Perubahan Siklus Menstruasi Sesuai Usia. Siklusnya Cewek Umur 20-an dan 30-an Jelas Beda

Perubahan siklus menstruasi

Normalnya, siklus menstruasi berlangsung selama 4 hingga 8 hari dan terjadi tiap 24 sampai 35 hari setiap periodenya. Namun, seiring berjalannya waktu, tubuh mengalami perubahan dan membuat siklus menstruasi berubah. Perubahan ini bisa dianggap wajar selama darah yang dikeluarkan nggak lebih dari 80 mililiter dalam satu periode.

Advertisement

Nah, untuk mengetahui apakah siklus haidmu normal atau nggak, baiknya ketahui perubahan siklus menstruasi yang disebabkan oleh usia berikut ini. Supaya jadi lebih tahu dan nggak mudah was-was kalau perubahan ini terjadi.

Usia 12 tahun merupakan saat pertama seorang gadis mengalami menstruasi. Pada usia ini, siklus menstruasi yang terjadi belum berjalan normal

usia belasan via doktersehat.com

Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon yang masih terus beradaptasi pada tubuh, Umumnya, butuh waktu hingga tiga dari (dari menstruasi pertama) untuk mendapatkan siklus menstruasi yang terkontrol.

Memasuki usia 20 tahun, siklus menstruasi jadi lebih teratur dan mudah diprediksi

usia 20 tahun via www.liputan6.com

Jarak antara haid bulan ini dengan bulan berikutnya berkisar antara 25 hingga 28 hari. Selain itu, di usia ini menstruasi akan berlangsung selama 2 hingga 7 hari yang merupakan waktu normalnya. Perubahan siklus akan terjadi jika kamu mulai menggunakan kontrasepsi hormonal. Bahkan, penggunaan pil juga bisa menyebabkan perubahan siklus menstruasimu lo!

Advertisement

Menstruasi mungkin akan berhenti sesaat ketika masuk usia 30 tahun. Namun, setelah itu menstruasi akan berlangsung normal kembali

usia 30an via www.klikdokter.com

Menstruasi yang berhenti selama 6 minggu ini akan terjadi setelah kamu melahirkan. Setelah itu, tubuhmu akan menyesuaikan kembali dengan siklus menstruasi yang  berlangsung lebih lama. Enaknya, siklus menstrusi yang lebih lama ini justru membuat kram perutmu berkurang. Hal ini disebabkan karena pembukaan serviks menjadi lebih besar dan aliran darah bisa keluar tanpa memerlukan kontraksi uterus yang kuat.

Di usia 40 tahun, indung telur memperlambat produksi ekstrogen yang membuat siklus menstruasi jadi lebih pendek dan jarang

usia 40 tahun via www.honestdocs.id

Di usia ini, tubuh mulai mengalami perimenopause yang berlangsung antara delapan hingga sepuluh tahun. Selain itu, tubuh juga akan mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan proses ovulasi terganggu. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati jika ingin mencegah kehamilan.

Dengan mengetahui perubahan siklus menstruasi, kamu jadi tahu apakah menstruasimu selama ini normal atau nggak. Jika kamu merasa siklus menstruasimu nggak normal, cobalah untuk berkonsultasi kepada ahli yang lebih tahu. Hal ini wajib kamu lakukan agar nggak terjadi hal yang nggak diinginkan.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE