6 Fungsi Minyak Wijen untuk Masakan Rumahan, Tumisanmu Jadi Selezat Chinese Food Langganan

Minyak wijen

Meski tak menggunakan banyak rempah, kebanyakan masakan yang tersaji di chinese food selalu wangi dan sedap. Usut punya usut, ternyata mereka selalu menggunakan minyak wijen untuk mengolah makanannya. Minyak wijen merupakan minyak esensial yang terbuat dari biji wijen. Ada dua jenis minyak wijen yang umum ditemui di pasaran, yakni minyak wijen mentah yang warnanya bening dan minyak wijen dari biji wijen sangrai yang warnanya keruh tapi harum baunya.

Advertisement

Selain masakan Tionghoa, minyak wijen juga kerap digunakan untuk mengolah makanan Korea. Bahkan penggunaannya pun nggak cuma pada tumisan saja, tapi untuk mengolah mi, dimsum, dan nasi goreng juga. Sebenarnya apa sih kegunaan minyak wijen pada masakan? Melansir dari beberapa sumber, berikut Hipwee Tips jabarkan fungsi minyak wijen sesungguhnya.

1. Minyak wijen asli dapat membuat aroma masakan jadi lebih intens

menambah aroma | credit: Cookist via www.cookist.com

Boleh percaya, boleh juga tidak, namun nyatanya aroma merupakan daya tarik pertama masakan sebelum tampilan dan rasanya. Buktinya ada orang yang tiba-tiba kepengin makan sesuatu hanya karena mencium aromanya. Nah, jika kamu ingin masakanmu lebih beraroma, coba gunakan minyak wijen untuk menumisnya. Kamu dapat menggunakan minyak wijen untuk masak bakmi maupun nasi goreng. Tapi jangan kebanyakan supaya aromanya nggak begitu menyengat.

2. Tambahkan minyak wijen dalam tumisan untuk memperkuat cita rasanya

menambah cita rasa | credit: thrillist via www.thrillist.com

Coba deh ganti minyak yang biasa dipakai untuk menumis dengan minyak wijen ABC atau merek minyak wijen halal lain jika menghendaki. Dijamin pasti lebih wangi dan enak rasanya. Bahkan mentega atau butter pun kalah. Tak perlu bingung, cara pakainya sama saja dengan minyak goreng lainya. Cukup tuang beberapa sendok makan minyak wijen lalu tumis tumis bahan-bahan yang hendak diolah seperti biasa.

Advertisement

3. Jika dituang dalam rabusan bakmi atau pasta, minyak wijen dapat membuat mi tak saling lengket

mi nggak lengket | credit: cookingwithdog via cookingwithdog.com

Selain mencegah lengket, minyak wijen murah sekalipun bikin tekstur mi dan pasta terasa lebih kenyal. Cukup tambahkan beberapa tetes saja agar tak merusak rasa asli dari adonan mi-nya. Karena butuhnya cuma sedikit, kamu bisa membeli minyak wijen sachet saja. Kalau masih sisa, nanti bisa ditambahkan ke bumbu untuk memperkuat rasa dan aromanya.

4. Campur minyak wijen ke dalam marinasi daging untuk mengurangi bau amisnya

menghilangkan bau amis | credit: cookingmadedizzy via cookingmadeizzy.com

Selain jeruk nipis dan lemon, minyak wijen pun ampuh untuk menekan bau amis pada olahan daging lo! Pasalnya minyak wijen memiliki zat yang dapat menetralkan aroma dan membuat cita rasa masakan jadi lebih berimbang. Selain merek minyak wijen Lee Kum Kee, kamu juga dapat menggunakan minyak wijen Oh Guan Hing halal. Rasa dan aromanya mirip-mirip kok.

5. Adonan dimsum dan siomai yang diberi tambahan minyak wijen biasanya jadi lebih gurih

dimsum jadi lebih gurih | credit: Grazia via www.grazia.co.in

Selain tumisan, ternyata minyak wijen juga bisa digunakan untuk menambah cita rasa pada hidangan kukus. Apalagi jika adonan tersebut terbuat dari ikan atau daging yang amis baunya. Jadi, selain membuat rasanya lebih sedap, bau amis dalam adonannya pun dapat tersamarkan. Untuk menggunakannya, cukup tuang beberapa sendok minyak wijen Matahari misalnya, ke dalam adonan kemudian uleni sampai merata.

Advertisement

6. Jangan kaget, ternyata minyak wijen bisa membuat makanan jadi lebih awet lo!

bikin awet makanan | credit: mountdoraoliveoil via mountdoraoliveoil.com

Melansir laman Food NDTV, dalam minyak wijen terdapat kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Dengan kata lain, masakan jadi nggak cepat basi dan bisa disimpan lama. Meski meninggalkan sedikit aroma yang nggak familier, setidaknya minyak wijen bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Asal penggunaannya tepat saja.

Peran minyak wijen bisa diganti dengan minyak sayur lainnya. Jadi kalau kebetulan kamu kehabisan stok, bisa menggunakan minyak-minyak berikut sebagai alternatif

pengganti minyak wijen | credit: Webmd via www.webmd.com

Minyak wijen bisa diganti dengan apa?

Di beberapa kolom komentar akun resep, biasanya ada ibu-ibu yang sering menanyakan pengganti minyak wijen. Sebenarnya minyak wijen boleh diganti dengan minyak sayur lainnya, seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak alpukat. Tapi dibanding jenis minyak-minyakan tersebut, harga minyak wijen justru lebih murah.

Kalau dicek di marketplace, harga minyak wijen sachet pun cuma 6 ribu lo! Nah, daripada mesti membayar lebih mahal, mending beli minyak wijen kemasan kecil saja, kecuali kalau kamu memang sudah ada stok salah satu minyak sayur di atas. Atau kalau mau lebih effort, kamu juga bisa meracik minyak wijen sendiri. Tutorial cara membuat minyak wijen bisa dicari di Youtube. Tapi jelas makan waktu dan tenaga~

Meski memiliki manfaat yang beragam, sayangnya belum banyak yang menggunakan minyak wijen untuk resep masakannya. Padahal sesendok teh minyak wijen saja sudah bisa menambah cita rasa masakan lo!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE