiasan DIY sendiri dari barang bekas di rumahmu

Ya, bisa dengan memanfaatkan kaset bekas atau bahkan piring plastik yang sudah nggak terpakai. Pasanglah menggunakan lem dinding agar nggak merusak catnya. Jangan lupa, bentuk atau tata yang rapi agar dinding makin eye catching.

Nggak hanya praktis, hiasan dinding ini cenderung lebih murah daripada kamu harus mengecat ulang atau pasang wallpaper. Nah, tinggal sesuaikan saja deh kamu ingin ruangan dan dindingmu jadi seperti apa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE