Saat liburan, kamu biasanya akan lebih happy, santai, dan segar, karena bisa terbebas dari segala kepenatan di kantor. Sayangnya, liburan selalu sementara. Ketika liburan sudah selesai, kamu harus kembali ke dunia nyata — dan kamu mesti kembali kerja.

Kembali ngantor bisa jadi ‘drama’ bagi sebagian orang. Mereka masih kebawa-bawa aroma liburan dan suasana di kampung halaman. Jadi, bagaimana caranya agar kamu bisa langsung fokus kerja di hari pertama kembali ngantor? Semoga tips-tips di bawah ini bisa membantumu, ya.

1. Kalau Kamu Masih Belum Masuk Kantor Saat Ini, Atur Jadwal Kepulanganmu Beberapa Hari Sebelum Liburan Berakhir Resmi

Time to work

Time to work via www.lds.lli.co.id

Advertisement

Usahakan jangan balik dari liburan sehari sebelum mulai masuk kerja. Sebaliknya, coba balik setidaknya dua hari sebelum kamu kembali ngantor. Jadi kalau misalnya kamu masuk hari Senin, akhiri liburan kamu pada hari Juma’t atau Sabtu. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan pikiran dan tubuh kamu untuk menghadapi hari Senin.

Jika bos kamu mau memberi kelonggaran, kamu bisa mulai ngantor lagi di hari Rabu atau Kamis sehingga kamu cuma kerja 2-3 hari di minggu pertamamu. Nah, apakah kamu cukup beruntung punya bos yang cool?

2. Sadarilah, Kapasitasmu Sekarang Sama Seperti Motor yang Mesinnya Mati Berhari-Hari. Jadi, Jangan Maksa Mengerjakan Semua Tugas Sekaligus

Jangan maksa, santai aja

Jangan maksa, santai aja via www.gettyimages.ie

Jika kamu punya beberapa tugas/proyek yang harus segera diselesaikan, kerjakan mulai dari yang ringan sebagai pemanasan. Ini langkah supaya kamu bisa cepat menyesuaikan diri dengan ritme tempat kerja yang biasa. Dengan begitu, kamu akan tetap fokus pada kerjaan tanpa perlu terlalu kangen liburan.

Advertisement

Alternatifnya, kamu bisa memilah antara tugas mana yang mesti kamu beresin di hari pertama dan mana yang bisa kamu tunda pengerjaannya. Prioritaskan tugas mana yang paling penting untuk kamu kerjakan.

3. Kamu Pun Nggak Boleh Memaksa Otak Untuk Bekerja Terus. Selingi Aktivitasmu Dengan Break-Break Kecil.

Ambil break break kecil

Ambil break break kecil via www.huffingtonpost.com

Walaupun tugas kamu sangat mendesak dan harus diselesaikan hari itu juga, usahakan tetap meluangkan waktu untuk break. Entah itu sekedar mencuci muka, berjalan sebentar ke pantry, atau menyeruput kopi. Dengan beristirahat sebentar, kamu bisa mencegah rasa bosan atau lelah karena kerjaan. Kamu pun bakal tetap semangat menyelesaikan tugasmu.

4. Jangan Langsung Membaca Semua Email Baru Sekaligus. Sepanjang Liburan, Kotak Suratmu Pasti Banjir Email dari Klien, Rekan Kerja, dan Diskon Online Shop

Baca email seperlunya

Baca email seperlunya via i.huffpost.com

Pas liburan, kamu pasti mengabaikan banyak email dan notifikasi yang masuk ke piranti kamu. Setelah kembali ke kantor, jangan serta-merta memeriksa seluruh email yang kamu dapat sewaktu liburan sekaligus. Nanti kamu mabuk. Lebih baik baca 1-2 email tiap satu jam sekali. Dengan begini, kamu bisa mencegah perasaan overwhelmed yang bisa didapat dari membaca puluhan email dan permintaan klien sekaligus.

5. Supaya Pikiran Nggak Blank, Buatlah Catatan-Catatan Kecil tentang Target Pekerjaanmu Hari Ini

catatan layar

catatan layar via pingmag.jp

Di hari pertama kerja, ritme tubuh kamu masih ritme yang kamu pakai saat santai-santai di rumah. Akibatnya, kemampuan konsentrasimu pun menurun. Siasati ini dengan bikin catatan berisi tugas-tugas yang mesti kamu selesaikan dalam satu hari dan satu minggu ke depan. Jika hingga Jumat pun pekerjaanmu masih numpuk, bikin catatan lagi tentang tugas yang harus diselesaikan di hari Senin berikutnya. Tempel catatan ini di tempat yang terlihat, seperti layar komputer atau dinding cubicle-mu. Ini akan bisa membantu memperlancar kinerjamu.

6. Liburan Adalah Kenangan Manis, Jadi Bawa Kenangan Itu ke Kantor Supaya Kamu Semangat!

Ritual tukar kado di rumah

Liburan adalah kenangan manis via sontisartika.blogspot.com

Jika menurutmu foto-foto atau suvenir dari kampung halaman memang bisa membuat kamu tambah fokus bekerja, gak ada salahnya jika kamu bawa benda-benda itu ke kantor. Kenangan juga gak harus berupa barang — bisa juga kenangan yang tertempel di benakmu. Tapi jangan lupa, tetap seimbangkan tuntutan pekerjaan dengan aktivitas mengkhayal di siang bolong.

7. Memalingkan Pandangan ke Jam Dinding atau Jam Tangan Saat Bekerja Adalah Hal yang Haram

Berhenti liat jam

Berhenti liat jam via photobucket.com

Menunggu-nunggu waktu pulang kantor akan bikin kamu tambah stres. Daripada lihat jam terus, mending kamu ambil waktu istirahat tiap beberapa jam sekali — seperti yang dijelaskan di atas. Jangan gampang marah atau hilang semangat ketika kamu gak bisa sepenuhnya konsentrasi di hari pertama kerjamu ini. Semua penyesuaian butuh waktu. Tunggu aja 2-3 hari lagi, dan kamu bakal tancap gas seperti biasanya.

8. Mau Tahu yang Bisa Bikin Kamu Langsung Semangat? Rencanakan Liburanmu yang Berikutnya!

vespa dan pantai banyu tibo pacitan

Bayangkan ini, langsung semangat deh via nana-nanudz.blogspot.com

Kamu gak perlu nunggu Natal tahun depan untuk melakukan liburan. Coba rencanakan wisata di hari libur terdekat seperti 17-an, Idul Adha, atau bahkan Idul Fitri. Bikin rencana kayak gini akan bikin kamu termotivasi, karena kamu memiliki sesuatu yang kamu tunggu-tunggu di masa depan nanti.

Baru aja datang dari liburan bukan alasan buat kamu malas-malasan. Dengan tips-tips di atas, hari kerjamu di kantor bisa jadi menyenangkan, kok. Semangat ya. Semoga membantu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya