6 Trik Membersihkan Sisa Sablon Baju yang Mengelupas. Bisa Pakai Aseton atau Disetrika Saja

Sablon baju

Baju udah buluk gitu, masih aja dipakai. Ganti!

Advertisement

Kiranya begitulah omelan emak-emak saat melihat baju sang anak sablonnya sudah mulai mengelupas. Padahal kalau dilihat lebih jeli, bisa jadi kainnya masih bagus, belum molor. Ada banyak faktor yang membuat sablon baju cepat hilang, seperti proses pencucian yang keliru hingga kebiasaan menyetrika dengan suhu tinggi. Dari sekian banyak baju, umumnya kaus bersablon dan sablon baju bola yang paling sering jadi korbannya.

Daripada dibuang atau dibuat lap, mending bersihkan sisa-sisa sablonnya dan sulap jadi kaus polos biasa. Kalaupun nggak suka polos, bajumu bisa disablon ulang dengan gambar yang berbeda. Begini cara mudah menghilangkan sablon baju yang sudah mulai rusak.

1. Kalau bajumu menggunakan jenis sablon polyflex, bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan setrika

disetrika saja | credit: Pikrepo via www.pikrepo.com

Karena sablon jenis polyflex lebih tipis dan lentur, maka cara menghilangkannya pun mudah. Biasanya jenis sablon ini digunakan untuk jersei dan jaket. Berikut langkah menghilangkan sablon bajunya:

Advertisement
  1. Panaskan setrika selama 3 sampai 5 menit, lalu letakkan kain di atas baju yang mau dihapus sablonnya.
  2. Tempelkan setrika pada kain dan diamkan selama 5 sampai 7 detik.
  3. Angkat setrikan kemudian oles aseton pada sablon baju keren milikmu yang masih panas.
  4. Tunggu sampai sablon mengerut lalu usap dan bersihkan sisanya. Agar optimal, cucilah baju seperti biasa.

2. Sisa sablon pada kaus distro bisa dibersihkan hanya dengan pemutih pakaian.  Tapi khusus untuk baju warna putih saja, ya!

pakai pemutih | credit: tatianakim via www.freepik.com

Ada beberapa jenis sablon kaos distro yang biasa dipakai, yakni sablon kaos DTG dan foil. Dua jenis sablon kaos ini bisa dihilangkan dengan menggunakan pemutih pakaian merek apa pun. Tapi baiknya gunakan hanya untuk baju berbahan agak tebal supaya serat kainnya nggak rusak.

  1. Masukkan air panas ke dalam ember dan tambahkan detergen serta 100 ml pemutih, aduk sampai larut.
  2. Oleskan pemutih ke sablonan, lalu rendam baju selama 5 menit. Kucek di bagian yang bersablon dan kelupas pelan-pelan.
  3. Ulangi 3 sampai 4 kali sampai sablon benar-benar hilang lalu bilas bersih.
Advertisement

3. Gunakan bensin untuk menghilangkan sablon kaos Gildan yang agak tebal bahannya. Kalau nggak suka dengan baunya, bensin bisa diganti dengan minyak kayu putih

pakai bensin | credit: Palmgear via www.palmgear.com

Daripada komplain ke jasa sablon kaos satuan karena kualitasnya nggak begitu bagus, mending bersihkan dan sablon ulang saja. Bisa pakai bensin atau minyak kayu putih kok!

Balik baju yang ada sablonnya. Taruh kain kering di tengah dan dalam baju supaya bensin nggak menyebar. Usap bensin di bagian yang bersablon, tunggu sampai kering dan mengerut. Setelah itu kelupas dengan silet atau tangan sampai bersih dan cuci agar baunya hilang.

4. Dibanding bahan lainnya, cairan M3 lebih ampuh untuk menghilangkan sisa sablon pada baju. Termasuk pada jenis sablon baju yang bagus sekalipun, seperti sablon plastisol, pigmen, dan juga gliter

larutan M3 | credit: The Spruce via www.thespruce.com

Tiga jenis sablon ini susah hilang karena cukup kuat daya resapnya, apalagi jenis sablon plastisol yang terbuat dari minyak. Meski begitu, bukan berarti sisa sablon nggak bisa dihilangkan. Dengan cairan M3 atau solvent based, kamu bisa membersihkan sablonnya. Cairan M3 sendiri merupakan larutan kimia yang sifatnya mirip dengan tiner atau pelarut cat. Berikut cara mudah menggunakannya.

  1. Letakkan kaus di tempat datar, posisikan bagian bersablon di bagian atas lalu lapisi bawahnya dengan kain kering.
  2. Basahi kain kering lain dengan cairan M3 kemudian usap di bagian sablon yang mau dibersihkan.
  3. Diamkan sampai cairan sablon mengerut. Gunakan pisau untuk melepas sisa sablonnya.
  4. Ulangi proses hingga 3 sampai 6 kali agar sablon benar-benar bisa dibersihkan.
  5. Terakhir, cuci dengan detergen dan bilas sampai bersih agar tak menimbulkan iritasi kulit saat baju dipakai.

5. Sisa sablon baju yang sudah rusak pun bisa dibersihkan dengan alkohol dan atau aseton

pakai alkohol | credit: The Merry Momma via www.themerrymomma.com

Menurut beberapa orang yang jual kaos sablon, mereka sering menggunakan alkohol dan aseton untuk membersihkan sisa sablonan yang rusak. Tapi tentu tak bisa hanya dengan mengoles dan mengopeknya saja, butuh bantuan setrika atau mesin pemanas lain supaya sisa sablon bisa dihilangkan. Nah, begini caranya.

Panaskan setrika, lalu letakkan baju bersablon menghadap ke atas dan alasi dengan kain kering di bawahnya. Olesi sablon dengan alkohol kemudian tutup dengan kain. Tempel setrika selama beberapa detik dan angkat beserta kain punutupnya. Bersihkan sisa sablonnya.

6. Cara satu ini sedikit lebih mudah daripada pakai setrika, yakni dengan menggunakan hair dryer

gunakan pengering rambut | credit: mfirsthome via www.mfirsthome.com

Selain biasa digunakan para jasa sablon kaos untuk mempercepat proses pengeringan, ternyata hair dryer juga dapat dimanfaatkan buat menghilangkannya. Memang nggak secepat menggunakan cairan M3, tapi setidaknya aman untuk baju yang serat kainnya tipis. Tapi kamu hanya bisa menggunakan hair dryer yang mengeluarkan udara panas saja, kalau dingin sudah pasti nggak bisa.

Nyalakan hair dryer lalu arahkan panasnya ke sablonan baju. Tunggu sampai sablonan mengerut kemudian gunakan cutter atau pisau untuk mengelupasnya.

Jika tempat sablon kaos terdekat dari rumahmu tak menyediakan jasa membersihkan sisa sablon, nggak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkannya sendiri. Kalau memang nggak mau repot, bisa pakai cairan pembersih sablon khusus atau larutan 3M saja. Pelan-pelan, sisa sablon di bajumu pasti akan hilang. Selamat mencoba!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE