Rekomendasi Oleh-Oleh Haji, Cocok untuk Banyak Orang

Pulang haji kasih oleh-oleh apa ya?

Haji adalah perjalanan spiritual yang tak terlupakan, membawa setiap jamaah lebih dekat kepada Sang Pencipta.

Tapi, setelah perjalanan penuh makna itu, ada satu momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh keluarga dan sahabat di rumah: oleh-oleh haji!

Tapi, jangan sampai kebingungan saat memilih oleh-oleh di pasar yang ramai atau toko-toko di sekitar Masjidil Haram. Tenang, kami punya daftar rekomendasi oleh-oleh haji yang akan membuat semua orang tersenyum bahagia.

ADVERTISEMENT

1. Kurma Ajwa sampai Kurma Sukari, Lebih Suka yang Mana?

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - kurma

Tidak hanya ketika puasa, kurma menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik ketika haji. Makanan yang menjadi salah satu makanan pokok orang Arab ini kerap menjadi buah tangan ketika kembali dari tanah suci.

Jamaah haji bisa membeli kurma ini ketika sedang tour ke kebun kurma, atau bisa juga membeli di toko oleh-oleh haji di Indonesia. Atau mungkin jamaah sempat menyempatkan diri untuk mampir ke pasar-pasar tradisional atau toko oleh-oleh yang penuh dengan berbagai jenis kurma.

Ada kurma Ajwa yang terkenal dengan sebutan “kurma nabi,” dan kurma Medjool yang besar dan juicy. Lalu ada juga kurma Sukari yang manis dan lumer di mulut bahkan jadi favorit Raja Saudi. Masing-masing jenis kurma punya keunikan rasa dan tekstur yang berbeda.

ADVERTISEMENT

2. Kismis, Anggur Kering Cocok Buat Temen Ngeteh

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - kismis

Selain kurma, hidangkan juga camilan manis yang sehat ini!

Kismis atau anggur kering, adalah salah satu oleh-oleh haji yang tak kalah populer dari kurma. Di Tanah Suci, kamu akan menemukan berbagai jenis kismis dengan rasa dan tekstur yang unik, siap memanjakan lidah, dan menyimpan sejuta kebaikan.

Kismis dikenal sebagai sumber energi yang praktis dan lezat. Cukup segenggam kismis bisa memberikan dorongan energi yang pas di tengah aktivitas sehari-hari. Bisa juga dibuat sebagai isian pudding kismis.

Pasar-pasar di Mekah dan Madinah penuh dengan kismis berkualitas tinggi. Mulai dari kismis hitam yang manis dan legit, kismis kuning yang segar dengan sedikit asam, hingga kismis hijau yang renyah dan eksotis.

ADVERTISEMENT

3. Parfum Arab, Baunya Khas!

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - parfum

Ingin tahu bagaimana aroma di Masjidil Harom dan Masjid Nabawi? Bawakan saja parfum dari Arab. Ya, di Masjid Nabawi kerap menggunakan wewangian khusus yang membuat aroma khas yang tak terlupakan.

Mengunjungi toko parfum di Tanah Suci, kamu bisa mencium berbagai aroma yang memikat dan jauh berbeda dengan jenis parfum yang ada di pasaran Indonesia. Selain itu, banyak toko yang menawarkan kesempatan untuk menciptakan campuran parfummu sendiri, membuatnya semakin personal dan spesial.

Ada berbagai macam parfum yang kerap dijual di toko parfum di tanah suci, mulai dari white misk, black misk, kasturi, zafaron, dan masih banyak lagi.

ADVERTISEMENT

4. Kacang Pistachio, Makanan Oleh-Oleh Haji yang Banyak Khasiatnya!

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - pistachio

Kacang pistachio dikenal dengan rasa yang gurih dan teksturnya yang renyah. Rasanya yang unik dan sedikit manis membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Meski mengupasnya membutuhkan sedikit usaha, namun rasa asin gurihnya tidak ada duanya. Apalagi makanan khas timur tengah ini memiliki banyak khasiat, loh!

Pistachio kaya akan antikosidan, termasuk vitamin E dan polifenol yang menjaga Kesehatan sel-sel tubuh. Selain itu, Pistachio juga dapat membantu menurunkan kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kolestrol baik (LDL), sehingga baik untuk Kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, Pistachio juga mengandung Lutein dan Zeaxanthin, dua antioksidan yang penting untuk Kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi macula terkait usia.

ADVERTISEMENT

5. Siwak, Sikat Gigi Sunnah Nabi

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - siwak

Kalau ada teman yang senang menjalankan sunnah nabi, pasti bakal senang mendapatkan oleh-oleh ini!

Siwak, atau miswak, adalah batang kayu yang ketika digigit bisa menjadi serabut. Kayu ini telah digunakan selama ribuan tahun sebagai alat pembersih gigi alami. Bukan hanya sekadar tradisi islami, siwak adalah bukti kecerdikan nenek moyang kita dalam menjaga kesehatan mulut.

Dengan membawa pulang siwak, kamu membawa sepotong sejarah dan keberkahan dari Tanah Suci, menjadikannya oleh-oleh yang istimewa dan bermanfaat.

ADVERTISEMENT

6. Sajadah Dari Arab Kualitasnya Beda

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - sajadah

Sajadah adalah salah satu oleh-oleh haji yang paling dicari dan dihargai. Bayangkan membawa pulang sehelai sajadah dari Tanah Suci yang indah dan penuh makna! Sajadah bukan hanya alat untuk beribadah, tapi juga simbol dari perjalanan spiritual yang telah kamu lalui.

Dibuat dari bahan berkualitas dengan motif-motif yang menawan, sajadah dari Syria, Azerbaijan, atau Mesir terkenal memiliki kualitas unggulan dan pastinya akan membuat shalat menjadi lebih khusyuk.

Setiap kali sujud, sentuhan lembut sajadah akan membawa kenangan suci dari dua kota paling istimewa bagi umat Muslim.

Bisa jadi mahar seperangkat alat sholat juga nih!

7. Abaya Bikin Kamu Tampil Ala Penduduk Arab

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - abaya

Abaya adalah salah satu rekomendasi oleh-oleh haji yang paling elegan dan berkelas! Pakaian panjang yang anggun ini bukan hanya sekadar busana, tapi juga cerminan dari budaya Tanah Suci.

Bukan bahan sembarangan yang digunakan, abaya dari Arab memberikan sentuhan keanggunan yang tak tertandingi.

Bahannya lembut dan khas, ketika terkena cahaya dan terlipat pun ada kilatan warna-warna cantik yang muncul. Dengan abaya, setiap wanita bisa merasa lebih dekat dengan momen-momen suci yang kamu alami selama di Tanah Suci.

8. Peci

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - peci

Peci juga menjadi icon fashion umat muslim yang bisa kamu gunakan sebagai oleh-oleh haji. Di tanah Arab, ada berbagai peci dari berbagai belahan dunia yang dijual.

Mulai dari Fez khas Turki, Kufi khas mesir, atau Pakol khas Afghan tersedia di pasar di sekitar tanah haram.

Kebayangkan pahala yang didapat kalau peci oleh-oleh kamu sering dipakai ke masjid?

9. Gamis, Rekomendasi Oleh-Oleh Haji yang Cocok untuk Saudara dan Sahabat

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - gamis

sumber gambar: Youtube: Travelling & Foodies Pakistan

Tidak ketinggalan, gamis juga kerap menjadi oleh-oleh yang berkesan. Terkenal dengan kainnya yang halus dan nyaman, gamis dari Arab membawa sentuhan elegan ala sultan.

Oleh-oleh ini sangat cocok diberikan kepada orang-orang spesial sebagai tanda kasih dan keberkahan dari Tanah Suci. Memakai gamis khas Arab tidak hanya menambah kesan anggun, tetapi juga membuat pemakainya merasa seperti bangsawan.

Oleh-oleh ini cocok diberikan kepada orang yang spesial. Pakai gamis khas Arab ini bikin kamu tampil ala sultan Arab, deh!

10. Sorban

hipwee-rekomendasi oleh-oleh haji - sorban

Sorban atau terkadang disebut juga sebagai kefiyeh atau imamah merupakan penutup kepala khas Arab. Terbuat dari kain berkualitas tinggi, sorban dari Tanah Suci memiliki warna yang khas.

Sorban bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, baik untuk beribadah maupun sehari-hari, memberikan kesan yang elegan dan berwibawa.

Sebagai hadiah, sorban tidak hanya melambangkan kasih sayang dan doa dari Mekah dan Madinah, tetapi juga menjadi kenang-kenangan dari tanah suci.

Akhir Kata

Menunaikan ibadah haji adalah pengalaman spiritual yang luar biasa, dan membawa pulang oleh-oleh dari Tanah Suci adalah cara yang indah untuk berbagi keberkahan dan kenangan dengan orang-orang tercinta.

Dari kurma yang manis, siwak yang penuh manfaat, hingga gamis dan sorban yang elegan, setiap oleh-oleh memiliki makna dan cerita tersendiri.

Dengan memilih oleh-oleh yang tepat, kamu tidak hanya memberikan hadiah yang berkesan, tetapi juga menyebarkan kebahagiaan dan keberkahan perjalanan suci.

Semoga rekomendasi oleh-oleh haji ini membantu kamu menemukan buah tangan yang sempurna untuk keluarga dan sahabat. Selamat berbagi keberkahan dari Tanah Suci, dan semoga setiap oleh-oleh membawa kebahagiaan dan doa yang tulus dari hati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis