5 Gerakan Peregangan Mudah di Atas Kasur Saat Bangun Tidur. Anti ‘Klentrak-Klentruk’ Klub~

Olahraga di atas kasur

Meski tengah ada anjuran untuk nggak keluar rumah, bukan berarti kamu jadi malas-malasan aja lo! Apalagi, menurut ahli kesehatan, olahraga jadi salah satu cara untuk menjaga imunitas di tengah virus yang merebak. Nggak harus ke gym, sebenarnya kamu bisa lakukan olahraga sederhana di dalam rumah, bahkan di atas kasur!

Advertisement

Berikut ini ada beberapa gerakan peregangan yang bisa coba kamu lakukan di pagi hari saat baru bangun tidur. Supaya pegal-pegal semalam hilang dan kamu jadi nggak mudah capek seharian.

1. Awali pagimu dengan melakukan overhead stretch

tangan dan kaki ditarik via bestwalkingshoereviews.com

Gerakan peregangan ini cukup mudah, bahkan kamu pun bisa melakukannya sambil berbaring.

Dalam posisi berbaring, ulurkan kedua tangan ke atas melewati kepala. Kamu juga bisa mengaitkan kedua telapak tangan, ya! Tarik tubuh pelan, dan rasakan regangan dari ujung tangan ke kaki. Pertahankan posisi ini sambil menarik nafas dalam selama empat kali.

Advertisement

2. Masih dalam posisi berbaring, angkatlah kedua kaki ke atas dan tahan hingga beberapa detik

posisi lilin via www.fimela.com

Dalam posisi telentang, angkat satu kaki hingga 45 derajat sambil memegang paha depan. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Kemudian ulangi 15 hingga 20 kali pada setiap kaki. Lakukan selama tiga set dengan beristirahat 30 detik di antaranya setnya.

3. Bahkan, sesimpel melentangkan kaki juga bisa membuat badan lebih segar lo!

melentangkan kaki juga bisa dicoba via hot.liputan6.com

Sebenarnya latihan ini menargetkan otot bokong dan kaki. Tapi ternyata ini juga bisa meringankan pegal di area punggung.

Sambil berbaring telentang, tekuk kedua lutut dan angkat sedikit bokong. Tanpa meluruskan kaki, tekan ke tumit sambil mengangkat satu kaki dari kasur. Bawa lutut ke arah dada hingga sejajar pinggul. Kembalikan kaki ke tempat tidur dan ulang di sisi lain tanpa menurunkan pinggul.

Advertisement

4. Kalau ototmu terasa kaku setelah bangun tidur coba lakukan single knee to chest stretch

tarik kaki ke perut via www.purewow.com

Selain melemaskan otot di bagian punggung bawah, ini juga bisa meredakan otot kaku yang disebabkan artritis atau radang sendi.

Tekuk kedua lutut kaki dalam posisi berbaring. Angkat lutut kanan ke arah dada sambil dipegang dengan dua tangan. Pertahankan posisi ini hingga 30 detik dan rasakan regangannya. Lakukan hal yang sama pada kaki kirimu, ya!

5. Terakhir, dalam posisi duduk, cobalah lakukan child pose

meredakan tegang otot via parenting.orami.co.id

Selain meringankan nyeri punggung bagian bawah, gerakan ini juga bisa meregangkan tubuh bagian dada, bahu, otot perut, hingga pinggang.

Dalam posisi berlutut di atas kasur, lebarkan sedikit lututmu. Condongkan tubuh dan regangkan tangan ke depan. Turunkan tubuh secara perlahan sampai kening menyentuh permukaan kasur. Lemaskan otot tangan dan pertahankan posisi ini hingga beberapa menit. Jangan lupa atur nafasmu juga.

Nggak mesti setelah bangun tidur, beberapa gerakan di atas juga bisa kamu praktikkan jika otot tubuh mulai tegang. Baiknya lakukan rutin agar tubuh terasa lebih ringan dan enak buat dipakai beraktivitas.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE