6 Ancang-Ancang Sebelum Senam Zumba yang Menyelamatkanmu dari Kliyengan. Jangan Sok-Sokan~

Persiapan senam zumba

Kaum urban masa kini tentu sudah nggak asing lagi dengan olahraga zumba. Jenis olahraga ritmis yang memadukan antara kecepatan respon tubuh dan juga gerakan dance ini memang cukup populer. Karena gerakannya cenderung cepat dan lincah, nggak jarang bikin para pemula kesulitan untuk mengikutinya. Bahkan ada juga yang mengaku nggak kuat mengejar ritmenya, ngos-ngosan, dehidrasi, pusing, hingga mual.

Advertisement

Memang nggak semua orang mengalami, tapi karena zumba ini termasuk jenis olahraga yang intensitas gerakannya cukup tinggi, ada baiknya kamu persiapkan beberapa hal berikut sebelum memulai latihan. Terkhusus kamu yang baru pertama kali mengikuti kelas zumba.

1. Sebagai awalan, ikuti kelas zumba yang menawarkan gerakan dengan irama lebih lambat dan cocok untuk pemula

pilih jenis zumba yang sesuai via en.wikipedia.org

Perlu kamu tahu bahwa jenis zumba itu ada beragam, mulai dari zumba step, zumba toning, hingga zumba gold. Nah, ada baiknya kamu pilih jenis zumba yang sesuai dengan kebutuhan juga kemampuanmu sebagai pemula. Kan biar lebih efektif dan bisa mengikuti semua gerakan yang diajarkan~

2. Batasi jam makan terakhir setidaknya 2 jam sebelum mengikuti kelas zumba

makan 2 jam sebelum latihan via www.itsgreatoutthere.com

Karena gerakan dalam zumba cukup enerjik dan lumayan ‘mengocok’ perut, jadi usahakan untuk membatasi jam makan terakhir sebelum mengikuti kelas zumba, setidaknya 2 jam lah. Pun usahakan makanannya yang ringan-ringan saja, namun cukup memberikanmu tenaga seperti roti gandum, sereal, atau sejenisnya.

Advertisement

3. Minum air putih setidaknya 30 menit sebelum berzumba untuk asupan cairan selama latihan

minum banyak air via www.heatbud.com

Minum cukup air putih sebelum latihan berguna untuk menyediakan asupan cairan dan mencegah dehidrasi selama latihan berlangsung. Air juga berfungsi sebagai antioksidan agar oksigen nggak banyak terbuang saat berolahraga. Baiknya kamu sudah minum 1.200 ml air mineral sebelum latihan, bukan cairan lain seperti jus atau lainnya. Kamu juga dianjurkan untuk menyediakan air putih untuk diminum di sela-sela mengikuti latihan.

4. Jangan lupa gunakan pakaian yang nyaman, terutama sepatunya

sepatu yang nyaman via www.zumbacenter.net

Pilihlah pakaian yang nyaman dengan bahan lentur dan menyerap keringat. Hindari pakaian yang terlalu longgar, pilih yang pas di tubuh dan nggak bikin gerah. Lebih dari itu, pilih sepatu olahraga yang empuk dan pas ukurannya karena latihan zumba menitikberatkan pada gerakan kaki dan pinggul. Jadi biar lebih nyaman gerakanmu nantinya.

5. Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum latihan dimulai, apalagi kalau kamu sudah lama nggak olahraga

pemanasan via life.spartan.com

Karena gerakannya yang cukup intens, risiko cedera pada latihan zumba ini tergolong tinggi lo. Maka, pemanasan sangat penting untuk mempersiapkan otot dan pernapasanmu lebih baik sebelum mengikuti latihan. Jangan sampai ujug-ujug kamu jogat-joget aja sementara badanmu belum ‘dipanasi’ sebelumnya.

Advertisement

6. Terakhir, jaga kondisi tubuh sebelum mengikuti latihan

jaga kondisi tubuh via www.1life.co.za

Menjaga kondisi tubuh sangat penting demi efektivitas latihan zumba yang dilakukan. Usahakan kamu nggak dalam kondisi yang lelah atau kecapekan mengingat zumba termasuk dalam latihan kardio yang membutuhkan stamina yang cukup fit. Kamu nggak mau kan, tumbang di tengah-tengah latihan?

Sebenarnya, persiapan latihan zumba ini nggak terlalu banyak dan ribet. Hanya saja, banyak orang yang menyepelekan sehingga latihan zumbanya pun jadi nggak efektif. Bukannya sehat, malah sakit-sakit badannya. Jadi, tolong patuhi syarat wajib ini sebelum nyemplung ke sanggar zumba, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE