6 Penyebab Kulit Wajah Jadi Bermasalah Selama di Rumah Aja. Kok Makin Banyak sih Jerawatnya?!

Wajah bermasalah selama di rumah aja

Jadi, gimana kondisi kulit wajahmu setelah lebih dari satu bulan di rumah aja?

Advertisement

Mesi sehari-harinya berdiam diri di rumah aja, sebagian orang justru mengeluhkan kulit wajahnya yang justru bermasalah. Nggak cuma kelihatan kusam, beberapa ada yang mengalami peradangan jerawat atau tiba-tiba muncul beruntusan yang sebelumnya jarang ada. Duh, kenapa, ya? Perasaan nggak ke mana-mana deh!

Ternyata, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tak kamu sadari lo! Memang kebanyakan karena faktor perawatan, bukan dari sinar matahari atau polusi dari luar ruangan.

1. Stres jadi penyebab utama masalah kulit saat di rumah aja

stres jadi pemicu utama via www.forbes.com

Gimana nggak stres, sudah di rumah terus, minim hiburan, eh baca berita yang bikin mikir. Ya, pantas aja. Ternyata, hal-hal sepele yang tak kamu sadari itu juga berpengaruh ke kesehatan kulitmu lo! Sebelum terlanjur, mending belajar kelola stresmu selama berada di rumah. Kalau mulai suntuk, coba deh video call teman atau keluarga.

Advertisement

2. Selama di rumah malas cuci muka? Pantes jerawat muncul tiba-tiba~

jarang cuci muka via www.insider.com

Meski di rumah aja, cuci muka dengan sabun itu wajib hukumnya. Memang nggak keluar rumah atau terpapar polusi, tapi kita juga nggak tahu apakah udara dalam rumah sudah cukup bersih. Makanya, biar nggak kotor dan memicu jerawat, cuci muka setidaknya dua kali sehari di pagi dan malam hari, ya!

3. Waktu tidur yang berantakan ternyata juga bisa memicu masalah di kulit wajah

jam tidur berantakan via hellosehat.com

Kurang tidur atau tidur tak sesuai waktunya bisa membuat proses regeneresi kulit jadi nggak optimal. Akibatnya, kulit jadi gampang kusam dan nggak sehat lagi. Untuk meminimalisirnya, kembalikan rutinitas waktu tidurmu. Hindari begadang, karena bisa memicu minyak penyebab jerawat.

4. Jarang berolahraga juga bisa memberi pengaruh pada kulit wajah

jarang olahraga via www.healthline.com

Rutin berolahraga bisa bantu mengontrol hormon yang memproduksi minyak. Jadi, kulit wajah akan terhindar dari penumpukan minyak di kulit yang menimbulkan jerawat. Makanya, meski di rumah saja jangan malas untuk berolahraga. Agar tak begitu capek, peregangan di atas kasur bisa jadi solusi lo!

Advertisement

5. Perhatikan konsumsi makananmu, kalau terlalu banyak minyak dan manis, ya wajar jika wajah jadi berjerawat

kebanyakan gorengan via mommyasia.id

Sekarang mungkin bisa agak direm karena lagi puasa. Tapi kalau pas berbuka, konsumsi terlalu banyak makanan manis dan berminyak ya sama saja. Daripada makin parah, mending sekarang dikurangi dulu atau setidaknya imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat lain, seperti buah dan sayuran.

6. Faktor lain yang bisa memicu masalah pada kulit ialah kurangnya produksi vitamin

kurang vitamin D via www.runnersworld.com

Dr. Russo dalam laman Suara menyebut paparan sinar matahari bisa meningkatkan produksi vitamin D yyang bagus untuk kulit maupun sistem kekebalan tubuh. Dengan berjemur selama 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari langsung, masalah kulit bisa kamu minimalisir. Meski begitu, kamu tetap harus menggunakan sunscreen, ya!

Coba deh ingat-ingat, ada berapa banyak keluputan di atas yang mungkin secara nggak sengaja kamu lakukan selama di rumah aja. Jadi, meski di rumah aja, kamu tetap mesti menjaga pola hidup, ya! Biar nggak jerawatan atau mengalami masalah kulit lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE