5 Produk ini Lebih Baik Dibeli dalam Kondisi Baru, yang Bekas Berisiko!

Bukan semata-mata karena alasan 'harga', tapi soal fungsi dan keamanannya

Siapa nih, SoHip yang lebih suka berbelanja barang bekas daripada barang baru? Beberapa orang memilih untuk berbelanja barang bekas karena bisa mendapatkan barang yang sama namun dengan harga yang lebih murah. Selain itu, membeli barang bekas bisa mengurangi limbah dan bisa menjaga bumi dari kerusakan.

Namun perlu SoHip ketahui, ternyata tidak semua barang baik dibeli dalam kondisi bekas. Dilansir dari situs Rider’s Digest, lima barang ini tidak boleh kamu beli dalam kondisi bekas, berikut alasannya.

ADVERTISEMENT

1. Televisi

produk yang jangan beli bekas

televisi

Sangat sulit untuk mengetahui seberapa bagus kondisi sebuah perangkat elektronik, terutama TV. Pasalnya, kita tidak tahu apakah TV tersebut dirawat dengan baik oleh sebelumnya atau tidak.

Jika layar TV second mati, maka perlu banyak biaya untuk memperbaiki atau menggantinya. Kadang harga servis bisa hampir sama dengan membeli TV baru.

ADVERTISEMENT

2. Sepatu

5 Produk ini Lebih Baik Dibeli dalam Kondisi Baru, yang Bekas Berisiko!

Photo by Paul Gaudriault via unsplash.com

Bagian dalam sepatu bekas biasanya memiliki bentuk bekas dari pengguna sebelumnya. Bahkan sebagian sepatu bekas memiliki kerusakan di bagian bantalan dan penyerapan sehingga tidak nyaman digunakan.

Baca konten menarik seputar healing: Inilah Healing yang Sebenarnya. Bukan Sekadar Jalan-jalan atau Beli Barang

ADVERTISEMENT

3. Vacuum cleaner

5 Produk ini Lebih Baik Dibeli dalam Kondisi Baru, yang Bekas Berisiko!

Photo by No Revisions via unsplash.com

Vacuum cleaner memang sangat membantu kita saat membersihkan ruangan, namun sayangnya vacuum cleaner memiliki harga yang mahal. Jika kamu berfikir untuk membeli vacuum cleaner bekas, sebaiknya urungkan pikiran tersebut.

Kemungkinan, vacuum cleaner bekas dijual karena kinerjanya sudah tidak prima dan mungkin ada yang salah dengan kondisinya.

ADVERTISEMENT

4. Peralatan dan makanan hewan peliharaan

5 Produk ini Lebih Baik Dibeli dalam Kondisi Baru, yang Bekas Berisiko!

Photo by M Burke via unsplash.com

SoHip harus menghindari membeli makanan dan minuman bekas untuk hewan peliharaan. Mungkin saja makanan bekas tersebut sudah kedaluwarsa, tidak higienis, atau penuh dengan kuman dan serangga.

Kamu juga harus menghindari untuk membeli peralatan bekas bagi hewan peliharaan, kecuali bisa memastikan. Peralatan bekas bisa jadi mengandung virus dari penyakit hewan sebelumnya dan bisa menginfeksi hewan peliharaanmu.

ADVERTISEMENT

5. Perhiasan

5 Produk ini Lebih Baik Dibeli dalam Kondisi Baru, yang Bekas Berisiko!

Photo by Joeyy Lee via unsplash.com

Mungkin SoHip berencana membeli perhiasan bekas karena harganya yang jauh lebih murah dari perhiaasan baru. Sebaiknya jangan lakukan! Kecuali jika kamu memahami tentang perhiasan dengan baik. Alasannya adalah, biasanya seseorang menjual perhiasan jauh lebih mahal daripada saat membeli.

Oleh karena itu, bukan alasan jika perhiasan bekas bisa memiliki harga yang lebih rendah dari yang baru. Bisa jadi, perhiasan tersebut adalah perhiasan imitasi atau palsu yang dibuat sedemikian rupa agar kita terkecoh.

Nah, itulah beberapa barang yang sebaiknya SoHip beli dalam kondisi baru.

Jika SoHip memiliki daftar produk yang lain, tulis di komentar bersama alasannya, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world