Resep Bakwan Jagung yang Menggugah Selera. Sampai ‘Kres-kres’ Bunyinya

Resep bakwan jagung

Bakwan jagung, teman lauk yang kerap menghiasi meja makan. Camilan satu ini pasti nggak asing di lidah orang Indonesia. Adonan tepung dilengkapi jagung ini punya cita rasa gurih yang bikin nagih. Apalagi resep bakwan jagung simple banget lo. Dengan bahan-bahan sederhana dan murah meriah, bakwan jagung yang lezat udah bisa dibuat. Saking enak dan gampang dimasak, resep bakwan jagung enak dan gurih sering dicari di mesin pencarian internet.

Advertisement

Selama ini, banyak orang mungkin mengira resep bakwan jagung cuma itu-itu aja. Padahal resep bakwan jagung banyak macamnya. Kalau pengin bakwan yang digigit langsung bunyi ‘kres-kres’, ada resep bakwan jagung renyah dan tidak lembek. Misal pengin bakwan yang empuk dan lembut, ada resep dan triknya sendiri. Jadi, kalau ingin membuat bakwan sesuai selera, intip aneka resep bakwan jagung renyah dan empuk ini. Cus~

1. Salah satu resep bakwan jagung untuk jualan nih. Sederhana, nggak neko-neko, tapi maknyus~

resep bakwan jagung untuk jualan

Bakwan jagung sederhana | @masakan_niek on Cookpad

Resep bakwan jagung sederhana ini bisa dicoba untuk lauk, camilan, atau jualan. Cuma dengan bahan-bahan sederhana dan cara memasaknya yang nggak neko-neko, bakwan jagung nan lezat udah siap jadikan hidangan. Kalau pakai resep ini, jagung nggak perlu dihaluskan. Siapkan aja bahan-bahan:

  • 5 sdm tepung terigu
  • 3 buah jagung yang disisir
  • 3 batang daun seledri, dipotong halus
  • 3 butir bawang merah cincang
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 batang wortel kecil
  • 1 batang daun bawang, dihaluskan
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 telur ayam
  • garam dan gula secukupnya
Advertisement

Kemudian campurkan semua bahan dalam satu wadah. tambahkan air sedikit demi sedikit. Pastikan adonan nggak terlalu encer atau terlalu kental. Jangan lupa bumbui dengan garam dan gula, ya. Setelah itu, adonan siap dicetak dan digoreng ke dalam minyak panas. Tunggu sampai kecokelatan, lalu sajikan bakwan dengan sambal sebagai cocolan.

2. Biar terasa lebih ‘hot’, tambahkan cabai pada resep bakwan jagung pedas. 🔥

resep bakwan jagung spesial

Bakwan jagung pedas | @salunamahira19 on Cookpad

Resep bakwan jagung biasa, tapi cenderung lebih pedas. Bakwan jagung pedas ini cukup populer di Malang. Dengan sensasi pedas karena tambahan cabai, resep bakwan jagung spesial ini menawarkan cita rasa yang unik. Rasa pedasnya mungkin nggak disukai semua orang, tapi rasanya tetap enak sampai bikin ketagihan.

Advertisement

Mula-mula, siapkan bahan dasar berupa jagung, tepung terigu, dan telur ayam. Untuk bumbu halusnya, siapkan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai rawit, cabai merah, temu kunci. Kalau suka, tambahkan sejumput ketumbar. Dijamin bakwan jagung pedas ini punya rasa yang kaya rempah.

Cara memasak:

  • Haluskan jagung, bisa pakai ulekan atau blender.
  • Campurkan jagung dan semua bahan. Masukkan bumbu halus, garam, gula, dan air.
  • Pastikan adonan bakwan pas, nggak encer atau bantat.
  • Panaskan minyak goreng. Bulatkan dan pipihkan adonan, lalu masukkan ke wajan panas.
  • Tunggu sampai matang, lalu tiriskan.

3. Resep bakwan jagung kriuk. Hilangkan satu bahan ini dalam resep bakwan jagung yang renyah tahan lama

resep bakwan jagung kriuk

Resep bakwan jagung renyah | @mamahmuda_18 on Cookpad

Ini rahasia bakwan jagung yang garing. Kalau bosan sama bakwan jagung yang empuk, coba deh resep ini. Bakwan jagung buatan sendiri dijamin nggak gagal. Rasanya yang renyah pasti menggoda selera. Caranya, cukup hilangkan telur dalam adonan bakwan jagung. Langkah pertama, sediakan bahan seperti jagung yang telah disisir, tepung terigu, dan tepung beras. Lalu siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, seledri, daun bawang, garam dan gula.

Resep bakwan jagung tanpa telur:

  • Masukkan bahan dasar ke dalam wadah. Tambahkan air dan bumbu halus.
  • Aduk rata hingga tekstur adonan pas.
  • Panaskan wajan berisi minyak.
  • Cetak adonan ddan masukkan ke penggorengan.
  • Angkat dan tiriskan. Bakwan jagung renyah siap disantap.

4. Resep bakwan jagung manis, tapi juga gurih. Hmm, apakah bisa?

resep bakwan jagung manis

Bakwan jagung manis, tapi gurih | @bunda_salsa on Cookpad

Rasa manis dan gurih bisa berpadu sempurna dalam bakwan jagung. Dua rasa yang berbeda ini ternyata bisa menyatu. Dalam sekali gigit, bakwan akan terasa manis dan gurih sekaligus. Gunakan santan sebagai tambahan dan bahan kuncinya. Sebelum membuat bakwan jagung, siapkan dulu bahan dasar:

  • 250 gr jagung manis yang telah disisir
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 100 ml santan encer
  • 1 buah cabai merah buang isi. Sesuaikan selera
  • daun seledri
  • garam, gula, dan air secukupnya

Cara memasak:

  • Masukkan semua bahan jadi satu
  • Pastikan adonan nggak terlalu padat atau cair
  • Bentuk adonan dan masak di atas wajan dengan minyak panas
  • Tunggu sampai matang keemasan

5. Resep bakwan jagung empuk hingga berjam-jam

resep bakwan jagung empuk

Bakwan jagung empuk | @Ihdanas on Cookpad

Resep ini cocok buat kamu yang kurang suka bakwan jagung garing. Sebaiknya, gunakan telur agar bakwan jagung lebih empuk dan lembut dalam waktu lama. Tambahan telur akan membuat resep bakwan jagung super enak karena memberikan rasa gurih. Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 5 sdm tepung terigu
  • 3 jagung manis disisir
  • 3 daun seledri
  • 3 bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 1 daun bawang
  • 1 sdm tepung beras
  • Garam, gula, dan air

Selanjutnya, haluskan bumbu-bumbu. Kemudian masukkan ke dalam adonan tepung terigu, tepung beras, jagung, dan air. Jangan lupa lengkapi dengan 1 butir telur. Setelah itu, bentuk adonan dan celupkan ke minyak goreng yang panas. Angkat ketika bakwan jagung berwarna cokelat keemasan. Sajikan bakwan jagung dengan sambal kecap atau potongan cabe rawit. Nikmat~

5 resep bakwan jagung istimewa tersebut bisa kamu jajal di rumah atau di kos. Sekarang, kamu nggak perlu pusing cari lauk atau camilan. Pilih resep yang paling cocok dengan selera, ya. Selamat mencoba~

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE