7 Trik Menyiasati Rambut yang Sering Nongol Saat Pakai Jilbab. Nggak Mau Kan Dibilang ‘Jipon’?

Rambut keluar dari jilbab

Hampir semua setuju, rambut yang keluar saat pakai jilbab akan sangat mengganggu. Terlebih jika kamu sudah menata jilbabmu berjam-jam supaya terlihat rapi. Nggak cuma mereka yang punya rambut panjang, bahkan yang berambut pendek pun juga bisa keluar-keluar dari jilbab lo! Apalagi kalau kamu punya poni.

Advertisement

Nah, biar nggak repot bolak-balik membetulkan rambut yang keluar-keluar dari jilbab, mending lakukan beberapa trik berikut. Tenang, masih bisa diakali kok.

1. Gunakan inner atau ciput untuk membungkus seluruh rambut sebelum pakai jilbab

pakai ciput via www.youtube.com

Bukan cuma mencegah rambut keluar, penggunaan ciput juga bisa membuat jilbab nggak turun-turun, apalagi kalau bahannya cenderung licin. Biar penampilanmu tetap on point, pilihlah warna ciput yang sesuai dengan jilbab, ya! Pastikan juga bahan ciput menyerap keringat biar nggak lembap waktu dipakai.

2. Kalau nggak nyaman pakai ciput, kamu bisa menggantinya dengan bandana

pakai bandana via nl.pinterest.com

Bagi sebagian orang, ciput memang terlalu berat di kepala. Nah, kalau mau lebih ringan, mending pakai bandana saja. Fungsinya masih sama kok seperti ciput, cuma menutupi bagian depan kepala dan telinga saja.

Advertisement

3. Jepitan rambut juga bisa jadi solusi biar rambut lebih rapi

pakai jepit via www.allthingshair.com

Jepit rambut bisa kamu pakai di bagian atas kepala dan kanan kiri atas telinga supaya rambut halusmu nggak keluar-keluar. Baiknya pakai bobby pins atau jepit lidi biar nggak begitu mengganggu bentuk jilbab.

4. Paling praktis, memang mengikat atau mengepang rambut sih

dikepang via gaya.tempo.co

Biar rambut masuk semua dalam ikatan, kamu perlu menyisirnya lebih dulu. Kalau diikat tapi masih keluar-keluar, mending rambutnya kamu kepang saja. Jika rambut cukup panjang, ikatannya bisa kamu tekuk agar nggak kelihatan dari jilbab bawah.

5. Jika rambutmu cukup kering, kamu bisa memakai gel agar lebih mudah diatur

pakai gel via doyouremember.com

Nggak perlu semua, cukup pakai gel untuk rambut bagian depan saja. Jika kurang suka memakai gel, kamu bisa menggantinya dengan petroleum jelly. Nggak ribet, tinggal oles saja dibagian rambut yang sering keluar.

Advertisement

6. Atau, kamu juga bisa pakai hair spray biar rambut lebih kaku

pakai hair spray via www.brightontheday.com

Hair spray ini bisa kamu pakai untuk menata rambut supaya bentuknya rapi ke belakang. Nggak perlu khawatir, ketahanan hair spray bisa sampai delapan jam hingga kamu selesai kerja dan lepas jilbab lagi. Kalau mau lebih kuat, rambut bisa kamu ikat dulu terus baru disemprot hair spray deh.

7. Baiknya hindari memakai jilbab berbahan licin

jilbab bahan licin via www.allthingshair.com

Alih-alih pakai jilbab bahan sifon atau satin, kamu justru lebih disarankan untuk memilih kerudung berbahan katun dan viscose. Selain nggak licin, dua bahan ini juga mudah diatur dan dibentuk, sehingga kamu bisa mengkreasikan jilbab sesuai yang diinginkan.

Biar makin mudah diatur, hindari juga memotong rambut dengan model poni. Soalnya, rambut berponi akan lebih sulit diikat dan pasti bakal sering keluar-keluar waktu kamu pakai jilbab. Apalagi kalau rambutmu kering dan jatuh.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE