8 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing. Dia Bisa Kesepian dan Cemburu, lo!

Perilaku manusia yang dibenci kucing

Punya peliharaan berbulu di rumah seperti kucing menjadikan suasana menjadi lebih hangat dan menyenangkan. Kucing bisa menjadi teman bermain, teman curhat, sampai teman tidur bersama. Tapi, ada kalanya dia tidak bersahabat dan justru menjauh darimu. Padahal, kamu merasa sudah menunjukkan rasa sayang sepenuhnya kepadanya.

Advertisement

Rupanya, meskipun maksudmu baik, ternyata bisa jadi itu adalah hal yang kucingmu benci, lo. Apa saja ya, perilaku manusia yang dibenci kucing?

1. Jangankan manusia, kucing juga benci kalau kamu biarkan kesepian

Sedih karena kesepian | Photo by Francesco Ungaro from Pexels

Saat jadwalmu padat, kadang kamu tak sempat untuk sekadar menyapa kucing peliharaanmu. Padahal, kucing juga membutuhkan perhatian dan cinta juga, lo. Kalau kamu membiarkan kucingmu sendirian terus menerus, kucing pun bisa menjadi sedih, lesu, bahkan yang paling parah bisa depresi.

Tanda-tanda kucing kesepian di antaranya sering mengeong, berperilaku buruk, mendengkur, sampai rontok berlebih bulunya. Jadi, usahakan setiap hari sisihkan waktu beberapa menit untuk menghabiskan waktu bersamanya atau kamu bisa mencarikan teman untuk kucing peliharaanmu.

Advertisement

2. Kucing benci saat kamu membiarkan kandang dan kotak pasir kotor. Jangan lupa dibersihkan, ya!

Marah karena kandangnya kotor | Photo by Amir Ghoorchiani from Pexels

Bagaimana rasanya jika kamu menggunakan toilet dan rumah yang kotor? Pasti tidak nyaman, bukan? Kucing ternyata juga merasakan hal yang sama lo. Untuk membersihkan kotak pasir yang kotor, kamu bisa menyendok kotorannya setiap hari dan mengganti pasir secara berkala.

3. Siapa yang masih suka memberikan makanan basi untuk kucing? Selain berbahaya, mereka juga nggak akan suka

Mogok makan | Photo by Ihsan Aditya from Pexels

Namanya makanan basi, pasti rasanya tidak enak dan juga sudah tak layak makan. Makanan basi sudah mengandung bakteri yang berbahaya untuk kucing juga, lo. Mereka akan sakit jika kamu memberikannya makanan basi.

Maka dari itu, pastikan kamu memeriksa tanggal kedaluwarsa makanan basah ataupun kering mereka. Kamu bisa memberikan kucing makan pada siang atau malam hari sesuai dengan jadwal yang biasanya. Meskipun mereka akan aktif memburu mangsanya, seperti tikus pada malam hari.

Advertisement

4. Siapa yang sering dicakar karena kamu membelainya terlalu agresif? Itu tandanya kucing nggak suka

Menolak dibelai | Photo by Kevin Bidwell from Pexels

Sebagai pemelihara kucing, perlahan-lahan kamu pun akan mengenal mereka. Tanpa sadar, kamu tidur bersama kucing dan juga melakukan berbagai hal bersama sehari-hari. Tetapi, tiba-tiba kucingmu terlihat tidak bersahabat saat kamu menyentuhnya. Itu berarti kamu terlalu agresif atau salah sentuh, sehingga kucingmu akan marah, mendesis, mencakar, atau menggigit. Biasanya, mereka akan suka jika dibelai di area kepala dan lehernya.

5. Jangan membuat suara keras, kucingmu juga bisa stres, lo!

Saat ketenangannya terganggu | Photo by Kevin Bidwell from Pexels

Suara keras seperti petir, pertengkaran, teriakan yang terus menerus ternyata bisa memicu stres hewan peliharaanmu. Jika kucing stres, akan timbul masalah kesehatan lainnya yang lebih buruk. Maka dari itu, jauhkan mereka dari paparan suara keras dan letakkan di tempat yang tenang.

6. Memberi obat kepada kucing ternyata harus pakai trik khusus, kalau nggak bisa dimuntahkan lagi, lo!

Menolak diberi obat | Photo by Anel Rossouw from Pexels

Saat kucing kesayanganmu sakit, mau tidak mau kamu akan memberinya obat. Nah, ternyata kucing tidak menyukainya dan akan cenderung melawan saat diberi. Bahkan, dia bisa saja memuntahkan kembali obat yang sudah ditelan. Itu juga berlaku saat kamu memberikan obat kutu kucing alami atau memberikannya aroma tertentu yang tidak disukai kutu kucing.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memberikan obat melalui camilan kesukaannya atau dengan memberinya camilan setelah meminum obat. Jika kamu mencari cara membasmi kutu kucing yang menyerang manusia, daripada memberi obat pada kucing lebih baik menggunakan bahan-bahan alami saja.

7. Bukan hanya pacar saja yang bisa cemburu, kucing juga bisa cemburu dengan perhatianmu pada kucing lainnya

Perhatian dengan kucing lain | Photo by Dmitriy Ganin from Pexels

Kamu pernah menyaksikan perkelahian antarkucing? Kucing bisa saja memperebutkan makanan, mainan, atau perhatian yang kamu berikan kepada kucing lainnya, lo. Karena persaingan atau kecemburuan itu, kucing bisa menjadi lebih agresif saat berada di rumahmu.

8. Tak hanya pemiliknya, mandi juga sangat dibenci oleh si kucing. Lebih enak tidur aja deh~

Malas mandi | Photo by Dương Nhân from Pexels

Siapa yang setiap memandikan kucing harus pakai tenaga ekstra? Belum lagi kalau habis mandi si majikan justru main-main di tempat yang kotor, sia-sia deh semuanya. Nah, kalau sudah begitu, kamu bisa menyikat tubuhnya saja untuk membersihkan bulu dan kotoran. Jika harus mandi, lakukan dengan cepat lalu keringkan tubuhnya.

Itu dia 8 perilaku manusia yang ternyata nggak disukai oleh kucing. Kamu pernah melakukan yang mana nih, SoHip?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE