Pantas Saja Mata Minus Kamu Nambah, 6 Hal ini Sering Banget Dilakukan Tanpa Rasa Bersalah

Mata minus

Seperti yang sudah banyak orang tahu, mata minus adalah gangguan penglihatan di mana kesulitan melihat objek yang jaraknya jauh. Ciri mata minus biasanya harus memicingkan mata untuk bisa melihat objek jauh dengan jelas. Beda lagi dengan silinder yang mana penglihatannya akan kabur terhadap benda-benda garis lurus. Sehingga kalau mata minus dan silinder bersamaan, pasti bakal repot kalau nggak pakai kacamata. Ukuran minus kacamata juag berbeda-beda tergantung besarannya. Ukuran minus mata dari tertinggi sampai terendah yakni dari -06,00 D ke atas hingga -0,50 D ke bawah. Berarti, kalau mata minus 2 artinya masih tengah-tengah, belum yang parah banget. Apalagi mata minus 0 75 atau di bawahnya. Tapi jangan lengah lo, ya!

Advertisement

Banyak yang beranggapan menggunakan kacamata akan membantu mata minus sembuh, padahal kacamata hanyalah alat bantu penglihatan saja. Banyak pula yang mengeluhkan mata minusnya bertambah padahal sudah coba berbagai cara mengobati mata minus. Hmm, barangkali kamu kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan ini tanpa disadari, yang efeknya justru bikin mata minus kamu nambah angkanya. Coba evaluasi, yuk!

1. Keseringan menatap layar laptop atau ponsel, apalagi dalam jarak yang dekat

menatap laptop dalam jarak dekat | credit: Pexels via pixabay.com

Laptop dan ponsel sudah jadi benda yang dekat dengan keseharian. Nggak jarang, kamu bahkan sampai rela memaksakan mata untuk kerja ekstra, padahal kondisi mata sudah lelah dan butuh istirahat untuk menormalkan kembali fungsinya. Keseringan menatap layar laptop atau ponsel inilah yang bisa memperparah mata minus. Belum lagi kalau jaraknya terlalu dekat, saraf mata kamu bakal meregang. Peregangan itulah yang bikin minus mata makin nambah. Mata minus 1 25 bisa naik jadi mata minus 1 kalau gini caranya.

2. Kamu yang sok nyaman bermain ponsel sambil tiduran atau di tempat yang gelap, siap-siap ke optik lagi deh buat ganti lensa!

main HP di tempat gelap | credit: diana.grytsku via www.freepik.com

Perlu kamu tahu bahwa pada cahaya yang redup, pupil harus membuka lebih lebar agar cahaya yang masuk cukup banyak untuk dapat melihat. Hal ini mengubah lokasi cahaya menyentuh retina, sehingga gambar akan terlihat buram. Jadi, mata mendapatkan sinyal untuk tumbuh lebih panjang, sehingga gambar akan menyentuh tempat yang tepat pada retina. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka mata akan cepat lelah dan minus juga akan bertambah.

Advertisement

3. Suka lupa lepas lensa kontak atau softlens pas mau tidur bukan cuma bikin minus jadi nambah, tapi juga berisiko kebutaan

lupa lepas softlense pas tidur | Jess Foami via pixabay.com

Mengenakan softlens memang praktis ketimbang pakai kacamata. Namun saking praktisnya, banyak orang yang suka lupa melepasnya saat akan tidur. Hati-hati lo, softlens bisa mengiritasi kornea mata dan menimbulkan peradangan ataupun infeksi. Kerusakan di kornea ini akan menimbulkan gangguan penglihatan, baik sementara ataupun permanen. Jika jadi kamu terus-terusan melakukan kebiasaan ini, jangan harap mata kamu akan membaik dari minus deh!

4. Nggak pernah ganti kacamata hitam ternyata juga bikin mata minus makin tinggi angkanya karena efek ultraviolet

jarang ganti kacamata hitam | credit: Harpreet Batish via pixabay.com

Kacamata hitam sebenarnya nggak hanya difungsikan sebagai kacamata gaya saja, melainkan juga melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Kacamata hitam yang digunakan dua jam atau lebih setiap harinya cenderung akan menurun fungsi lensanya. Hal ini terjadi karena lensa gelap tersebut lama-kelamaan akan menjadi cerah lantaran lapisan lensanya menipis dan kehilangan kemampuannya untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet. Karena kemampuannya yang makin menipis ini, tentu akan merusak fungsi penglihatan, termasuk juga menambah angka minus di matamu.

5. Pakai kacamata minus yang murahan atau salah resep kacamata mata bikin minus mata berevolusi dengan cepat. Percaya deh!

pakai kacamata murahan | credit: Henryk Niestroj via pixabay.com

Sebagai pengguna kacamata minus, sebaiknya perhatikan dengan jelas apakah kacamata yang kamu pakai sudah sesuai dengan resepnya atau belum. Penggunaan kacamata yang keliru bakal bikin minusmu berevolusi karena mata menolak lensa kacamata yang nggak sesuai kebutuhannya. Belum lagi jika kacamata yang digunakan — maaf, murahan. Memang nggak semua, tapi kebanyakan kacamata murah nggak melalui proses pemeriksaan yang valid. Baiknya, lakukan pemeriksaan berkala untuk mengetahui tingkat kerusakan mata yang dialami.

Advertisement

6. Sering lepas kacamata nggak bikin mata minus makin nambah kok, asalkan kamu sudah dewasa, ya!

sering lepas kacamata | credit: karlyukav via www.freepik.com

Minus mata seseorang nggak akan terpengaruh oleh seberapa sering ia melepas kacamatanya. Dalam hal ini, minus yang bertambah biasanya terjadi karena faktor usia, terutama pada anak-anak yang memang kondisi minus matanya akan terus bertambah. Pada orang dewasa, minus mata memang lebih stabil terlepas seberapa sering ia melepas kacamatanya. Namun pada anak-anak, minus bisa terus bertambah karena mata juga masih tumbuh. Tapi sebaiknya jangan sembarangan melepas kacamata, selalu gunakan kacamata setiap kali beraktivitas, ya!

Jadi, kebiasaan mana nih yang sering kamu lakukan? Kurang-kurangin ya, kasihan matamu lo! Karena selain perawatan dari dokter mata, obat mata minus itu ya mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang memperparah minus mata. Kalau masih diabaikan juga, jangan harap mata minusmu bakal sembuh, apalagi kamu yang punya mata minus tinggi. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE