Setelah ramai pemberitaan septic tank yang meledak beberapa hari lalu, banyak orang yang mulai peduli dengan tempat pembuangan limbah ini. Karena hampir setiap hari kita membuang limbah cair, sudah jadi hal wajar jika septic tank ini mudah penuh. Tapi kalau kamu menemukan indikasi septic tank penuh dalam jangka waktu nggak lebih dari satu tahun, waspada, jangan-jangan ada yang nggak beres.

Untuk meminimalisir septic tank yang kepenuhan dan jadi rawan meledak, coba kenali beberapa penyebabnya ini.

1. Posisi pembangunan yang kurang tepat jadi salah satu faktor penyebab septic tank mudah penuh

perhatikan posisi via rri.co.id

Advertisement

Septic tank yang ideal seharusnya dibuat di lokasi yang mengandung air tanah yang dalam. Semakin tinggi permukaan air tanah, maka bisa menghambat proses penguraian limbahnya. Apalagi saat musim hujan, daya penguraian cenderung menurun yang mana bisa menyebabkan penumpukan limbah.

2. Nggak ada saluran pembuangan gas yang menyebabkan proses penguraian limbah jadi terhambat

buat saluran gas via www.paradisevalleyseptic.com

Saluran gas yang tertutup bisa membuat proses penguraian limbah jadi lebih lama. Selain menimbulkan sumbatan, nggak adanya saluran pembuangan gas juga bisa memicu ledakan septic tank. Makanya, perlu dibuat ventilasi agar gas bisa keluar masuk dengan baik.

3. Pantas saja septic tank-mu mudah penuh, lha wong penghuni rumahnya banyak~

banyak pengguna via rri.co.id

Jika ukuran septic tank nggak dibuat sebanding dengan jumlah penghuni rumah, maka bisa jadi penyebab cepat penuhnya tempat pembuangan limbah ini.  Atau kalau memang tempatnya terbatas, lakukan sedot WC secara rutin setidaknya setahun atau dua tahun sekali.

4. Kurangnya bakteri penguraian limbah juga bisa jadi salah satu penyebab septic tank mudah penuh

bakteri septic tank via internasional.kompas.com

Advertisement

Bakteri di sini berperan sebagai pengurai yang bisa mengubah wujud limbah. Kalau bakterinya sedikit, proses penguraian pun jadi melambat. Tahu nggak sih, penggunaan bahan kimia atau sabun antibakteri untuk membersihkan klosetlah yang jadi salah satu penyebab berkurangnya bakteri dalam septic tank. Makanya, jangan sering-sering menyiram kloset dengan sabun pembersih, ya!

5. Kebiasaan membuang sampah di dalam kloset sudah barang tentu bikin septic tank jadi mudah penuh pun mampat

buang sampah di toilet via www.excite.co.jp

Sampah ini bisa berupa tisu, rambut, logam, karet, dan banyak lainnya. Khusus buat cewek, baiknya jangan buang pembalut di kloset sebab bisa menyebabkan sumbatan yang serius. Selain bisa menyebabkan septic tank cepat penuh, sampah bisa juga membuat sumbatan lubang kloset sehingga tinja nggak bisa tersiram dengan baik.

6. Melakukan penyedotan septic tank sampai tuntas, padahal bisa mengurangi bakteri pengurai di dalamnya

kuras dengan tuntas via idea.grid.id

Kesalahan berikutnya yang membuat septic tank cepat penuh ialah praktik penyedotan septic tank sampai habis. Memang jadi bersih dan terkesan tuntas, tapi cara ini bikin bakteri pengurai berkurang drastis sehingga butuh waktu lama untuk bisa melakukan tugasnya seperti semula.

Pembersihan atau pengurasan secara berkala jadi hal wajib yang bisa kamu lakukan untuk mencegah septic tank yang kepenuhan. Septic tank yang jarang disedot akan mengakibatkan sumbatan dan aroma yang kurang sedap pada toilet. Dan yang lebih parah, berisiko meledak juga.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya