12 Minuman Penurun Kolesterol yang Bahannya Gampang Ditemui, Jangan Biarkan Tak Terkontrol

Minuman penurun kolesterol

Di dalam tubuh, terdapat beberapa jenis kolesterol, tapi nggak semuanya berbahaya. Tubuh membutuhkan jenis kolesterol tertentu untuk membangun selubung saraf dan membran sel. Sebenarnya, permasalahan utama kolesterol bukanlah senyawa di dalamnya, tapi lebih ke selisih jumlah kolesterolnya, melansir laman Kompas. Ada dua jenis kolesterol yang cukup memengaruhi kesehatan tubuh, yakni high-density lipoprotein (HDL) atau kolestrol baik serta low-density lipoprotein (LDL) atau kolestrol jahat.

Advertisement

Kolestrol LDL sebenarnya diproduksi tubuh secara alami, tapi jika kita tak menerapkan pola hidup sehat, jumlah LDL bisa meningkat dan memicu berbagai penyakit berbahaya. Seseorang yang mengalami gejala kolesterol akan menunjukkan tanda-tanda seperti nyeri kaki, mudah lelah, nyeri dada, serta muncul warna kekuningan di kulit. Jika kadar LDL dalam tubuhmu lebih banyak, turunkan dengan rutin meminum minuman penurun kolesterol. Apa saja sih minuman untuk menurunkan kolesterol jahat ini? Berikut lis lengkapnya.

Beberapa penyakit berbahaya ini akan mengintai tubuhmu jika kolesterol jahat tak segera diturunkan

bahaya kolestrol tinggi via health.detik.com

Kandungan LDL yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat mempercepat pembentukan plak arteri sehingga bisa menyebabkan beberapa penyakit berikut.

  1. Serangan jantung bisa sewaktu-waktu terjadi karena jumlah LDL yang terlalu banyak dapat membuat pembuluh darah menyempit dan mengganggu aliran darah ke jantung.
  2. Tumpukan plak yang terjadi di pembuluh darah otak bisa menyebabkan stroke. Dampak jangka pendeknya, kamu akan mengalami penurunan fungsi otak yang berimbas pada kemampuan berpikir
  3. Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan perlemakan hati yang bisa memicu pengerasan hati.
  4. Ginjal pun akan mengalami penurunan fungsi akibat penumpukan plak di pembuluh darah.

Sebelum risiko penyakitnya meningkat, lakukan cara-cara berikut untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuhmu

pola hidup sehat via www.today.com

  1. Batasi konsumsi lemak maksimal 67 gram per harinya.
  2. Berolahragalah lebih rutin dan kontrol berat badanmu.
  3. Tingkatkan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat.
  4. Hindari makanan yang digoreng dan tinggi lemak.
  5. Tingkatkan konsumsi makanan yang kaya omega-3 seperti salmon atau biji chia.
  6. Berhentilah merokok agar kolesterol baik dalam tubuh tak mengalami penurunan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, minuman mengandung serat bisa bantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Berikut beberapa minuman penurun kolesterol tinggi yang bisa kalian coba

1. Teh seraiĀ 

Advertisement

teh serai via www.liputan6.com

Minuman untuk menurunkan kolesterol ini mengandung anti-hiperlipidemik dan anti-hiperkolesterolemia yangĀ  dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Rutin meminum teh serai bisa bantu meminimalisir risiko penyakit jantung dan hipertensi, melansir laman Kumparan.

2. Teh hijau

teh hijau via lifestyle.kompas.com

Sama seperti teh herbal lainnya, teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 2,19 mg/dL. Walau bisa menurunkan LDL, sayangnya teh hijau tak bisa menaikkan kadar kolesterol baik di tubuhmu. Untuk dapat merasakan efek minuman penurun kolesterol dan asam urat ini, baiknya konsumsi rutin selama beberapa minggu maksimal dua cangkir sehari.

3. Air mentimun

air mentimun via cewekbanget.grid.id

Minuman penurun kolesterol alami ini mengandung potasium dan antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol penyebab penyakit degeneratif. Mentimun bisa dikonsumsi dengan dijadikan es buah atau infused water.

4. Kunyit asamĀ 

kunyit asam via sweetrip.id

Minuman herbal penurun kolesterol ini dapat menurunkan LDL hingga 33 persen jika dikonsumsi sebanyak 500 gr per harinya selama satu minggu. Bahkan, dalam satu minggu kadar kolesterol baik juga akan meningkat sebanyak 29 persen lo!

5. Susu kedelaiĀ 

susu kedelai via www.klikdokter.com

Karena berasal dari tanaman polong-polongan, susu kedelai dapat dimanfaatkan sebagai minuman penurun kolesterol cepat yang aman dikonsumsi. Bahkan dalam sebuah studi menyebut kalau susu kedelai bisa menurunkan LDL serta menaikkan HDL cukup cepat.

Selain keempat minuman sehat di atas, ada juga jus penurun kolesterol yang direkomendasikan dokter untuk mengembalikan kadar LDL ke angka normal

1. Jus alpukatĀ 

jus alpukat via caramembuat.id

Dalam alpukat, terdapat kandungan lemak tak jenuh dan serat yang bisa menurunkan kolesterol jahat serta menaikkan kadar kolesterol baik. Jika kamu menginginkan penurunan kolesterol yang lebih cepat, alpukat bisa diblender dengan air rebusan daun salam yang sudah didinginkan.

2. Jus belimbing

jus belimbing via www.klikdokter.com

Selain bisa menurunkan berat badan, kandungan vitamin C dalam jus belimbing juga cukup berpengaruh untuk mengatur kadar kolesterol berlebih. Jus belimbing boleh dikonsumsi dengan tambahan air temulawak dan perasaaan jeruk nipis agar lebih efektif kinerjanya.

3. Jus anggur

jus anggur via id.wikihow.com

Anggur memiliki kandungan nutrisi yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat serta menjaga kolesterol baik agar tetap seimbang. Kamu disarankan untuk meminum jus anggur sekitar 177 hingga 470 cc setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Tapi baiknya, jus anggur tak ditambahkan gula atau pemanis lain.

4. Jus beri

jus beri via www.pexels.com

Bluberi dan stroberi merupakan buah penurun kolesterol yang sebenarnya bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu dijus. Kandungan antioksidan dalam beri-berian ini dapat menjaga keseimbangan kadar kolesterol sehingga aman dikonsumsi sebagai tindak pencegahan. Untuk membuat jus beri, siapkan masing-masing 12 buah stroberi dan bluberi lalu blender dengan tambahan air dan es batu.

5. Jus delimaĀ Ā 

jus delima via www.pikiran-rakyat.com

Jus delima memiliki kandungan antioksidan tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau. Berkat kandungan inilah, jus delima sering dimanfaatkan untuk mengurangi penurunan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. Untuk mengurangi keasaman delima, buah ini boleh dicampur dengan apel saat dibuat jus nanti.

Produk minuman penurun kolesterol di Indomaret maupun Alfamart ini bisa jadi pilihan tepat kalau kamu nggak mau ribet-ribet bikin jus atau minuman herbal lainnya

1. Nutrive Benecol

Nutive Benecol via id.carousell.com

Klaimnya, minuman penurun kolesterol Benecol ini dapat menurunkan LDL hingga 7 sampai 10 persen setelah rutin dikonsumsi selama dua sampai tiga minggu. Berkat kandungan Plant Stanol Ester (PSE) di dalamnya, produk ini bahkan juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner lo! Kamu yang memiliki LDL normal pun boleh mengonsumsi produk ini sebagai tindak pencegahan. Jika berminat, kamu bisa beli Nutrive Benecol di sini.

2. Nestle Acticor

Nestle Acticor via bigsta.net

Minuman penurun kolesterol di Alfamart ini mengandung betaglucan dan inulin yang bisa mengambalikan LDL ke angka normal. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Nestle Acticor bisa diminum sebanyak dua botol sehari setelah makan dan imbangi dengan diet rendah lemak. Selain bisa dibeli di Alfamart, minuman penurun kolesterol ini juga bisa didapat di sini.

Normalnya, kadar kolesterol total yang dianjurkan ialah di bawah 200 mg/dL untuk LDL, HDL, dan kolesterol lain. Karena sifatnya jahat, LDL baiknya berada di tingkat rendah atau bisa ditoleransi tubuh, yakni kurang dari 100 mg/dL. Nah, ambang batas toleransi LDLĀ  ialah 100 ā€“ 129 mg/dL. Jika lebih dari itu, kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit. Meski bisa mengonsumsi obat penurun kolesterol, tapi menerapkan pola hidup sehat jauh lebih dianjurkan lo! Tentunya, dibantu dengan mengonsumi minuman penurun kolesterol di atas. Semoga beberapa rekomendasi minuman penurun kolesterol di atas berguna buatmu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE