Menghabiskan malam minggu bersama orang terkasih memang selalu menyenangkan. Tak hanya dengan pacar, jalan-jalan atau makan malam bersama keluarga atau teman pun bisa menjadikan malam minggumu lebih indah, sekaligus berkesan. Tapi tahukah kamu, bahwa menghabiskan Sabtu malam itu tak melulu boros dan menghamburkan uang? Lalu bagaimana?

Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan memasak atau melewati sepanjang malam di dapur dengan orang-orang tersayang. Sajian menunya juga tak usah muluk-muluk, melainkan yang sederhana saja. Ini salah satunya…

1. Pengen masak Pizza tapi ribet bikin rotinya? Coba deh kamu dan pacarmu bikin Pizza Roti Tawar berikut ini!

Pizza Roti Tawar, yummy! via cookpad.com

Pizza memang kudapan yang banyak disuka. Kalau kebetulan kamu dan pacarmu sama-sama doyan makan pizza, kenapa nggak coba untuk membuatnya berdua? Nggak perlu dipusingkan sama cara bikin rotinya! Udah, pakai aja roti tawar kupas yang banyak tersedia di supermarket. Tertarik? Begini cara membuatnya…

Cara membuat:

Advertisement
  1. Siapkan 6 lembar roti tawar kupas, 1 bh bawang bombay yang udah dipotong sesuai selera, 3 siun bawang putih yang udah dicincang, 5 bh sosis (dipotong serong), 3 sdm saus tomat, 1 sdt saus tiram, ¼ sdt merica bubuk, ¼ sdt garam (opsional sih), ½ sdt gula pasir, 1 sdm minyak untuk menumis, dan keju mozzarella parut secukupnya.
  2. Jangan lupa, siapkan juga bahan sausnya yang terdiri dari 3 sdm saus tomat, 3 sdm saus sambal, dan ¼ sdt oregano.
  3. Setelah itu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Lalu masukkan sosis dan masak hingga matang.
  4. Kemudian masukkan saus tomat, saus tiram, merica, dan gula. Aduklah hingga rata. Jangan lupa cicipi deh sebelum akhirnya menambahkan garam.
  5. Siapkan teflon yang udah kamu olesi dengan sedikit minyak, lalu panaskan dengan api kecil.
  6. Tata roti tawar untuk kemudian diolesi dengan bahan saus tadi, jangan lupa untuk memberi topping berupa tumisan sosis serta keju mozzarella parut.
  7. Baru deh kamu letakkan roti di atas teflon, tutup. Masak hingga permukaan bawah roti kecoklatan dan keju meleleh (sekitar 5 menitan).
  8. Kalau udah matang, tinggal diangkat dan sajikan di atas piring cantik.

Gampang kan bikinnya? Apalagi bahu-membahu bareng pacar, momen memasak jadi tambah mengasyikkan!

2. Mau menu yang agak berat? Nasi Kebuli bisa banget jadi pilihan yang tepat sekaligus murah meriah

Bisa banget disajikan sama acar timun. Tambahkan lagi dengan ayam goreng utuh, biar lezatnya makin berlipat! via inforesepmasakansederhana.com

Nasi kebuli ini dijamin lebih gampang bikinnya karena masaknya pakai magic com. Nggak butuh waktu lama kok buat meraciknya, begini nih…

Cara membuat:

  1. Siapkan 3 cup beras, 250 gram dada ayam fillet, 1 bungkus bumbu instan gulai (tambahkan dengan kayu manis bubuk dan merica bubuk), 1 bungkus santan instan, penyedap rasa dan garam secukupnya, 1 bh tomat ukuran besar yang kemudian dipotong kotak-kotak, ½ bh bawang bombay yang dipotong kecil-kecil, 4 siung bawang merah (iris tipis), 4 siung bawang putih (iris tipis), 1 bh wortel (iris kotak-kotak kecil), 4 bh cabai rawit (iris seperti biasa), serta margarin dan air secukupnya.
  2. Jika bahan sudah siap, panaskan teflon dan masukkan margarin. Setelah itu tumis bawang bombay dan tumis hingga harum. Selanjutnya, masukkan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, tomat, dan wortel. Aduk rata.
  3. Jangan lupa masukkan juga fillet ayamnya, ya. Setelah ayam matang, masukkan bumbu gulai dan aduk lagi. Tuang sedikit air dan santan instan. Bumbui dengan garam dan penyedap rasa, aduk kembali. Tunggu deh sampai mendidih dan matikan kompor.
  4. Selanjutnya cuci beras hingga bersih dan beri sedikit air.
  5. Tuang bumbu yang telah dimasak tadi ke dalam wadah magic com, setelah itu masukkan beras yang sudah dicuci. Aduk sebentar dan tutup. Setelahnya tekan tombol cook pada magic com.
  6. Jika sudah matang, nasi kebuli pun siap untuk dihidangkan!

Gampang banget ‘kan? Kamu bisa lho menambahkan pelengkap berupa irisan mentimun dan bawang goreng. Masih kurang? Bisa juga dengan telur dadar.

3. Daripada beli melulu, mending masak Kentang Arab di rumah. Dijamin, malam minggumu makin wah!

Kentang Arab, laziiiiz! via bandung.panduanwisata.id

Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahannya:

  1. 3 bh kentang
  2. 1 bungkus tepung krispi instan
  3. garam secukupnya
  4. merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas kentang, lalu potong-potong memanjang seperti korek api (namun tetap tebal ya).
  2. Nah, setelah itu cuci kentang sampai benar-benar bersih (kira-kira 3-4 kali).
  3. Kemudian rebus kentang selama 5 menit aja. Setelahnya taburi deh dengan garam dan merica secukupnya.
  4. Ini nih bagian yang seru. Lumuri kentang dengan tepung krispi instan. Kemudian masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Terakhir, goreng deh dengan minyak panas. Kalau warna kentangnya udah mulai kecokletan (keemasan) tinggal kamu angkat dan tiriskan minyaknya.
  6. Kentang arab pun siap untuk disantap! (Jangan lupa dicocol dengan saus sambal ya, supaya lebih yahut rasanya!)

4. Tempe Mendoan selalu jadi teman yang asyik untuk menonton film bersama dia yang tersayang ~

Mau disantap dengan cabai rawit atau kecap pedas, Tempe Mendoan memang nikmat! via anekamakananusantara.blogspot.co.id

Olahan yang berbahan dasar tempe, selalu bikin banyak orang ketagihan. Salah satu olahan tempe yang sulit dilupakan adalah tempe mendoan! Yup, kamu pasti familiar banget kan dengan kudapan yang satu ini? Nih, Hipwee kasih resepnya…

Cara membuat:

  1. Siapkan ½ kg tempe (iris tipis melebar ya), ¼ kg tepung terigu protein sedang, 1 sdm tepung tapioka, 400 ml air, daun bawang secukupnya (iris halus), dan minyak goreng secukupnya.
  2. Jangan lupa untuk menyiapkan bumbu halusnya yang terdiri dari 3 siung bawang putih, 1 ½ sdt kaldu bubuk, 3/4sdt ketumbar. Haluskan bumbu-bumbu ini dengan ulekan.
  3. Mulai deh mencampur tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, dan air (dituang perlahan). Aduk rata hingga rata ya. Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan irisan daun bawang. Aduk kembali.
  4. Setelah itu celupkan tempe ke dalam adonan tepung tadi. Goreng deh hingga setengah krispi. Kerenyahan atau kematangan mendoan ini tergantung kamu dan dia sih. Hehehe..
  5. Kalau udah matang, angkat mendoan dan tiriskan minyaknya.
  6. Sajikan deh bersama kecap pedas atau cabai rawit. Enak!

Ndeso dikit nggak apa-apa, yang penting dia tetap cinta ~~

5. Atau bakwan jagung saja? Nggak kalah legitnya…

Paling enak disantap dengan cabai rawit hijau. via www.resepcaramasak.com

Bakwan mau diberi topping apa pun selalu menggiurkan untuk disantap. Mau bakwan berisi wortel dan kubis, isi jamur, atau isi jagung, kesemuanya selalu memanjakan lidah. Nah, kali ini Hipwee bakal ngasih resep bakwa jagung, spesial buat kamu dan dia.

Bahan-bahanya apa aja sih?

  1. 5 Bonggol jagung, kupas kulitnya. Cuci bersih untuk kemudian dipipil
  2. 3 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. ½ sdt merica
  5. 1 butir telur
  6. 2 sdm tepung terigu
  7. 1 sdm tepung sagu
  8. Garam secukupnya
  9. Penyedap rasa secukupnya
  10. Air (secukupnya)
  11. Daun bawang (1 batang), iris tipis.

Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan merica bubuk.
  2. Tuang tepung terigu dan tepung sagu ke dalam wadah. Setelahnya masukkan bumbu halus dan telur. Aduk adonan dan kemudian masukkan jagung serta daun bawang. Aduk kembali, sambil menakar agar kekentalannya tepat (tambahkan sedikit air).
  3. Setelah itu goreng deh dalam minyak panas. Jika warnanya sudah agak kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  4. Taraaa… Bakwan Jagung pun siap disantap bersama cabai rawit hijau atau saus sambal.

Gampang banget ‘kan bikinnya?

6. Walau hanya bermodal bawang bombay dan keju saja, Onion Ring Mozarella akan menambah cintamu ke dia seketika

Beuh, lelehan mozzarella-nya nggak nahan! via www.youtube.com

Duh, ngebayangin lezatnya onion ring aja udah bikin kamu lupa daratan. Apalagi ditambah dengan keju mozzarella ditengahnya. Langsung aja yuk, bikin kudapan yang satu ini!

Cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 buah bawang bombay (kupas dan potong bulat dan pisahkan bulatan-bulatannya),   beberapa slice mozzarella (potong memanjang), 1 butir telur, tepung terigu secukupnya, tepung roti secukupnya, dan minyak untuk menggoreng.
  2. Setelah itu tata setiap 2 buah kepingan bulatan bawang bombay (hingga membentuk celah di tengahnya).
  3. Isi celah kepingan bawang bombay tersebut dengan mozzarella hingga tertutup sepenuhnya. Lalu bekukan di dalam freezer selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah beku, keluarkan.
  4. Lumuri bawang beku tadi dengan tepung terigu, telur, dan tepung roti (urutannya tepung terigu – telur- tepung roti- telur – tepung roti). Jika sudah selesai semua, goreng deh dalam minyak panas.
  5. Jika sudah berwarna kecokelatan, angkat onion ring dan tiriskan. Sajikan deh dengan saus sambal!

Bagaimana? Bikin ngiler ‘kan?

7. Sekarang, sudah saatnya kamu bikin minumannya. Orange Fresh Punch adalah jawabannya!

Segarnya mengundang untuk segera diteguk! via www.tablespoon.com

Minuman yang satu dijamin menyegarkan. Apalagi menu-menu di atas mengandung cukup banyak lemak. Karenanya paling pas kalau disantap bersama minuman yang segar-segar. Biasanya sih, minuman berbahan jeruk nggak pernah bikin nyesel. Penasaran? Ini dia cara bikinnya:

  1. Siapkan 4 buah jeruk peras, sirup lemon secukupnya,  ½ buah lemon (iris tipis),  sedikit gula, air dan es batu secukupnya.
  2. Peras jeruk hingga terpisah biji dan sarinya. Campur perasan jeruk dengan sirup lemon, air, dan sedikit gula di dalam teko kaca. Aduk rata. Jika manisnya sudah pas, masukkan es batu dan irisan lemon. Jadi deh!

Yuk share di kolom komentar, menu mana yang akan kamu masak dan coba dulu! Tag teman atau pacarmu juga di sini, ya.