Pentingnya Pelembab untuk Kulit Berminyak dan Tips Mengaplikasikannya Biar Nggak Over Kilap

Pelembab untuk kulit berminyak

Memilih pelembab untuk kulit berminyak sebenarnya gampang-gampang susah. Ada kandungan yang mesti dihindari, ada juga yang malah dianjurkan untuk dipakai. Tapi tak perlu khawatir, sekarang mulai banyak merek skincare lokal yang mengeluarkan produk-produk khusus untuk kulit berminyak, termasuk pelembab.

Advertisement

Sebenarnya, perlu nggak sih kulit berminyak memakai pelembab? Toh sudah ada minyak alami di dalam lapisan kulit. Anggapan ini ternyata salah besar. Minyak alami kulit tak bisa melembabkan wajahmu begitu saja, justru jika berlebihan, ini dapat menyebabkan masalah kulit lain seperti kusam dan juga jerawat. Untuk meluruskan anggapan tersebut, Hipwee Tips akan mengulas alasan penting kenapa pemilik kulit berminyak tetap harus memakai pelembab juga cara tepat menggunakan pelembab untuk kulit berminyak. Nggak bisa disamakan dengan jenis kulit lainnya lo!

Manfaat pelembab untuk kulit berminyak itu nggak main-main lo! Ini alasan penting kenapa kulit berminyak tetap harus pakai pelembab

pelembap untuk kulit berminyak | credit: Medical News Today via www.medicalnewstoday.com

Ternyata minyak alami wajah tak selalu berfungsi untuk melembabkan kulit saja. Pada beberapa kondisi, kulit yang mengalami dehidrasi justru akan memproduksi banyak sebum yang membuat wajah jadi lebih berminyak. Nah, karena kondisi ini, kulit akan mengalami sumbatan pori dan menimbulkan jerawat. Tak cuma itu saja, kulit wajah yang nggak memakai pelembab akan tampak lebih kusam dan kehilangan kekenyalannya. Untuk meminimalisir hal ini terjadi, kamu perlu menggunakan pelembab supaya minyak alami wajah lebih seimbang dan kadar airnya meningkat.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbunan minyak di wajah, seperti polusi dan pemakaian skincare yang kurang tepat. Makanya, ada aturan khusus ketika memilih pelembab untuk kulit berminyak dan kusam. Bahkan pengaplikasiannya pun harus tepat supaya pH kulit wajah kembali seimbang dan kelembaban kulit bisa didapatkan kembali.

Advertisement

Banyak pelembab untuk kulit berminyak murah yang bisa dibeli, tapi apa iya kandungannya sesuai? Agar tak salah pilih, berikut tips memilih pelembab untuk kulit berminyak

1. Baca label kemasan di produk pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan yang mau dibeli

baca label kemasan | credit: facetofeet via www.facetofeet.com

Pada kemasan produk skincare biasanya terdapat istilah-istilah tertentu yang tertera. Nah, jika kulitmu berminyak, disarankan untuk memilih pelembab berformula ringan yang mencantumkan label bebas minyak (oil-free) serta nonkomedogenik (non-comedogenic). Tapi beda lagi jika kulit wajahmu juga berjerawat. Selain berlabel bebas minyak dan nonkomedogenik, pilih juga pelembab untuk kulit berminyak dan berjerawat yang mengandung antibakteri.

Advertisement

2. Penting juga untuk memperhatikan kandungan pelembab di dalamnya

komposisi produk | credit: Sociolla via journal.sociolla.com

Setelah tekstur dan formulanya, kamu juga harus memperhatikan komposisi produk pelembabnya. Melansir laman Hello Sehat, pelembab untuk kulit berminyak idealnya mengandung Alpha Hidroxy Acid atau AHA seperti asam laktat yang tak akan menyumbat pori-porimu. AHA dapat membuat kulit menyerap dan mempertahankan kelembaban tanpa meningkatkan kadar minyak alaminya.

3. Hindari memilih pelembab yang mengandung bahan tertentu

hindari produk tertentu | credit: Vanity Room via www.vanityroomph.com

Selain menjauhi pelembab berbasis minyak, kamu juga tak boleh pakai produk yang mengandung lanonin dan minyak mineral di dalamnya. Bahan-bahan tersebut dapat membuat jumlah minyak dalam kulitmu meningkat. Hindari juga memakai produk pelembab untuk kulit berminyak dan sensitif yang mengandung petrolatum, parafin, atau kolagen di labelnya, sebab tak satupun dari bahan ini mampu membantu melembabkan kulit berminyak.

Produk yang mengandung asam salisilat, alkohol, dan benzoil peroksida sesekali boleh digunakan. Tapi jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit jadi lebih kering dan rentan berjerawat.

Tak cuma pemilihan produknya saja yang mesti jeli, cara pemakaian pelembab untuk kulit berminyak dan sensitif juga harus diperhatikan

1. Aplikasikan di waktu yang tepat

waktu terbaik pakai pelembap | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Ada beberapa waktu anjuran pemakaian pelembab untuk kulit berminyak dan berkomedo, yakni malam sebelum tidur dan setelah mandi atau mencuci wajah. Setelah dan sebelum berolahraga serta naik pesawat pun juga harus memakai pelembab, tapi sebelumnya cuci muka dulu, ya! Jangan lupa gunakan pelembab yang sesuai dengan cuaca saat ini. Kalau sedang panas, baiknya gunakan pelembab yang mengandung SPF sekalipun kamu tetap memakai sunscreen setelahnya.

2. Ratakan dari sisi luar ke dalam dengan menggunakan jari dan bukan telapak tangan

ditotol ke wajah | credit: Dr Sylvia Skin Care via twitter.com

Tuang pelembab di telapak tangan atau langsung totolkan ke seluruh wajah. Ratakan dari sisi terluar wajah menuju bagian tengah dengan menggunakan ujung jari. Aplikasikan dengan gerakan memutar ke atas sambil lakukan pijatan ringan supaya kandungan pengontrol sebum bisa bekerja lebih optimal. Jangan sampai arahnya terbalik yakni dari area hidung ke telinga, sebab hal ini bisa membuat residu pelembab tertinggal dan menumpuk di jalur garis rambut yang memicu komedo.

3. Aplikasikan juga pelembab sampai ke area leher

pakai di leher juga | credit: Loreal Paris via www.lorealparisusa.com

Sama seperti wajah, leher juga perlu diberi kelembaban ekstra supaya nggak kering. Pengaplikasian pelembab untuk leher yang benar bukan dengan mengambil sisa pelembab untuk wajah. Namun oleskan satu totol penuh yang memang hanya dipakai untuk leher. Hal yang sama juga berlaku untuk pengaplikasian sunscreen.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi merk pelembab untuk kulit berminyak dan berkomedo untuk remaja yang bisa dicoba. Barangkali ada satu atau dua produk yang cocok untukmu

1. Pelembab untuk kulit berminyak Wardah Purifying Moisturizer Gel

pelembap Wardah | credit: Beautynesia via Wardah%20Purifying%20Moisturizer%20Gel

Menurut review pelembab untuk kulit berminyak dan berjerawat, produk dari Wardah ini aman untuk digunakan sekalipun kulit berminyakmu juga tengah meradang. Berkat kandungan provitamin B5, humectant, dan vitamin E-nya, produk ini juga dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah timbulnya jerawat. Kalau penasaran pengin coba, silakan cek harga dan ketersedian produk di sini.

2. Oil-Free Moisturizing Lotion COSRX

pelembap COSRX | credit: everlove via www.tokopedia.com

Pelembab untuk kulit berminyak ini memang diformulasikan khusus untuk kulit wajah yang sensitif dan sedang mengalami iritasi atau peradangan. Pelembab ini bisa dibeli secara daring lewat situs ini dengan harga sekitar 200 ribu.

3. CeraVe AM Facial Moisturizing Lotion

pelembap CeRave | credit: Chunky Rabbit via chunkyrabbit.com

Karena mengandung SPF 30, pelembab dari CeraVe ini baiknya digunakan di pagi hari supaya kulit terlindung dari paparan sinar matahari. Berkat kandung Hyaluronic acid, niacinamide, dan vitamin B3-nya, pelembab ini mampu menghidrasi kulitmu tanpa membuat minyak alaminya bertambah. Pelembab ini dijual dengan harga sekitar 163 ribu dan bisa dibeli di sini.

4. Emina Moist in a Bottle Face Moisturizer

pelembap Emina | credit: Tiffani Liem via shopee.co.id

Pelembab untuk kulit berminyak drugstore buatan lokal ini aman digunakan pada kulit remaja. Klaimnya, Emina Moist in a Bottle Face Moisturizer ini dapat membuat kulit terhidrasi dan jadi lebih lembut. Jangan kaget, produk ini bisa dibeli dengan harga 25 ribu saja. Belinya bisa di sini, ya!

Nah, sekarang tinggal sesuaikan saja deh produk pelembab untuk kulit berminyak yang cocok dengan kulitmu, nggak mengiritasi atau malah menambah parah kondisi kulitmu sekarang. Jadi meski kulitmu berminyak, jangan malas pakai pelembab, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE