7 Titik Pijat Refleksi Kaki yang Bisa Dicoba Sendiri. Ampuh Redakan Mag Hingga Sakit Gigi

Pijat refleksi

Berbeda dari jenis pijat lainnya, pijat refleksi adalah salah satu teknik pijatan pada tubuh yang memanfaatkan titik-titik tertentu pada area kaki yang dipercaya mewakili kondisi organ dan anggota tubuh. Menurut ilmu pengobatan Tiongkok kuno, refleksi kaki dipercaya dapat memberi efek tertentu pada kesehatan dengan memanfaatkan perbaikan aliran energi di dalam tubuh yang disebut chi, meski belum dapat dijelaskan dengan fakta ilmiah.

Advertisement

Melansir Webmd, pijat refleksi memberikan pengaruh pada organ atau bagian tubuh melalui rangsangan sistem saraf. Nah, rangsangan ini akan dikirim ke sistem saraf pusat. Pijatan ini akan melancarkan aliran darah, pernapasan, respons kekebalan yang akan memengaruhi organ-organ di dalam tubuh. Hasilnya, tubuh akan lebih rileks. Sebenarnya, pijat refleksi bisa dilakukan di berbagai bagian tubuh, namun yang paling dirasakan khasiatnya adalah pijat refleksi kaki.

Titik refleksi kaki kiri atau kanan ini mirip sebuah peta yang menampilkan gambaran seluruh organ di bagian-bagian kaki. Secara garis besar, ada empat zona titik refleksi di kaki kanan atau kiri yang menghasilkan manfaat berbeda-beda, seperti yang ditampilkan dalam gambar berikut ini.

titik refleksi kaki | credit: reflexology-map via reflexology-map.com

Nah, berikut ini ada beberapa titik pada area kaki yang bisa dipijat mandiri untuk meredakan masalah kesehatan tertentu. Lumayan kan, nggak perlu datang ke terapis~

Advertisement

1. Mengatasi sakit kepala nggak selalu harus pakai obat-obatan. Ada titik pijat refleksi di kaki yang bisa meredakan

meredakan sakit kepala | credit: Meily via hipwee.com

Ketika kamu merasakan kepala terasa berat dan tegang, tekan titik di bagian atas jempol serta pergelangan kaki. Pijatlah dengan gerakan memutar secara perlahan tapi menekan kuat selama kurang lebih satu menit. Kalau kamu mengalami migrain di kepala sebelah kanan, pijatlah titik refleksi kaki kiri pada bagian jempol dan begitu juga sebaliknya. Awalnya, pijatan ini mungkin bikin nggak nyaman tapi bakal hilang perlahan kok~

2. Percaya nggak kalau flu atau hidung tersumbat bisa diredakan dengan pijat refleksi kaki?

meredakan flu | credit: Meily via hipwee.com

Saat badanmu merasa nggak enak dan hidung tersumbat karena flu, lakukan pijat titik refleksi di area jempol kaki kanan dan kiri, tepatnya pada area lembah di antara jempol dan jari telunjuk kaki. Bagian ini berhubungan langsung dengan saraf yang dapat membuka sumbatan hidung. Pijat dengan tekanan mengarah ke arah atas dan bawah secara perlahan. Lakukan berulang karena pijatan ini nggak hanya melegakan nafas pada rongga hidung saja, tapi juga membantu meredakan sumber penyebab alergi dan flu.

3. Nyeri atau kram perut karena PMS bisa diredakan dengan memijat titik pada bagian tengah tumit selama tiga menit

untuk nyeri haid | credit: Meily via hipwee.com

Nyeri PMS biasanya dialami para wanita ketika mengalami mens pada hari pertama atau kedua. Pada beberapa kasus, nyeri PMS ini bisa terasa mengganggu hingga sulit beraktivitas. Nah, untuk meredakannya, pijatlah titik pada bagian tengah tumit selama kurang lebih tiga menit. Titik ini berhubungan dengan kelenjar endokrin reproduksi wanita yang membantu merangsang pelepasan endorfin, hormon yang dapat mengatasi berbagai rasa nyeri.

Advertisement

4. Buatmu yang mengalami insomnia alias susah tidur karena berbagai hal, bisa melakukan pijat refleksi kaki untuk memperbaiki kualitas tidur

insomnia | credit: Meily via hipwee.com

Cobalah tekan kedua jempol kakimu, tepatnya di bagian bawah ujung jempol kaki. Setelah itu pijat sisa permukaan jempol untuk merelaksasi tubuh. Lakukan secara berulang hingga tubuh merasa rileks. Penelitian menunjukkan bahwa refleksi kaki dapat memberi rasa tenang dan rileks pada sebagian orang yang menderita insomnia, melansir Alodokter.

5. Pijat refleksi kaki sakit gigi juga direkomendasikan sebagai pengobatan alternatif buatmu yang mengalami nyeri pada gigi

sakit gigi | credit: Meily via hipwee.com

Titik untuk meredakan sakit gigi berada di bagian atas kaki, tepatnya di antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Pijat dan berikan tekanan yang kuat serta stabil pada titik pijat ini, tahan selama satu menit. Pijat refleksi sakit gigi sembuh seketika ini banyak layak dicoba. Di samping meredakan sakit gigi, pijatan pada titik ini juga dapat membantu meringankan sakit rahang atas, sakit tenggorokan, sakit lambung, serta gangguan pencernaan.

6. Lakukan pijat refleksi untuk asam lambung naik pada titik bagian bawah tengah bonggol telapak kaki

asam lambung | credit: Meily via hipwee.com

Area ini merupakan titik saraf yang menuju ke lambung. Fokuskan pemijatan pada titik-titik ini selama tiga menit. Lakukan terapi tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam sebelum tidur selama tiga hari berturut-turut, kemudian lanjutkan terapi sekali sehari sampai sembuh. Cara ini juga bisa diterapkan untuk pijat refleksi sakit maag atau pijat refleksi sesak nafas karena asam lambung.

7. Untuk meningkatkan detoksifikasi pada hati, lakukan pijat refleksi pada titik di bagian tengah punggung kaki

detoks hati | credit: Meily via hipwee.com

Supaya kinerja hari makin meningkat untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh, beri tekanan pada titik refleksi di bawah jempol kaki atau di bagian tengah punggung kaki. Menekan titik ini akan memberi semburan energi baru yang akan membersihkan dan mendetoksifikasi. Pijat refleksi ini bagus bagi yang sulit tidur nyenyak atau kerap terbangun lewat tengah malam dan merasa sulit untuk kembali tidur. Juga bisa berfungsi sebagai pijat refleksi untuk tekanan darah tinggi.

Saat kamu merasa ada gangguan di tubuhmu, nggak ada salahnya mencoba beberapa pijatan refleksi yang memfokuskan pada titik-titik tertentu di atas. Siapa tahu sudah baikan sebelum diperiksakan~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE